Tuesday, June 5, 2018

Untuk Siapa Takjil atau Makanan Berbuka DIbagikan?

Kemarin saya lihat di facebook seorang teman membagikan screen capture status whatsapp seseorang yang isinya begini



Begitu banyak orang miskin yang ingin merasakan berbuka puasa dengan takjil. Tapi apa daya mereka tak punya kendaraan untuk datang ke lampu-lampu merah. Akhirnya mereka hanya ikhlas berbuka ala kadarnya di gubuk mereka yang mungkin hanya dengan nasi dan garam.

Pertanyaan saya adalah sudah tepat sasarankah saudara saudariku yang berbagi takjil di lampu-lampu merah. Karena alangka ruginya keikhlasan kalian bila itu tidak tepat sasaran dan tahukah kalian kalau sebenarnya kalian telah mengurangi omset pendapatan dari para penjual takjil. Di mana orang yang mau pergi beli takjil batal belanja karena kalian sudah memberi di lampu merah.


Wow saya kaget dong sodara-sodara bacanya. Pemikiran manusia memang beragam ya.. Dan sebagai mantan relawan pemberi takjil di perempatan, saya jadi gatel pengen membahas hal ini.

Monday, June 4, 2018

Mudik Via Jalur Darat : Tips Packing Mudik Lebaran 2018

InsyaAllah akhir pekan ini kami sekeluarga akan mudik ke Palembang dari Pekanbaru via jalur darat dengan kendaraan pribadi. Anak-anak bersemangat sekali menanti jadwal mudik. Saya pun begitu, saya sudah mulai tidak konsentrasi di rumah karena sibuk membayangkan jalanan Pekanbaru-Palembang yang berliku, merencanakan akan kulineran ke mana saja, juga sibuk merencanakan bertemu teman-teman semasa sekolah dulu.

Resep Pempek Ikan Tenggiri Asli Palembang

Bismillah

Pake basmallah dulu bok, soalnya abis liat video bikin pempek di youtube dan komennya ya Allah julid banget, jahat.. itu padahal orang berbagi positive vibes lho, komennya udah kayak liat videonya awkarung, youngless dll astaghfirullah... Jadi ciut nyali saya bikin video masak hahaha..

Kenapa ya ada orang yang ngerasa perlu ninggalin komen negatif gitu? Padahal ketikan jempol juga dimintai pertanggungjawabannya. Padahal resep itu apalagi makanan daerah gak ada resep patennya. Padahal kalo videonya "lelet, kelamaan, durasi kepanjangan" dll yaudah skip-skip aja nontonnya. Paling mudah ya banyakin kuota internetnya. Kalo gak suka gak usah ditonton. Kenapa harus nyakitin orang lain. Gak mudah lho bikin video masak gitu..😔

Duh jadi curcol..

Setelah nonton video dan baca komen-komen tadi saya jadi bertanya-tanya apakah cara mereka masak pempek itu salah ya? Karena saya juga bikinnya begitu. Jadi saya pun langsung menelpon ibu saya yang orang Palembang. Begini resep pempek ikan tenggiri ala ibu saya.

Sunday, June 3, 2018

Trend Kerudung Lebaran 2018

Sejak Hijabers Community muncul di akhir tahun 2010, rasanya semakin banyak pengguna hijab di Indonesia. Selain semakin banyak, pengguna hijab juga semakin beragam. Sebelumnya hijabers (istilah untuk wanita yang menggunakan hijab) identik dengan anak pesantren, anak sekolah Islam dan anak ROHIS. Sekarang hijab sudah digunakan hampir semua kalangan. Mulai dari anak sekolah dasar hingga kalangan selebritis.


Wednesday, May 30, 2018

Pengalaman Hamil, Menyusui serta Hamil sambil Menyusui di Bulan Ramadhan

Saya dan suami menikah Maret 2012. Hingga 2018 ini alhamdulillah kami telah memiliki 3 orang anak. Anak pertama lahir Desember 2012, anak kedua Mei 2014 dan anak ketiga Januari 2016. Dari enam tahun pernikahan ini juga saya sudah melewati lebih kurang 7 kali bulan Ramadhan dengan kondisi yang berbeda. Dan dari 7 tahun ini, baru di tahun 2018 ini saya berpuasa tanpa hamil ataupun menyusui.

Saya berikan gambaran timeline 7 kali Ramadhan yang saya lewati ya

Tuesday, May 29, 2018

Mengubah Kemeja Pria Dewasa Menjadi Dress Anak

Bulan puasa gini pasti adaaaaa aja wacana soal baju baru. Hal ini wajar mengingat adanya tunjangan hari raya (THR) yang turun di bulan Ramadhan dan juga viralnya iklan toko baju Ramayana 2018 ini. 😆😂😂😂 Becanda ya..

Ibu ngapain bu?
Tapi baju baru tuh gak harus beli baru lho.. Bisa juga dengan mengubah baju lama menjadi baju dengan model berbeda. Seperti yang saya lakukan dengan kemeja suami yang sudah kesempitan dan gak pernah lagi dipakai. Saya mengubahnya menjadi dress untuk Sachie.



Thursday, May 24, 2018

Pola Gamis Anak Gratis , Anak Punya Baju Baru Buatan Ibu!!!

Assalamu'alaykum..


Cung! Mana ibu-ibu yang kepengen bikin baju sendiri buat anaknya? AHA!!! Ada kejutan buat ibu-ibu.. Ini ada pola gamis GRATIS dari saya. Sudah ada pola lengan dan pola badan plus ada juga panduan ukuran gamis anak untuk usia 0-5 tahun. Jadi ibu-ibu tinggal cetak polanya di kain trus jahit deh.. Ada juga video panduannya biar lebih jelas cara bikin gamisnya.

Wednesday, May 23, 2018

Bangun 17 Menit Sebelum Adzan Subuh di Bulan Ramadhan


"Tami!!! Kesiangan ini!!! Kamu sih dibangunin dari tadi gak bangun-bangun!!!" suami panik

Saya langsung bangun, duduk lalu nanya "ini jam berapa?"

"SETENGAH LIMA!" kata suami. Ya ALLAH... paniiiiiiiikkk

Monday, May 21, 2018

Tips Agar Wajah Tetap Glowing di Bulan Ramadhan

Ramadhan Mubarak teman-teman semua!
Gimana puasanya? Lancar kan ya insyaAllah..

Saat orang-orang rame ngomongin ibadah di bulan Ramadhan atau ngomongin menu sahur dan buka puasa, kenapa kita malah ngomongin wajah glowing? Hayo kenapa?
 

Bulan puasa itu identik banget dengan kurang tidur karena bangun lebih pagi untuk sahur, juga kurang tidur karena memperbanyak ibadah malam (aamiin), tubuh kita juga kurang cairan karena berpuasa selama lebih kurang 14 jam, plus udara Indonesia yang sedang panas-panasnya, hasilnya kulit kita jadi kering dan kusam. Tapi Ramadhan bukan jadi alasan pembenaran kulit kita jadi kusam. Berikut ada tips agar kulit kita tetap terhidrasi dengan baik, kenyal, sehat, glowing selalu selama bulan Ramadhan.

Saturday, May 12, 2018

Inspirasi Menu Sahur yang Mudah, Praktis, Cepat Saji Namun Bergizi dan Lezat

Assalamu'alaykum..


Gak terasa ya sebentar lagi masuk bulan Ramadhan, lebih kurang empat hari lagi kita akan berhadapan dengan tamu yang dinanti-nanti setiap tahunnya. H-4 ini ibu-ibu sudah mempersiapkan apa saja?

Tuesday, May 8, 2018

5 Tips Agar Anak Mau Tidur Sendiri di Kamarnya

Alhamdulillah sudah sebulan Sachie-Syira tidur di kamarnya sendiri. Setelah 5.5 tahun Sachie dan 4 tahun Syira, tidur di kamar ayah-bundanya. Agak telat sebenarnya tapi alhamdulillah berhasil juga. Bagaimana reaksi mereka saat diminta tidur di kamarnya sendiri? Apa saja yang dipersiapkan sebelum anak-anak pindah ke kamarnya?


Saturday, May 5, 2018

Fun Cooking with Kids : Sate Kerbau dengan Skippy Peanut Butter

Saya sering membagikan cerita keseharian saya bersama tiga anak di rumah lewat social media terutama Instagram. Bukan untuk pamer, apalah yang mau dipamerkan dari riweuhnya beraktivitas bersama anak-anak 😅. Saya ingin berbagi energi positif bahwa menjadi ibu itu menyenangkan, bermain bersama anak menyenangkan, mainan berserakan di rumah itu normal, dapur yang berantakan itu biasa saja, dan ibu yang ngomel itu bukan gak bersyukur tapi ya memang hanya manusia biasa... 😆😆😆




Salah satu kegiatan yang sering saya bagikan adalah kegiatan memasak bersama anak-anak. Hampir setiap hari kami membuat makanan bersama. Kami sudah pernah membuat pop corn, pudding, jagung rebus, ubi ala Thailand, kolak, burjo, cilok, cimol, pempek, stik keju, brownies, bakwan sayur, dan masih banyak lagi. Awalnya mereka hanya membantu memetiki sayuran hijau, di lain kesempatan anak-anak mulai saya libatkan saat membentuk adonan, dan sekarang mereka sudah naik kelas jadi mencampur bahan yang sudah disiapkan. 

Sunday, April 29, 2018

Tutorial Bubble Snake

Anak-anak kami tidak pernah menolak jika ditawari bermain air, gelembung (bubble), dan permainan kotor-kotoran lainnya (messy play). Hampir setiap pagi atau sore hari sebelum mandi, kami bermain kotor-kotoran atau basah-basahan. Buat apa? Kalo lagi bener saya akan jawab, buat menstimulasi sensory anak-anak. Kalo lagi iseng saya akan jawab, biar anak-anak gak nolak kalo diajak mandi wuehehehe...

Salah satu permainan kotor-kotoran yang disukai anak-anak kami adalah bubble snake (ular busa). Permainan bubble snake ini adalah permainan diy pertama yang saya buat untuk anak-anak. Alhamdulillah saya memilih bikin ini ya waktu pertama kali bikin diy mainan. Soalnya langsung berhasil, anak-anak sukaaaaa banget dan bikinnya pun super mudah. Coba kalo pas pertama bikin saya bikinnya finger paint yang pake acara dimasak dulu. Ooooowwwwhh itu super rempong dan besar kemungkinan gagalnya. Kalo gagal, bisa-bisa saya jadi males bikin mainan untuk anak-anak 
Beberapa hari yang lalu saya lihat kakak kelas saya bikin bubble snake juga. Tapi ia mengganti nama permainan ini menjadi "permainan belalai busa". Menurut saya nama belalai busa jauh lebih cocok dari nama ular busa. Kan soalnya gelembungnya pas ditiup lebih mirip belalai di wajah ya dari pada ular ngegigit mulut 

Jadi apapun namanya mau bubble snake atau belalai busa, ini dia tutorial membuatnya

Alat dan bahan
- botol bekas
- karet gelang
- kaos kaki
- cutter
- mangkuk berisi air putih
- sabun cuci piring cair, bisa juga pakai sabun mandi anak biar sekalian mandi dan busanya gak pedih di mata.

Cara membuat
1. Potong botol menjadi dua bagian atas dan bawah.

2. Buang bagian bawah botol dan juga tutup botolnya. Kita hanya butuh bagian kepala botol.

3. Masukkan kaos kaki ke bagian ujung kepala botol.

4. Pasang karet gelang untuk menjaga kaos kaki tidak bergerak dari botol.
5. Sekarang kita membuat cairan sabunnya. Masukkan sabun cair ke dalam mangkuk berisi air putih. 
Selesai

Cara bermainnya
- Celupkan kaos kaki yang sudah diikat ke botol hingga basah semua kaos kakinya. Pastikan mulut botol tidak terkena air sabun
- angkat botol dan kaos kaki dari mangkuk lalu tiup mulut botol hingga keluar gelembung yang panjang menyerupai belalai



Bagaimana ibu-ibu, mudah bukan membuatnya? (baca pakai nada bu sisca )