Saturday, May 12, 2018

Inspirasi Menu Sahur yang Mudah, Praktis, Cepat Saji Namun Bergizi dan Lezat

Assalamu'alaykum..


Gak terasa ya sebentar lagi masuk bulan Ramadhan, lebih kurang empat hari lagi kita akan berhadapan dengan tamu yang dinanti-nanti setiap tahunnya. H-4 ini ibu-ibu sudah mempersiapkan apa saja?


Menjelang Ramadhan persiapan yang paling penting adalah persiapan ilmu. Ilmu tentang keutamaan bulan Ramadhan, ilmu tentang tata cara ibadah dan ilmu agama lainnya. Agar tidak ada waktu kita yang terbuang di bulan Ramadhan ini. Juga agar ibadah kita, amalan kita berdasarkan ilmu bukan asal-asalan apalagi mitos-mitosan. Datangi lagi majelis ilmu, kajian menyambut ramadhan, dengarkan ceramah ustadz di youtube, membaca buku dll.

Selain ilmu kita juga perlu mempersiapkan amal, kita punya waktu latihan di bulan Rajab dan Sya'ban seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Bekal amal ini penting agar kita konsisten ibadahnya di bulan Ramadhan. Mumpung masih lima hari lagi, masih sempat kok insyaAllah latihan beramal. Perbanyak membaca Al Qur'an, sholat di awal waktu, sholat-sholat sunnah dll.

Eh malah jadi ceramah😌. Ndak apa-apa ya, tujuannya juga untuk mengingatkan diri sendiri.πŸ˜‡

Nah selain persiapan ini, sebagai istri dan juga ibu, kita juga perlu mempersiapkan menu Ramadhan. Kenapa? Karena maaaaaak, kita ini selalu pusing tiap mau masak kalo gak ada tujuan. Nanti belanja lauk berlebihan, jadi mubazir. Nanti bingung mau masak apa, alhasil malah telat makan, keburu adzan subuh. Nanti malah boros, ngikutin nafsu berasa semua penting buat dibeli. Padahal puasa ya menahan hawa nafsu dll. Oleh karena itu saya mau berbagi sedikit menu apa saja yang saya siapkan di bulan Ramadhan khususnya di waktu sahur.

Ada apa dengan waktu sahur?
Karena di bulan lainnya, jam sahur adalah jam tidur bukan jam makan apalagi jam masak. Maka membuat menu yang baik membantu memudahkan kita memasak dan juga membantu menjaga selera makan kita tetap bagus. Karena waktunya singkat, kita baru bangun dari malam panjang yang disibukkan dengan ibadah, tilawah dll. Salah strategi bisa bikin kita cuma makan nasi dan minum air putih. Karena itu kita butuh menu yang SIMPLE, PRAKTIS, CEPAT SAJI NAMUN TETAP BERGIZI DAN LEZAT.

Catatan penting:
Seharusnya belanja pada bulan Ramadhan tidak lebih boros dibanding bulan lainnya karena kita mengurangi jumlah makan. Jadi sebaiknya menunya tidak jauh berbeda dengan menu bulan lainnya.

Berikut alternatif menu yang disiapkan 

Perama kita mulai dengan bumbu dasar
- Baceman bawang
Saya selalu menyediakan baceman bawang di rumah. Kalau mau menumis tinggal tumis baceman bawang lalu masukkan bahan lain yang ingin ditumis. Wanginya sedaaaap dan benar-benar memudahkan memasak. Tidak perlu kupas, iris, uleg lagi.

baceman bawang stok dua minggu

- Cabe dan bawang merah yang digiling kasar 
Dua bahan ini saya campur dan saya simpan di toples kaca. Karena saya suka segala sesuatu yang dibalado, jadi bumbu ini harus ada. Kalau ingin bikin udang balado, telur balado, tinggal tumis bumbu ini, beri santan sedikit, gula garam lalu masukkan bahan yang ingin dibalado.

Kedua, kita masuk ke makanan siap makan. Artinya makanan ini tidak perlu diolah bahkan dipanaskan lagi. Tinggal ambil nasi lalu makan. Cocok untuk pelengkap atau makanan utama di saat terdesak. Makanan ini dibuat jauh sebelum waktu sahur sehingga sifatnya adalah tahan lama dan enakan beli dari pada bikin sendiri πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.
- Kering tempe, teri, kacang, tempe
- telur asin
- abon

Ketiga, bahan makanan yang mudah diolah. Bahan makanan ini mudah dimasak dan cepat matang.
- telur
tinggal diceplok, didadar, direbus

-udang kupas. 
tinggal goreng, tinggal cebur kuah tomyam dll

- dada ayam fillet
kalau mau makan ayam krispi, tinggal potong dadu kecil-kecil lalu goreng. Ayam akan lebih cepat matang dibanding masih berupa potongan besar dan bertulang. Atau jika ingin ayam tumis suwir, dada ayam fillet lebih mudah diolah dibanding ayam dengan tulang. Ayam fillet juga bisa diolah jadi ayam teriyaki dll

- ikan fillet
Jika menggoreng ikan utuh butuh waktu 20-30 menit, menggoreng ikan fillet jauh lebih cepat. Ikan fillet bisa dipanggang, dikukus, dimasak bumbu dll

- ikan asin
Saya memasukkan menu ikan asin karena awalnya saya hanya punya menu ayam utnuk sayur. Lalu saya mencari-cari menu ikan yang mudah diolah dan cepat matang. Ikan asin adalah menu yang pertama terpikir oleh saya. Ikan asin bisa digoreng garing dan dibalado.

- tahu tempe 

Keempat, ada makanan utama yang sudah diolah sebelumnya dan tinggal dipanaskan
- ayam ungkep
setelah diungkep bisa digoreng, dipanggang bahkan dimakan langsung juga boleh

- bandeng presto
ini tinggal beli di supermarket trus pas mau makan tinggal digoreng hehe.. πŸ˜†

- Pepes ikan
malam sebelum tidur pepes sudah jadi, sehingga tinggal dipanaskan


Kelima, sayuran. Sediakan sayuran yang mudah disajikan.
- Lalapan
Bisa daun selada, daun kemangi, mentimun, terong bulat (kalau di rumah kami terong bulat dimakan utuh tidak diolah, ada yang sama? hihihi..)

- Acar
Acar wortel, mentimun, bawang, cabe rawit. Simpan di kulkas tahan beberapa hari.

- Sayur hijau 
Kangkung, pakcoy, bayam, katuk, daun singkong harus sudah dipetiki (food preperation). Jadi saat ingin sahur tinggal diolah.

Terakhir ada menu wajib. Di keluarga kami harus ada satu menu wajib ini agar semakin semangat makannya yaitu sambal terasi. Untuk bulan Ramadhan ini kami memilih sambal terasi instan. Biar apa? Biar praktis cyiiiiin..


Nah berikut beberapa alternatif menu sahur. Dari yang sangat sempit alias kepepet hingga yang sangat panjang waktu persiapannya.

- Lalapan, kering tempe, telur asin
- Abon, telur ceplok, lalapan
- Bandeng goreng, lalapan, kering tempe
- Tomyam udang (udang, jamur enoki, tahu, dll)
- Udang kupas goreng, tumis kangkung
- Ayam ungkep goreng, sayur bening katuk/bayam, tempe goreng
- Udang balado, pakcoy siram saus tiram
- Ayam ungkep bakar, sayur asem (pakai bumbu instan), tempe tahu goreng
- Ayam-tahu teriyaki, acar
- Ayam fillet goreng mentega, capcay

Daging sama cuminya mana? Buat buka puasa aja ya buibu.. Rempong kecuali dagingnya beli rendang di rumah makan padang atau nyetok dari awal ramadhan hihihi.. 


Semoga jadi inspirasi ya ibu-ibu... Ayo semangat puasanya!


Tuesday, May 8, 2018

5 Tips Agar Anak Mau Tidur Sendiri di Kamarnya

Alhamdulillah sudah sebulan Sachie-Syira tidur di kamarnya sendiri. Setelah 5.5 tahun Sachie dan 4 tahun Syira, tidur di kamar ayah-bundanya. Agak telat sebenarnya tapi alhamdulillah berhasil juga. Bagaimana reaksi mereka saat diminta tidur di kamarnya sendiri? Apa saja yang dipersiapkan sebelum anak-anak pindah ke kamarnya?


Saturday, May 5, 2018

Fun Cooking with Kids : Sate Kerbau dengan Skippy Peanut Butter

Saya sering membagikan cerita keseharian saya bersama tiga anak di rumah lewat social media terutama Instagram. Bukan untuk pamer, apalah yang mau dipamerkan dari riweuhnya beraktivitas bersama anak-anak πŸ˜…. Saya ingin berbagi energi positif bahwa menjadi ibu itu menyenangkan, bermain bersama anak menyenangkan, mainan berserakan di rumah itu normal, dapur yang berantakan itu biasa saja, dan ibu yang ngomel itu bukan gak bersyukur tapi ya memang hanya manusia biasa... πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†




Salah satu kegiatan yang sering saya bagikan adalah kegiatan memasak bersama anak-anak. Hampir setiap hari kami membuat makanan bersama. Kami sudah pernah membuat pop corn, pudding, jagung rebus, ubi ala Thailand, kolak, burjo, cilok, cimol, pempek, stik keju, brownies, bakwan sayur, dan masih banyak lagi. Awalnya mereka hanya membantu memetiki sayuran hijau, di lain kesempatan anak-anak mulai saya libatkan saat membentuk adonan, dan sekarang mereka sudah naik kelas jadi mencampur bahan yang sudah disiapkan. 

Sunday, April 29, 2018

Tutorial Bubble Snake

Anak-anak kami tidak pernah menolak jika ditawari bermain air, gelembung (bubble), dan permainan kotor-kotoran lainnya (messy play). Hampir setiap pagi atau sore hari sebelum mandi, kami bermain kotor-kotoran atau basah-basahan. Buat apa? Kalo lagi bener saya akan jawab, buat menstimulasi sensory anak-anak. Kalo lagi iseng saya akan jawab, biar anak-anak gak nolak kalo diajak mandi wuehehehe...

Salah satu permainan kotor-kotoran yang disukai anak-anak kami adalah bubble snake (ular busa). Permainan bubble snake ini adalah permainan diy pertama yang saya buat untuk anak-anak. Alhamdulillah saya memilih bikin ini ya waktu pertama kali bikin diy mainan. Soalnya langsung berhasil, anak-anak sukaaaaa banget dan bikinnya pun super mudah. Coba kalo pas pertama bikin saya bikinnya finger paint yang pake acara dimasak dulu. Ooooowwwwhh itu super rempong dan besar kemungkinan gagalnya. Kalo gagal, bisa-bisa saya jadi males bikin mainan untuk anak-anak 😂

Beberapa hari yang lalu saya lihat kakak kelas saya bikin bubble snake juga. Tapi ia mengganti nama permainan ini menjadi "permainan belalai busa". Menurut saya nama belalai busa jauh lebih cocok dari nama ular busa. Kan soalnya gelembungnya pas ditiup lebih mirip belalai di wajah ya dari pada ular ngegigit mulut 😅

Jadi apapun namanya mau bubble snake atau belalai busa, ini dia tutorial membuatnya

Alat dan bahan
- botol bekas
- karet gelang
- kaos kaki
- cutter
- mangkuk berisi air putih
- sabun cuci piring cair, bisa juga pakai sabun mandi anak biar sekalian mandi dan busanya gak pedih di mata.

Cara membuat
1. Potong botol menjadi dua bagian atas dan bawah.

2. Buang bagian bawah botol dan juga tutup botolnya. Kita hanya butuh bagian kepala botol.

3. Masukkan kaos kaki ke bagian ujung kepala botol.

4. Pasang karet gelang untuk menjaga kaos kaki tidak bergerak dari botol.

5. Sekarang kita membuat cairan sabunnya. Masukkan sabun cair ke dalam mangkuk berisi air putih. Selesai

Cara bermainnya
- Celupkan kaos kaki yang sudah diikat ke botol hingga basah semua kaos kakinya. Pastikan mulut botol tidak terkena air sabun
- angkat botol dan kaos kaki dari mangkuk lalu tiup mulut botol hingga keluar gelembung yang panjang menyerupai belalai

Bagaimana ibu-ibu, mudah bukan membuatnya? (baca pakai nada bu sisca 😁)

Sunday, April 22, 2018

Wanita dan Hormon


Saya dulu pernah berpikir wanita dan hormon itu cuma teori berlebihan. Soalnya kalau lagi mens, saya cuma merasakan sakit perut. Lalu sakit perut aka sumilangeun ini bikin saya jadi cranky, emosi, marah-marah. Jadi bukan karena hormon trus tiba-tiba marah. Saya pikir saya marah ya karena badan saya sakit. Orang sakit tuh sengol bacok. Diganggu dikit dia emosi. Iya kan? πŸ˜† (Padahal sakitnya juga karena hormon ya hahaha... dasar pinter 😌)


Thursday, April 12, 2018

5 Ide Mainan Anak dari Kertas Origami


Kertas origami di tempat kami dijual dengan harga bervariasi, sekitar Rp4.000,- hingga Rp15.000,- per paketnya. Harga origami yang berbeda ini tergantung ukuran dan jenis kertas. Yang jelas kertas origami ini masih sangat terjangkau. Kami menyetok kertas origami di rumah selama dua bulan terakhir ini. Dan dari pengalaman kami selama dua bulan ini berikut ide bermain dengan kertas origami.

Wednesday, April 11, 2018

9 Akun Instagram Inspiratif Versi desniutami.com

Kita bisa belajar dari mana saja. Bisa dari bangku sekolah, dari ikut kelas singkat, dari buku, ikut kajian ilmu, majelis taklim, kejadiaan sehari-hari bahkan bisa dari instagram. Ilmu tidak melulu soal matematika. Ilmu bisa berbentuk nasihat pernikahan dari pakarnya, nasihat mendidik anak dari ibu beranak 5, cara membuat kerajinan penghias rumah, cara membuat sabun cuci ramah lingkungan dll.

Saya sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau DIY, berkebun, recycle, masak, mainan anak dan parenting. Sehingga halaman timeline dan explore akun sosmed saya isinya gak jauh-jauh dari hal di atas. Dan inilah 9 akun instagram yang saya anggap kreatif dan inspiratif tempat saya menemukan banyak ilmu baru dan hikmah.

Saturday, March 31, 2018

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur Bersama So Good Chicken Nugget

Dulu sebelum menikah saya tidak bisa membedakan apa itu jahe, lengkuas, kencur, dan kunyit. Awal menikah dan mulai tinggal berdua dengan suami adalah masa paling berat dalam sejarah dapur keluarga kami. Masakan saya kacau, kalau gak keasinan ya gak ada rasa. Dulu saya masak tumis kangkung bisa menghabiskan waktu satu jam, itu pun masih perlu baca resep di internet. Sering kali saya masak ayam goreng dan hasilnya zonk, bagian dalam ayam masih mentah, berdarah. Merinding sendiri saya mengingatnya.


Friday, March 9, 2018

Pilihan Frame Kacamata di Optik Tunggal || Tips Memilih Kacamata Untuk Wanita Berhijab


lensa kacamata berkualitas
Kacamata dari Optik Tunggal

Pilihan Frame Kacamata Berkualitas di Optik Tunggal -  Saya memutuskan berhijab di tahun 2007, saat itu akhir kelas 10 SMA. Artinya saat saya mulai berhijab, saya masih abege centil yang kebanyakan gaya. Jadi walau berhijab saya masih ingin terlihat modis. Sayangnya karena malas dan gak pede-an plus tuntutan sekolah, ya gaya hijab saya sangat sederhana - menjulur menutup dada, itu-itu saja. Keinginan tampil modis itu jauh, Jendral! haha.. Apalagi di tahun 2007 masih lumayan jarang anak SMA berhijab. Hijab masih identik dengan kesan tua. Biasanya wanita yang memakai hijab cuma dua golongan, anak kuliahan atau ibu-ibu. Tua banget kaaaaan.. Akibatnya agar tetap mencerminkan pribadi saya yang muda dan enerjik, saya rajin melengkapi gaya hijab saya dengan aksesoris warna-warni.

Tahun 2009 keinginan tampil modis itu diuji lagi. Karena sering menonton televisi keseringan membaca, mata saya menderita miopia alias rabun jauh. Selain wajah yang sudah boros dari sananya dan hijab yang membuat saya tampak tua, saya juga harus menggunakan kacamata. Huwaaaa.. makin tua deh.

5 Trend Kacamata Wanita 2018 di Indonesia

Dahulu kacamata hanya berfungsi sebagai alat bantu pengelihatan. Sekarang fungsi kacamata mulai bertambah seperti pelindung dari cahaya (sunglasses) dan sebagai aksesoris fashion. Berikut adalah 5 trend kacamata wanita di tahun 2018.

Hanya Orang Berkacamata yang Tau 10 Masalah Ini

Orang berkacamata itu sering dinilai pintar, berkharisma, rajin membaca, berpengetahuan luas, kaku dll. Tapi tau kah kamu kalau orang berkacamata mengalami permasalahan-permasalahan ini hampir setiap hari?

konon kacamatanya Afgan menaikkan level kegantengannya 😎

Thursday, March 8, 2018

Pengalaman Membeli Kacamata Di Optik Tunggal

Alhamdulillah beberapa bulan lalu diberi kesempatan untuk mengganti kacamata. Yang bikin senang itu kami punya platform ganti kacamata gratis dari kantor suami. Kalau ganti frame kami boleh mengganti setiap dua tahun sekali, sedangkan untuk lensa boleh setahun sekali. Dan kami sebagai orang yang tidak akan menyia-nyiakan kesempatan, kami memanfaatkan platform penggantian frame kacamata ini sebaik-baiknya. Mengingat harga frame kacamata berkualitas itu mahal sodara-sodara.

pilihan frame kacamata di optik tunggal


Kenapa harus pakai frame kacamata berkualitas? Kenapa gak beli frame murah yang dijual di online shop? Ini dia alasannya

Tuesday, March 6, 2018

Cerita Pernikahan : Gamer yang Sayang Anak Istri

Suamiku gamer yang serius. Terlihat dari seperangkat komputer miliknya dengan spek khusus gaming. Tapi itu dulu, sebelum ia menikahiku.

Foto dari facebook suami, captionnya "GAMING GEAR" wew 😐

Setelah menikah semua peralatan gamenya dijual. Sejak tinggal bersama, aku bahkan tidak pernah melihatnya bermain "game". Dari 6 tahun pernikahan kami, aku hanya pernah melihatnya bermain flappybird dan duel otak. Sungguh deh itu juga bukan masuk kategori game berat