Catatan Ratu Jalanan III

Surveyor

Pagi yang malas... Menggeliat sebentar, melirik jam yang anteng banget di atas meja. Hmm... masih jam 7. Lanjuuuut... Tarik selimut sampe nutupin kepala (rutinitas setelah lelah menjadi kalong-girl yang insomnia semalam suntuk). Melanjutkan perjalanan di negeri dongeng.

Sang Cinderella sedang di pesta makan (aseeekkk....). Cantik sekali, pake kerudung putih dan gaun putih (Cinderela ‘Tobat’ version). Di pesta dansa ada sesosok pangeran sholeh (halah sok tau...). Ia melihat sang pangeran dari jauh. Owalah... gantengnyaaaa... Husy... Ga boleh liat-liat begitu. Piye tho... rakyat jelata lirik-lirik pangeran (lhaaaa....). Pangerannya merasa diliatin, berjalan mendekat. Baru mau ngajak kenalan (ga pake salaman), tiba-tiba ada bunyi alarm ala suara panggilan rangers. Titittidittitit... Lha...lha..lha.. kok?? Kok??

Haaaa... bunyi sms nya berisik nih... Ngebangunin. Padahal udah ngarep dapet nomer telpon pangeran. Kali aja doi mau jadi donatur muslimah center. Batal deh hehehe....

SMSnya dari direktur SDM. Intinya “Sapa yang mau jadi SURVEYOR daerah Bogor???”.

Masih setengah sadar ngebales sms “Mau pak...”

Di bales lagi “Beneran??”

Jawab lagi “He’eh..”

Begitu terus sampe besoknya.. wah ternyata bener diriku terdaftar jadi Surveyor. Padahal jawab sms juga ga sambil melek hehe.. Sekitar 3 hari kemudian baru diajak ketemuan sama ketua geng. Sang ketua geng adalah sosok yang sangat tidak asing lagi. Dalem ati ngeluh “yaelah... dia lagi...” (hehe.. ampun bos). Sang master menjelaskan mpe kayaknya lidah pegel deh. Dua jam bo nyerocos tiada henti!

Akhirnya diriku tau juga.. Rupanya tugasku adalah mewawancarai 150 orang dalam waktu 11 hari. Berdasarkan pengalaman di bangku perkuliahan sebagai calon penyuluh yang membelot menjadi ahli publikasi, dan membelok lagi jadi wirausaha muda, belok lagi jadi tukang-makan-tidur-nyuci-nyetrika di kostan, maka aku memutuskan untuk menerima tantangan itu.

Hari pertama jadi surveyor akhirnya aku menyadari “ini tidak mudah!”. Kenapa??? Karena sudah ada nama dan alamatnya... Ini bikin putus asa binti frustasi besar-besaran. Karena selain mewawancara masyarakat kita yang jenius-jenius ini, daku juga harus mencari alamatnya. Aduhaiii susyeh! Jadilah hari pertama pulang dengan hati berdarah-darah (lebay) akibat hanya bisa mewawancarai 4 orang serta hasil dikejar tiga anjing (anjrit!!!) dan dikira peminta sumbangan untuk panti asuhan (Ya Alloh..miskin amat tampang gw T.T).

Hari kedua bersemangat. Tas ransel udah nemplok di kedua bahu, name-tag dan sendal (padahal ga boleh pake sendal hehe...) sudah dipakai. Ngaca bentar.. Okeh udah mirip Dian Sastro abis ditonjok trus kena typus. Alhamdulillah... Hasil hari ini diriku disambut hangat semua warga terutama bapak-bapak. Yaelah pak... saya bukan istri teroris, bukaaan... Saya belum nikah, masih jomblo!!! Cariin dong pak hehe... Ngeledek bener nih...

Banyak bener pengalaman baru. Serasa musafir. Diriku harus sholat di masjid. Jadi wanita satu-satunya di masjid yang dikunjungi. Wudhu umpet-umpetan. Makan di warteg bareng supir angkot, tukang ojeg, dan cowo-cowo yang ngeliatin kayak mau nelen orang huhuhu.... ampun pak.. padahal sebenernya si bapak ngeliatin sambil mikir “si eneng makannya banyak amat.. sama kayak kita” wkwkwk....

Godaan terbesar adalah Botani Square. Knp? Biasa wanita... Bawaannya pengen belanjaaaaa mulu wkwkwkw.... Dan mirisnya (lebay) diriku ditaro di daerah Bogor Timur tepatnya di Kelurahan BARANANGSIANG. Tidaaaakkkk... Sang miss jinjing dengan motto “belanja sampai kantong kering” ini harus lebih bersabar.

Dan yang paling berat adalah saat melihat terminal. Setiap melewati jalanan antara terminal sampai masjid raya daku lebih sering mengurut dada. Dan mikir “kenapa harus disini ya Robb...”

Terlalu banyak kenangan dan selalu ada saja perasaan ingin pulang hehe...

Bersambung...

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian