Sahur Ramadhan di Rumah Kami

-->
Ringtone gamelan...
Nokia hitam bergetar...
"Ayah Sayang"

Saya : Assalamu'alaykum ayah..
Ayah : Wa'alaykumsalam.. Cak mano kabar, Ut?
Saya : Alhamdulillah baek yah, ayah, ibu, aa', adek sehat?
Ayah : Sehat galo [sehat semua]. Kami di rumah lagi nyiapke saur [kami di rumah sedang mempersiapkan sahur]. Ibu malem ini masak kepiting samo udang kesukaan, Ut...  
 di belakang ayah, terdengar suara ibu "ado rendang, Ut..."
Telpon direbut paksa aa'..."Ayah, pinjem, sini hapenyo"
 Aa : Makan apo kau yuk? [makan apa dirimu, yuk?]
Saya : ayam bakar nah...
 Suara adek berteriak-teriak seru "kasiannyo ayuk kami ni hehehehe..."

Saya rindu suasana rumah saat pagi mempersiapkan sahur. Tiga makhluk bermata sipit [ayah, aa' dan adek] sedang bertengkar tentang "kenapa ayah ngebangunin aku, ini masih jam setengah empat?", ibu sedang sibuk di dapur, dan saya akan berdiri di samping ibu, jadi mandor hehehe...

Setelah pertengkaran aneh antara ayah dan anak tadi, maka dapur akan segera heboh. Aa' dan adek sibuk menata piring di meja makan, ayah akan menjadi kepala mandor yang memberi komando kepada tuan mandor putri [saya-red], dan saya akan menyalurkan komando pada dua bawahan saya [baca : adik-adik tercinta]. Tentu saja disambut dengan pelototan ayah dan sorakan kompak "huuu..." dari adik-adik yang sangat saya sayangi. 

Setelah itu kami akan menyantap makanan sahur dengan semangat gegap gembira. Ayah akan menawarkan paksa lalapan aneh dan dibalas oleh anak-anaknya [termasuk yang paling tua] dengan "aaaarrghh..ayah...ga mauuu...". Aa' akan mengganggu adek dengan merebut lauknya. Dan ibu yang dengan tenang berkata "aa', itu kan masih ada..."

Sahur selesai. Ayah akan segera bersiap-siap ke masjid. Ibu dan dua anak gadisnya yang ogah-ogahan membersihkan dapur dan ruang makan. Sedangkan aa' akan petantang-petenteng senyum-senyum sendiri menikmati kebahagiaannya menjadi anak laki-laki. Lalu bertiga rebutan ke kamar mandi di dekat dapur untuk sikat gigi. Heran padahal punya kamar mandi sendiri...ckckck..
Adzan berkumandang..
Ayah dan aa [klo dia ga males] akan ke masjid untuk sholat subuh. Dan wanita penghuni rumah ini akan sholat subuh berjamaah di ruang sholat, tadarus bersama [adek ga ikut, dia melanjutkan perannya sebagai "sleeping beauty"]. 

Waktu berlalu dan aktivitas kembali seperti biasa, ayah dan ibu bekerja, dan anak-anak sibuk masing-masing...

Rindunyaaaaa...

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian