Bogor, Angkot, dan Paham Ngetemisme

Siapa yang ga tau klo Bogor disebut kota hijau? Yupp, Bogor itu ijo banget.... Kita bisa liat yang "ijo-ijo" dimana-mana. Di kebon raya, di wilayah adeknya kebon raya (kampus gue), dan di jalanan. Yupp.. di jalanan alias angkot. Angkot kota bogor berwarna hijau (klo yang kabupaten warnanya biru).

sumber foto

Klo disuruh milih naik angkot 03 atau naik trans p*kuan ke baranang siang, gue pasti bingung... Terlalu dilematis (lebay!). Di satu sisi, naik trans pak*an jauh lebih aman tapi di sisi lain naik trans p*kuan rasanya kayak di sauna. Panas sungguh!!! Kayaknya bus yang ACnya bekerja dengan baik cuma satu deh... Selebihnya ngadat. Tapi anehnya, semua bus diperlakukan sama. Seolah-olah ada ACnya. Habis deh gue kebanjiran keringet... (ini fakta oktober 2010).

Nah klo naik angkot beda lagi ceritanya. Klo jalannya lancar, kondisinya enak, dingin, semriwiiiing... Tapi klo lagi muacet, angkot berubah jadi ang-hot. Dan kondisi tersering adalah macet-cet-cet.... Karena hampir semua supir angkot menganut paham NGETEMISME.

Bingung gue, apa semua orang pada lupa ya klo rezeki itu ada yang ngatur dan klo udah rezeki mah udah ga usah maksa, ga akan kemana deh. Gue jadi berpikir (bisa ya???), sama ruginya kali ye si abang ngetem sama si abang jalan terus. Gini deh, klo di bogor, khususnya laladon tepatnya di perempatan lampu merah laladon, abang2nya ngetem sambil terus nyalain angkotnya, trus angkotnya di-maju mundur-in gitu. Tujuannya sih biar penumpang  beranggapan bahwa sang angkot akan segera melaju. Sama aja ga klo abang2nya muter buat nyari penumpang?

Gue jadi merasa segitunya kah nyari uang, sampe harus nipu orang lain (secara halus abang2 itu menipu calon penumpangnya kan?). Belum lagi klo sambil teriak "dua lagi neng, dua lagi.. ayo neng langsung jalan...". Wah klo kita naik trus dia masih ngetem itu namanya penipuan.

Coba ya klo abang-abang itu sedikit lebih cerdas. Dengan kondisi saingan (angkot) yang super banyak di bogor dan penumpang yang jumlahnya segitu-gitu aja serta peluang dapet penumpang yang ga pasti, harusnya abang-abang angkot lebih milih buat ga ngetem. Soalnya paham NGETEMISME yang mereka anut itu lebih banyak mudhorotnya... Misal :
1. bikin macet jalanan
2. bikin kesel penumpang, hati-hati sama penumpang yang sampe terzhalimi, doa orang terzhalimi itu makbul..
3. polusi udara, klo ngetemnya ga sambil nyalain angkotnya sih lumayan (emmm...ga juga sih..), soalnya durasi ngetem biasanya 30 menit, paling cepet 15 menit. Ngetemisme ini akan menyebabkan penumpukan polusi di satu titik seperti yang terjadi di laladon.

Segitu aja deh... Pusing mikirinnya. Diapain sih bagusnya angkot-angkot di Bogor tercintahh ini???

Comments

  1. kalo abang2nya pinter mah gak narik mereka, neng.
    kalo abang2nya pinter mereka pilih tanam saham daripada narik angkot!!!!

    ReplyDelete
  2. kalo abang2nya pinter mah gak narik angkot mereka, neng.
    kalo abang2nya pinter mereka pilih tanam saham daripada narik angkot!!!!

    ReplyDelete
  3. kan gw juga bilangnya, sedikit lebih cerdas....

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian