Ka-Ka-Pe

Sebagai mahasiswi yang baik di Institut Pertanian Bogor [mengepalkan tangan, pegang bendera], saya wajib mengikuti kuliah kerja profesi (KKP) yang diselenggarakan saat saya masih duduk di semester tujuh kemarin. Awalnya saya berniat mengajukan diri untuk KKP di salah satu program penanganan bencana milik Masyarakat Mandiri, namun niat itu saya urungkan karena nasehat dosen-dosen saya yang takut klo saya sendirian.... [emang nih gw mengkhawatirkan hihi..]. 

Saat sudah hampir deadline pengumpulan lokasi KKP, saya masih bingung mau KKP dimana. Tiba-tiba secercah cahaya muncul [alay!], saya menerima sms dari teman sekelas saya, Neng Wulan, yang menawarkan KKP bersama di Jambi.

Jambi??? What a beautifull miracle... Saya lagi kangen banget sama rumah dan alhamdulillah dapet kesempatan buat pulang ke rumah. Oh ya, rumah keluarga saya di Palembang, sekitar 6 jam dari jambi. Lumayan 2 minggu sekali saya bisa pulang. 

Lokasi KKP saya adalah kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi. Kantornya baru, masih kinclong... Dinding masih putih dan ruangan masih berantakan hehehe... Maklum ya kantor baru, jadi meja-mejanya masih berantakan. Di kantor PU ini lah saya bersyukur sekali punya badan setipis triplek, soalnya ruang terbuka buat jalannya juga cuma segitu, itu pun harus berjubel-jubel tabrakan sama karyawan lainnya.
kantor baru
wc kinclong

Saya memulai KKP tanggal 14 Juli 2009. Hari pertama yang bego haha... Kenapa? Karena datang celingak-celinguk, duduk, bengong, gabuuuuuuut banget.. Sayangnya cuma sebentar, soalnya tiba-tiba kita langsung dapet tugas ngerjain banyak hal.

Di sini, bersama Neng Wulan, kerjaan saya lumayan banyak. Ngedesain leaflet, pamflet, buku, tas, spanduk, piagam, baju, buanyak dah... Tapi intinya mah ngedesain, ga jauh-jauh sama kerjaan di kampus. Ada gunanya juga ternyata hehe.. Trus kerjaan lainnya adalah ngider keliling Jambi Selatan. Kami berdua (saya dan Neng Wulan) harus menyebarkan publikasi ke semua sekolah di Jambi Selatan. Dalam hitungan hari, kulit ini berubah dari putih cerah jadi putih tua. Eksotis. Indahnya dunia hahaha....

gawean di PU
gawean lainnya...

Selain itu kamu juga harus membuat rundown acara dan menjadi panitia kegiatan yang diselenggarakan Dinas PU. Capek??? Tentu.... Tapi menyenangkan.. Kami dapat banyak pengalaman, banyak pelajaran, dan sedikit uang [ups!]. Digaji teman-teman.... Saya digaji saat KKP. Rasanya, jarang-jarang hasil desain saya dibayar uang huhuhu... Biasanya dibayar dengan doa dan ucapan terima kasih yang luar biasa tulus hehe...

Oh iya, by the way di kantor PU ini didominasi oleh bapak-bapak. Ibu-ibunya bisa dihitung pake jari [ini beneran lho]. Heran saya... yang paling saya suka dari KKP di dinas PU ini adalah nuansa kekeluargaannya yang hangat. 

wulan dibikin nangis ^^

Trus sebenernya walaupun banyak kerjaan, tapi kerjaan utama kami adalah online hahaha.... Sampe kami ngerubah lirik lagunya Saykoji menjadi...
"siang malam ku selalu menatap layar terpaku, aku oleng oleng oleng oleng..."
 
Rasanya, kerja di instansi pemerintahan dan menjadi PNS tidak seburuk yang saya banyangkan (walau saya masih belum mau jadi orang yang banyak bengongnya hehe..).

Comments

Popular Posts