Angkatan 43, Angkatan Pengusaha

Saya adalah mahasiswi angkatan 43 Institut Pertanian Bogor. Angkatan 43 bukan berarti saya masuk IPB pada tahun 1943 (huhuhu...). Angkatan 43 berarti saat saya diterima menjadi mahasiswa IPB (2006), saat itu juga IPB berumur 43 tahun. Nah tahun 2010 ini, umur IPB sudah mencapai 47 tahun, jadi angkatan termuda saat ini adalah angkatan 47.

Di kampus kami, angkatan 43 dikenal sebagai angkatan yang kompak dan dikenal sebagai angkatan pengusaha. Mungkin ini pengaruh adanya program dari Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) IPB. DPKHA memfasilitasi pengembangan minat mahasiswa pada bidang kewirausahaan. Nah program ini berkembang saat angkatan 43 ada di puncak kejayaan (hehehe...lebay). Pokoknya program ini pertama masuk saat cuma angkatan 43 dan 42 (yang udah tua dan keburu mau lulus) memenuhi syarat buat ikutan program. Jadilah 43 merajalela...

Ini dia daftar usahanya anak 43 yang terkenal...
1. E.Co Tours
Usaha dibidang "jalan-jalan" ini dipimpin oleh Fazlur Rahman (Ilmu Ekonomi 43) bersama temannya, Dinul Islamy (Manajemen Hutan 43). Anak IPB ga kenal ECotours kayaknya ga pernah jalan-jalan deh...

2. Chroma Production
Pandu Mas Saputra (Teknik Pertanian 43) adalah pimpinan dari usaha percetakan ini. Hampir semua publikasi di kampus dijajah oleh Chroma. Chroma juga sudah mulai ekspansi ke luar IPB, salah satu proyeknya bulan ini adalah publikasi TO Akbar NF 2011 (desainer erornya adalah gw hehehe..).

3. Leaf Garden
Bergerak dibidang dekorasi dan penyewaan tanaman, usaha ini dipelopori oleh dua makhluk dudul bin gabut Ahmad Sobari (Agronomi dan Hortikultura 43) dan Febby Ariawiyana (Teknologi Industri Pertanian 43, dia laki-laki namanya aja yang begitu). Mereka sudah terpercaya untuk mendekorasi hampir semua acara di IPB, termasuk acara wisuda dan acara walimah anak IPB.

4. Tsabit
Usaha yang berhubungan dengan kaos-kaosan dan sablon-sablonan ini (yang gw tau) dipelopori oleh Cindera Syaiful Nugraha (Manajemen Hutan 43).

5. Salman Creative Art
Ahahaha... Usaha ini digawangi oleh empat makhluk ajaib, sebut saja Raden Ery Bunyamin Gufron (Statistika 43), Anis Zamaludien (Ilmu Teknologi Pangan 43), Rizka Ardhiyana (Teknologi Industri Pertanian 43, dan Desni Utami (Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat 43, ahahaha kayak kenal). Bergerak dibidang souvenir resin dan akrilik, Salman hampir tidak pernah melakukan promosi. Salman baru kelihatan aksinya jika mahasiswa baru mulai masuk IPB. Siapa yang tidak kenal produk Salman? Lha wong pas daftar langsung dikasih pin produk Salman. Pin yang langsung menjadi tanda bahwa mereka sah sebagai makhluk baru, bahan Ospek di kampus. Tapi denger-denger sih Salman ini mau bubar dan berubah usaha jadi usaha makanan (hadeeeeh...).


6. Akar Cafe
Bayu Cahyo Nugroho (Manajemen Hutan 43), Daniel Furqon dan Rakhmawati (Gizi Masyarakat 43) adalah salah satu pemegang saham salah satu Cafe terbesar milik anak IPB ini. Cafe ini sudah almarhum, dan Bayu sekarang sudah beralih usaha jadi jualan legging (ahahaha...ampun bay).

7. SotoQ
Akhwat-akhwat manis jualan soto? Kebayang? Ada Fatimah Khoirunnisa (Agribisnis 43), Darayani Aradhita (Manajemen Sumberdaya Perairan 43), Noni Husnayati (Agronomi dan Hortikultura 43), dan Tri Reti Rahmawati (Gizi Masyarakat 43). Walau saat ini SotoQ lagi mati suri, tapi mereka kelihatannya akan segera bangkit. Selamat menunggu kebangkitan Soto Indonesia (halah!).

8. Istana Es Krim
Es krim goreng? Yup ini menu istimewa istana eskrim milik Hanif Fansurya (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan 43), Yulya Sri Novita dan Elis Trisnawati (Ilmu Keluarga dan Konsumen 43). Temukan es krim goreng di kantin Semur...

Ini cuma sebagian, masih banyak yang lainnya

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian