Buku

Ia masuk ke dalam golongan insecta (serangga). Ukuran tubuhnya kecil, di bawah 1 mm. Masuk ke dalam subkelas Abterygota dengan ciri-ciri :
1. Tubuh berwarna perak dan tidak memiliki sayap
2. Tidak mengalami metamorfosis (dari telur langsung menjadi imago)
3. Thoraks dan abdomen tidak memiliki batas yang jelas

Ia mempunyai kemampuan merusak buku dan pakaian yang dikanji, dan menghasilkan enzim selulosa yang berguna untuk mengubah selulosa menjadi gula sederhana. Memiliki antena panjang dan tidak berbuku-buku (Thysaruna). Ia hidup di daerah lembab. Yup Lepisma saccharina adalah kutu buku.

Dalam bahasa Indonesia kutu buku juga punya arti lain.


Kutu Buku atau mudahnya gila buku adalah seseorang dengan perasaannya cinta berlebihan terhadap benda yang bernama buku, gemar membelanjakan uangnya untuk membeli buku, bahagia bila diberi buku. Senantiasa berbinar-binar bila melihat buku kesukaannya dengan sampul yang masih bagus. Atau bisa juga dikatakan Kutu buku adalah seseorang yang kecintaan berlebih terhadap aktivitas membaca buku.
rak bukuku

Kutu buku tentunya senang membaca buku, buku siapapun yang menarik minatnya. Tidak harus beli, karena yang penting isinya. Gila Buku ini senang pada bukunya, ingin memiliki dan (bercita-cita) membacanya. Gila buku tidak segan mengalokasikan penghasilannya untuk membeli buku baru, bisa kalap di bazzaar buku.
(klik disini untuk mengetahui sumber)


Mungkin saya bisa masuk kategori kutu buku, saya mencintai buku, saya kadang merasa "lapar" kalau sudah lama tidak membaca buku. Kacamata miopi yang sehari-hari saya gunakan ini mungkin adalah dampak dari kebanyakan membaca buku.

Oh ya, saya rada sedih sih klo ada yang menggambarkan kutu buku itu dengan orang yang penampilannya menyerupai "idiot". Penggambaran yang miris, bagaimana orang-orang akan suka membaca jika orang yang suka membaca dianggap "kuno". Bagaimana bisa lahir banyak orang cerdas jika orang-orang cerdas digambarkan "kuper". Kok saya ga pernah nemu ya anak cerdas di kampus saya yang penampilannya seperti orang idiot. Mereka tampil seperti pemuda lain di masanya. Nothing wrong lah....

Saya mempunyai agenda ke toko buku minimal satu kali dalam satu bulan. Jika dihitung, minimal saya punya 12 buku dalam setahun. Sayangnya terkadang saya lupa mencatat siapa peminjam buku-buku saya, sehingga sang buku kadang hilang begitu saja padahal buku itu mungkin buku favorit saya.

Beberapa buku yang belum kembali dan sangat saya rindukan : Toto Chan, Setengah Isi Setengah Kosong, Diorama Sepasang Al Banna, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Edensor, Pudarnya Pesona Cleo Patra, Menuju Jama'atul Muslimin, Risalah Pergerakan 1, Hafalan Sholat Delisa, dan masih banyak lainnya. Klo dihitung-hitung bisa sampai 1 rak buku lagi. Kembalikan bukukuuuuuuuuuuuuuu huhuhu....

Saya juga pelahap buku sampai habis. Kalau sudah pegang satu buku, sayang sekali klo tidak saya baca sampai tuntas. Termasuk diktat perkuliahan [walau dibacanya setelah ujian selesai dan sudah lewat masanya hahaha...]. Saya paling suka membaca diktat Psikologi Sosial dan sangat tertarik pada bidang Pengembangan Masyarakat Bencana [yang akhirnya saya jadikan tugas akhir saya].

Buku-buku berat

Novel adalah jenis buku kesukaan saya, terutama novel psikologi. Saya bisa membaca novel habis dalam waktu semalam suntuk [tanpa tidur]. Saya biasanya akan mengutip [quote] kata-kata menarik dalam buku yang saya baca. Beberapa quotes favorit saya misalnya :

Cinta adalah kata kerja (Salim A. Fillah dalam bukunya Jalan Cinta Para Pejuang)

Hidup terlalu istimewa untuk dilewatkan dengan cara biasa-biasa saja (Dee dalam bukunya Perahu Kertas)

novel-novel

Oh iya, saya bersyukur sekali atas akses internet yang mudah saat ini. Saya yang kutu buku dan masih mahasiswa [plus penjual martabak manis] ini sangat bersyukur karena jika  kantong saya tidak kuat untuk membeli buku saya bisa baca-baca di internet. Walau tetap saja keinginan punya buku itu terlalu hebat untuk otak saya lawan [hehehe...lebay deh gw...].

Saya senang sekali membaca National Geographic, sayang ga kuat kantong saya klo harus beli setiap edisinya huhuhu... Suka rasanya melihat dunia ini walau belum bisa mengunjunginya. Nah internet adalah solusinya, saya bisa baca NG tiap edisi dari internet. Saya juga bisa baca koran online tiap hari. Huwaaaaa... betapa internet adalah solusi.

Saya tahan berdiri berjam-jam di Gramedia [tentunya tanpa high heels]. Memelototi satu per satu deretan buku-buku. Lumayan juga lah, Gramedia soalnya suka memberi bonus bagi pengunjung setianya berupa lagu-lagu slow yang easy listening. Jika punya waktu luang dan saya menghilang dari peredaran kampus, carilah saya di Gramedia [pasti ga ketemu hehehe....]. Saya bahkan pernah lebaran sendirian di Gramedia. Menekuri satu per satu lantai Gramedia yang sepi pengunjung di hari lebaran itu.

Ah betapa saya tergila-gila pada buku.... Berharap sekali suatu saat punya perpustakaan pribadi minimal sebesar Gramedia [hahaha.... dari tadi nyebut merek].

Comments

  1. Hu um mba, sama. aku juga suka lupa nyatet siapa yang minjem bukuku. Sedih rasanya kalo abis dipinjem bukunya jadi kucel ato lecek.

    ReplyDelete
  2. gak nyangka. dibalik tampang lugu lo. otak lu menyimpan banyak rujukan ilmu dari buku2. *takjub

    ReplyDelete
  3. ASP : mari kita belajar pengarsipan hohoho....

    ardul : nambah ngefans kan lo sama gw...

    ReplyDelete
  4. sama des,,banyak buku yang belum kembali..Fiqh wanita, tarbiyah dzatiyah, menuju kampus madani, komitmen seorang muslim versi 1 dan versi 2, menuju kemenangan dakwah kampus, dialog peradaban,,dsb..
    Laskar pelangi, edensor, sang pemimpi..pada kemanakah kalian buku2 ku..

    ReplyDelete
  5. dulu des coba bikin pengumuman via fesbuk, ada yang ngaku minjem tp sampe detik ini ga pernah datang buat ngembaliin hiks..hiks...

    ReplyDelete
  6. subhanallah banyak juga...gak nyangka.

    *blogwalking...silaturahim berharap martabak gratis esok hari

    ReplyDelete
  7. tenang mam.. martabak gosong menanti :P

    ReplyDelete
  8. Asking questions are actually pleasant thing if you are not understanding something totally, however this paragraph provides nice understanding even.
    Feel free to surf my web blog ... web design miami beach

    ReplyDelete
  9. This post is priceless. When can I find out more?
    my page > backup camera

    ReplyDelete
  10. Howdy very nice blog!! Guy .. Excellent .. Amazing .. I'll bookmark your web site and take the feeds also? I'm happy to find
    numerous useful info here in the post, we need develop
    more techniques on this regard, thank you for
    sharing. . . . . .
    Also see my page :: gastric acid reflux treatment

    ReplyDelete
  11. It's an remarkable post designed for all the internet visitors; they will get advantage from it I am sure.
    Also visit my blog :: funnymariogames

    ReplyDelete
  12. I just like the valuable information you provide to your
    articles. I'll bookmark your weblog and test again right here frequently. I'm rather certain
    I will be informed many new stuff proper right here! Best of luck for the following!
    Look at my web-site : Newscaller radio

    ReplyDelete
  13. Awesome! Its in fact amazing article, I have got much clear idea about from this post.
    Also visit my blog post - firewood sheds

    ReplyDelete
  14. What's up mates, nice post and pleasant arguments commented here, I am really enjoying by these.
    Feel free to surf my page :: Oregon mortgage assistance

    ReplyDelete
  15. Right here is the right blog for anyone who really wants to understand this topic.
    You know a whole lot its almost hard to argue with you (not that I really will need to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a subject that has been written about for ages.

    Excellent stuff, just great!

    Here is my weblog ... life quotes

    ReplyDelete
  16. If you desire to obtain a great deal from this paragraph then you have to apply such techniques to your won
    blog.

    Feel free to surf to my web page Diablo 3
    My site - Diablo III

    ReplyDelete
  17. Greetings from Los angeles! I'm bored to tears at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break. I enjoy the info you provide here and can't wait to take a look when I get home.
    I'm surprised at how fast your blog loaded on my mobile .. I'm not even using WIFI, just 3G .
    . Anyhow, amazing blog!

    Feel free to visit my blog :: electrician katy

    ReplyDelete
  18. Greetings from California! I'm bored at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break. I really like the info you present here and can't wait
    to take a look when I get home. I'm amazed at how fast your blog loaded on my phone .. I'm not even using
    WIFI, just 3G .. Anyhow, wonderful site!

    my weblog - juegos para pc

    ReplyDelete
  19. What's up, after reading this amazing article i am as well glad to share my familiarity here with mates.

    Feel free to surf to my web site ... party hardcore videos

    ReplyDelete
  20. If you are cerebration about affairs curtains online,Taps Australia there are assertive factors to accumulate in mind.Kitchen taps To activate with,Shower heads the abundance of baptize accessible to the tap is important while selecting which artefact to buy. Since the algid baptize accumulation is accessible at mains pressure,www.tapworld.com.au it is about not of abundant importance. However,tapworld the tap will charge the appropriate bulk of hot baptize burden to backpack out its functions satisfactorily.

    ReplyDelete
  21. on the eye patients and it is so common buy eyeglasses online and popular especially in Delhi
    http://www.finestglasses.com/

    ReplyDelete
  22. La poignée du http://www.robinetsale.com/ de style actuel, ont généralement le choix entre le levier ou croisé conception pour la résolution. La robinet levier est généralement droite ou légèrement incurvée, et se trouve dans le robinet de la barre qui a une ou deux handle.Cross robinetterie cuisine adopte intersection, entre les deux bandes de métal, et généralement applicable uniquement aux deux robinet LED de poignée. Elles peuvent être inclinées verticale, Robinetterie Vasque, avec une de chaque c?té de la buse.

    ReplyDelete
  23. A man of taste quality of life is high, especially bathroom design often can reflect a person's quality of life.Waterfall taps are a stylish way to make a statement in your bathroom, and are becoming increasingly popular and very affordable. http://www.plumpinguk.co.uk/kitchen-taps/wall-mounted-taps.html.It will make your life more refineddand we have created a lot of artistic products of"stylish personality and quality life".

    ReplyDelete
  24. Our pneumatic factory was founded in 2000,CHECK HERE. In decades of serving China pneumatic industry, we have built our reputation on product knowledge, world class suppliers, application support, and value add services. Our commitment to our employees, customers and vendors is the core of our business beliefs. In our factory, there are more than 80 front-line workers, 3000 squares working shop.Our main products are air Pneumatic Cylinder, solenoid valve and also a lot of pneumatic fittings like Air Gun.

    ReplyDelete
  25. Buy Kitchen Taps. Save 20-45% off Retail Prices, Free Shipping, No Tax. Complete selection of Kitchen Taps, Pullout Taps, Stainless Steel Taps and more.http://www.findtaps.co.uk/2-kitchen-taps

    ReplyDelete
  26. All of our products are sold from factory directly, igorous manufacturing and testing processes. You must can find one suit for your house here. We also offering everyday update special price products. The more products you buy, the more discounts will be.Choosing from a large selection of high quality taps at http://www.cheaptap.co.uk/ . Find new design of antique taps, LED taps, waterfall taps and so on.

    ReplyDelete
  27. the http://www.faucetsmarket.com/bathroom-accessory-bathroom-mirrors-c-4_5.html is not only beautiful and practical issues, more important is the quality, if you buy a poor quality or no-name, and really brings a lot of unexpected problems to solve very troublesom .

    ReplyDelete
  28. the http://www.faucetsmarket.com/bathroom-accessory-bathroom-mirrors-c-4_5.html is not only beautiful and practical issues, more important is the quality, if you buy a poor quality or no-name, and really brings a lot of unexpected problems to solve very troublesom .

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian