Hydrangea macrophylla

- Bunga-bunga Biru -

Waktu kelas tiga SMP eh bukan kelas satu SMA. Waduh lupa euy... Pokoknya waktu itu saya masih bau kencur (sekarang bau minyak angin hoho..). Saya tidak pergi ke sekolah. Saya sakit. Lupa sakit apa. Tapi seingat saya, saya masih bisa lari-larian di rumah. Jadi sepertinya sakitnya ga parah hehe... Pagi itu sekitar pukul 09.00 pagi, saat saya dan ibu sedang duduk santai di depan rumah, ada tukang bunga lengkap dengan gerobaknya yang masih penuh lewat. Tukang bunga itu berhenti tepat di depan pagar rumah kami. Ibu memperhatikan dengan seksama. Untuk beberapa saat ibu diam sambil melihat isi gerobak.

"Ut mau bunga warna biru itu?" kata ibu sambil menunjuk salah satu bunga biru yang berumpun dan berbentuk bulat.

"Mau bu..." mengangguk girang.

Akhirnya bunga cantik itu dibeli oleh ibu. Saya disogok bunga biru biar cepat sembuh hehe.. Saya tersenyum senang walau saya tidak tau apa nama bunga cantik itu.

Sekitar pukul 12.30 di hari yang sama, seperti biasa ayah pulang untuk makan siang di rumah. Ayah tidak langsung memasukkan mobil ke garasi. Beliau turun sambil membawa satu pot bunga biru. Bunga yang sama persis dengan yang dibeli ibu. Saya kaget, senang, bingung. Hari aneh yang nyata. Saya dapat dua pot bunga biru dari orang-orang yang sangat spesial di hati (uhuy lebay sangat..).

sumber foto


Hydrangea macrophylla namanya. Di negara kita dikenal dengan namanya hortensia, ah lebih terkenal dengan nama bunga bokor. Di China dikenal sebagai Yang siu chiu (naon eta...).

Klasifikasinya
Kingdom : Plantae
Super divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida (dikotil)
Sub kelas : Rosidae
Ordo : Rosales
Family : Hydrangeaceae
Genus : Hydrangea
Spesies : Hydrangea macrophylla

Saya akhirnya tau nama bunga ini waktu belajar kimia tentang asam basa. Bunga ini akan berwarna biru jika tanahnya mengandung asam atau pH di bawah 7. Ia akan berwarna merah jika tanahnya basa. Nah di Indonesia ini tanahnya wuaseem (hehe...) jadi bunganya kebanyakan jadi warna biru. Love it..

Saya sempat lupa pada bunga cantik penuh kenangan ini (halah..). Karena saat saya berangkat kuliah ke IPB, bunga-bunga saya tidak ada yang merawat sehingga berakhirlah kisah bunga biru saya itu. Ia kembali ke rahmatullah karena tidak ada yang nyiram huhuhu... *semoga bahagia di sisi-Nya.. (lha???)

Beberapa hari yang lalu saya kembali diingatkan pada bunga ini. Bunga cantik berwarna biru ini berhasil membuat hati saya berbunga-bunga. Tak henti-hentinya saya tersenyum. Warna birunya mengalihkan perhatian saya dari lima kuntum mawar merah yang mengelilinginya. Terlalu "biru" untuk tidak saya perhatikan. Mawar merah pun jadinya serasa berwarna biru hohoho...

By the way, hmmm... terima kasih banyak untuk Hydrangea macrophylla nya.. I love it ^.^


Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular Posts