Singkong Goreng Bumbu

Gue adalah penggemar berat singkong.. Yuhuuu... singkong, bukan salad atau pasta hehe... Ndeso deh gue..


Cemilan favorit gue ini emang ndeso. Tapi gue beneran suka banget (diulang-ulang haha..). Dan hebohnya, gue yang ga pinter masak ini lebih suka singkong goreng buatan gue sendiri ketimbang beli buatan orang lain heuheu... (songong beneeeer).

Sebenernya gue ga cuma suka singkong. Tapi juga suka banget sama kentang, ubi jalar, talas dan wortel. Semuanya umbi-umbian. Wortelnya ga gue goreng kok, gue jus aja, dicampur jeruk eeeuuugggrhh... mantep deeeeh... hehe...

Nah, sebagai penggemar masakan sendiri, gue tentu harus banyak-banyak belajar dan nyari resep terbaik buat makanan kesukaan gue ini. Dan akhirnya gue nemu resep unik dari blog ini. Kenapa unik?

Biasanya singkong goreng bumbu, singkongnya direbus/kukus dulu, trus diungkep pake bumbu baru digoreng. Atau direbus bareng bumbu baru deh digoreng. Resep ini unik karena ga pake kukus atau rebus. Cukup digoreng dulu, trus direndam ke bumbu halus yang udah dicampur air, tunggu sampe merekah baru deh digoreng lagi.

Lebih simple ga sih? Gue rasa enggak. Sama aja ribetnya hehehe.... Yoweslah.. yang penting udah nyoba. Tetep enak (muji masakan sendiri), walau ga berani ngajak orang lain buat nyobain. Takut ada yang mules-mules hehe....

Oh iya singkong goreng bumbu ini juga bisa buat resep buka puasa, soalnya simple. Yaaaah... walaupun biasanya pengen makan yang seger-seger buat buka tapi ga apalah, siapa tau pas puasa nanti malah musim hujan, kan lumayan berguna nih resepnya heuheu... (maksa).

Baiklah ini resepnya :

Singkong (tentu aja - -" )

bumbu halus :
- bawang putih
- garam
- gula
- ketumbar
- air

Oke, gue kasih tau satu rahasia, gue baru tau beda ketumbar dan lada. Baru tau tadi pagi. Hahaha.. selama ini gue selalu disorientasi bumbu dapur. Gue kira lada itu ketumbar hehehe.... *garuk2kepala

ini bukan ketumbar sodara-sodara, ini lada ( "- -)

Oh iya takarannya? takarannya sekira-kiranya aja deh... dikira-kira aja cukup atau enggaknya hehehe.... (namanya juga pemula).

Cara masakanya :
  1. kupas singkong, cuci, potong sesuai selera
  2. haluskan bumbu
  3. campurkan bumbu dengan air secukupnya, kira-kira cukup buat ngerendam singkong, ga perlu banyak-banyak
  4. goreng singkong dengan api sedang mendekati kecil (halah...). Pake api ini biar singkongnya lembut.
  5. setelah singkong matang dan lumayan lembut (ga lembut-lembut banget) angkat 
  6. segera ceburkan sang singkong ke dalam air yang sudah dicampur bumbu tadi, tunggu sampai sang singkong merekah seperti pada gambar di bawah
  7. tiriskan lalu goreng lagi dengan api sedang mendekati besar (halaaah...) sampai si singkong garing
  8. angkat deeeeh.... 
  9. ini singkong yang udah digoreng trus direndam sama air bumbu sampai singkongnya merekah
udah jadi deh..

Comments

  1. bikinin des...trus kirim ke kosanku...wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. duelah... kamu ga takut mules2 tah???

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian