Monday, May 30, 2011

Bunda Yoyoh

Baca dari notenya kak Wicak. Huhuhu... nangis deh gueeeee.....

Bismillah

Spicless.......monggo dibaca saja


Ditulis oleh Huda Robbani at Twitter @hudarrr 28 May 2011

-------------------------------

Pengen menunaikan janji utk kultwit ttg nyokap dengan hashtag #BundaYoyoh :)

Bertepatan dgn seminggu kepergiannya ini, scr umum saya akan kultiwt ttg tanda2 sblm beliau meninggal, kronologis, dan prosesi pmkmnnya

Smg bs menjawab bbrp hal dan meluruskan apa yg krg benar. Selamat menyimak..

Pertama, mengenai beberapa pertanda yg tdk biasa dr #BundaYoyoh sblm kepergiannya

1. #Tanda1: Sebulan yg lalu, tdk biasanya Ummi mandi di kantor dan mengenakan minyak wangi byk2 #BundaYoyoh
2. Lalu Ummi nyeletuk ke asprinya di DPR (Mb Effie): "Fie, kyny sbntr lg aku meninggal deh. Mkny aku bersih2. Siap2 ktm Allah" #BundaYoyoh
3. Mbak Effie hny menyahut: "Masa sih bu?" Menganggap itu hny candaan #BundaYoyoh
4. #Tanda2 Setahun belakangan, Ummi jg sering tiba2 bilang ke Abi: "Bi, abi siap gak kalo Ummi nanti meninggal?" Abi diam #BundaYoyoh
5. Lalu lanjut Ummi: "Kalau Ummi Insya Allah siap. Tapi gmn dengan Abi dan anak2?" #BundaYoyoh
6. #Tanda 3: Bbrp hari sblm kejadian, di rumah Mak Haji (nenek saya, ibunya Ummi) di Tangerang yg skrg jd tmpt ummi dimakamkan #BundaYoyoh
7. Tdk biasanya didatangi sgerombolan burung2 kecil. Org2 heran&bertanya ke Mak Haji: "Mak, akhir2 ini knp byk bgt burung ya..?" #BundaYoyoh
8. Mak Haji jawab, "Iya nih..Kalo kata org dulu sih, tandanya bakal ada org besar yg meninggal" :) #BundaYoyoh
9. #Tanda4: Tgl 17 Mei 2011, Ummi sempat merekam satu video nasehat utk ditayangkan di suatu acara #BundaYoyoh
10. Tdk disangka, video yg tanpa skrip itu merupakan rekaman trkhr Ummi semasa hidup #BundaYoyoh
11. Dan di akhir nasehatnya Ummi bilang: "Insya Allah kita akan bertemu di syurga" :) #BundaYoyoh
12. Video perpisahan trsbt dpt disaksikan disini http://bit.ly/j10X35 #BundaYoyoh
13. #Tanda5: Tgl 18 Mei 2011,sy&kakak2 sy yg tertua tiba2 dpt email(trkhr)dr Ummi pkl 08:31 WIB dgn sub: Nasehat utk Sang Putera #BundaYoyoh
14. Email tsb brisi wasiat2/nasehat2 panduan hidup yg sgt mnyntuh. Abg sy @aizzajundana mempostnya disini -> http://bit.ly/mdJ1Xr #BundaYoyoh
15. #Tanda6: Ummi smpt memesan ke asprinya ratusan box snack utk 'acara' hr Sabtu 21 Mei pkl 10:00 WIB #BundaYoyoh
16. Ketika belakangan dicek, kt sadar bhw Ummi sdg ga pny agenda jam segitu. Dan blkgn jg kita sm2 tahu #BundaYoyoh
17. Bahwa Sabtu 21 Mei pkl 10:00 WIB kmrn itu adalah saat jenazah Ummi tiba di tmpt persemayaman (Kalibata) #BundaYoyoh
18. Sehingga akhrnya snack itu digunakan utk konsumsi para pelayat #BundaYoyoh
19. #Tanda7: Ketika di Magelang, 2 hr sblm kecelakaan, keluarga disana mencoba utk mengabadikan foto Ummi sendirian #BundaYoyoh
20. Namun entah knp ketika sdh dipotret hasilnya gagal/tdk terpotret. Hanya ada sekelebatan putih tanpa wajah Ummi #BundaYoyoh
21. Itu terjadi 4x berturut2. Pdhl ktika memotret anggota keluarga yg lain selalu brhsl. Bgitu jg ktk Ummi dipotret tdk sndirian #BundaYoyoh
22. #Tanda8: Bbrp org yg bertemu Ummi 1-2 hr sblm kecelakaan trjd, mmbrikan testimoni bhw mrk melihat Ummi menjadi bgitu berbeda #BundaYoyoh
23. Jadi lbh byk senyum, lbh byk bercanda, terlihat spt lebih awet muda. Ada yg blg Ummi spt berusia 30 thn pdhl usianya 48 thn #BundaYoyoh
24. Dan trdpt bbrp tanda2 lainnya yg bs di-share lain kali, blm semua narasumber cerita jg soalnya :) #BundaYoyoh

Skrg masuk ke bagian kronologi kejadian

25. Ummi brgkt ke Yogya Rabu, 18 Mei 2011 utk menghadiri wisuda @bangumar, abang saya, anak pertama #BundaYoyoh
26. Sengaja melalui perjalanan darat krn ingin silaturrahmi ke Magelang, rmh Eyang Gatot. Kakeknya Abi & mnghdr prnkhn khadimah. #BundaYoyoh
27. Rombongan trdr dr 2 mbl. Mbl Innova hitam trdiri dr Abi,Ummi,Umar (putra1), Sholah (5), Ayyasy (8), KongBun&Hanafi (driver) #BundaYoyoh
28. Stlh wisuda, rombongan smpt ke Magelang silaturrahmi dan mlnjtkn ke pernikahan mbak di rmh yg menikah di blgn Jabar #BundaYoyoh
29. Akhirnya prjlnn dilanjutkan menuju Jakarta melalui tol Palikanci, Cirebon tsb #BundaYoyoh
30. Pada Sabtu dinihari sktr pkl 2, mendadak Pak Hanafi mengantuk, adik saya yg nmr 5 (Sholah) berinisiatif menggantikan #BundaYoyoh
31. Posisi duduknya saat itu adik saya menyetir, disblhnya (dpn kanan) Pak Hanafi. Di tengah kiri Ummi, di tengah kanan Abi #BundaYoyoh
32. Sementara di blkg (dari ki-ka) Ayyasy, Umar, dan Kong Bun #BundaYoyoh
33. Ummi mmg selalu duduk di kursi tengah bagian kiri setiap naik mobil. Itu lokasi favoritnya #BundaYoyoh
34. Di pojok yg sama pula Ummi selalu tilawah/muraja'ah hafalan Qur'annya setiap naik mobil #BundaYoyoh
35. Pada saat kejadian, Ummi mmg tdk mengenakan seatbelt. Abi yg biasa mengingatkan jg lupa mengingatkan Ummi #BundaYoyoh
36. Mobil melaju kencang dgn kecepatan konsisten 120 km/jam, seisi mobil tidur kecuali adik saya yg menyetir #BundaYoyoh
37. Tiba di tikungan tajam lokasi kejadian, adik saya yg sdg tdk dlm kondisi mengantuk mendadak krg antisipastif di tikungan tsb #BundaYoyoh
38. Salah persepsi krn dikira hanya tikungan biasa, bukan tikungan tajam #BundaYoyoh
39. Di tambah saat itu penerangan redup, shingga mata mnjd kurang jeli #BundaYoyoh
40. Karena kaget dan reflek ingin melakukan penyelamatan agar mobil tdk terbalik, adik sy smpt membanting setir #BundaYoyoh
41. Namun tetap kecelakaan tdk bs dihindari, sehingga mobil menabrak pembatas jalan (beton) yg mengenai mobil bag. kiri #BundaYoyoh
42. Tabrakan trjd sgt hebat dan keras, kontan seisi mobil terbangun. Warga berteriak kaget & berduyun dtg #BundaYoyoh
43. Dlm keadaan tsb, sktr 5 menit pertama seisi mobil shock. Kong Bun yg ada di blkg Abi mendadak sdh di tgh #BundaYoyoh
44. Seisi mobil sesak nafas dan tdk tahu hrs berbuat apa. Sholah yg menyetir lgsg buka pintu. Kondisinya tdk knp2 #BundaYoyoh
45. Ia tdk luka sdktpun. Yang lain jg blm merasakan dampak apa2, msh diliputi rasa shock #BundaYoyoh
46. Ummi yg saat itu di tgh bagian kiri mengalami dampak yg plg kuat. Beliau terbentur bagian dpn mobil dgn posisi kepala lgsg #BundaYoyoh
47. Ditambah trdpt dorongan dr blkg,jok lepas shgg dia jatuh tersungkur. Stlh kcelakaan abi smpt membenahi posisinya kmbl ke jok #BundaYoyoh
48. Namun di dahi Ummi sdh mengucur darah, Abi menduga itu hny luka biasa. Nmn sbnrnya kmgknn Ummi tgh mengalami pendarahan #BundaYoyoh
49. Smntr warga yg berduyun2 mencoba mencari pertolongan, dan mencoba membuka pintu disisi ummi dgn linggis dsb #BundaYoyoh
50. Dalam keadaan spt itu, Ummi msh dlm keadaan sadar dan mengabsen anak2nya satu persatu. "Sholah mana? Masih hidup ga?" Dll #BundaYoyoh
51. Ia mengira kondisi yg lain lbh parah dari dirinya. #BundaYoyoh
52. Kemudian tiba2 Ummi smpt mnjd 'agak emosional' dan bilang: "Aduh dada Ummi sakit. Rasanya spt mau meninggal" #BundaYoyoh
53. Kontan Abi & seisi mobil mengingatkan: "Istighfar mi". Umi berucap "Astaghfirullahaladzim" #BundaYoyoh
54. Ummi tiba2 juga berucap: "Abi, Ummi sedang sakaratul maut". Abi dan seisi mobil krg percaya nmun bilang "Nyebut mi..." #BundaYoyoh
55. Lalu Ummi berucap "Asyhadu anlaa ila hailallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah" dgn lancar #BundaYoyoh
56. (Di titik ini kami lega krn trnyt Ummi telah mengucap syahadat) #BundaYoyoh
57. Trs berulang. Menunggu ambulans datang, Ummi senantiasa menyender di bahu Abi dgn trs berdzikir #BundaYoyoh
58. Ambulans pun datang. Semua yg terluka dibawa masuk terlebih dahulu #BundaYoyoh
59. Dalam perjalanan Ummi sdh dlm keadaan tenang tnp suara, yg lain beristirahat. #BundaYoyoh
60. Namun adik saya yg nomor 8 (Ayyasy) sempat melihat tiba2 dengkul Ummi terangkat dgn sendirinya sebanyak 2x #BundaYoyoh
61. Pada saat itulah kmgknn malaikat pencabut nyawa sdg melaksanakan tugasnya #BundaYoyoh
62. Ketika Sholah dan Pak Hanafi yg belakangan menyusul tiba di RS, jasad Ummi sdh ditutup kain seluruhnya #BundaYoyoh
63. Ummi ternyata telah wafat, menghembuskan nafasnya yg trkhr sktr pkl 03:30 WIB di RS Mitra Plumbon Cirebon #BundaYoyoh
64. Innalillahi wa inna ilaihi raajiun. Umi tlh wafat. Sontak keluarga menangis & mengabari smw pihak utk mengurus pemakamannya #BundaYoyoh

Skrg saya akan msk ke bagian prosesi prsmymn - pemakaman almrhmh

65. Kabar duka mengenai wafatnya Ummi tlh cpt menyebar, baik lwt tv, radio, internet, sms dsb #BundaYoyoh
66. Telah direncanakan utk prosesi persemayaman akan dilakukan di Masjid Baiturrahman Komplek RJA DPR RI Kalibata #BundaYoyoh
67. Smntr jenazah disepakati dimakamkan di rumah nenek saya di Batu Ceper, Tangerang ats permintaan keluarga nenek #BundaYoyoh
69. Mulai dr proses persemayaman hingga pemakaman, byk sekali respon yg dtg #BundaYoyoh
70. Byk sekali yg kehilangan dgn sosok Ummi. Pjbt, anggota dwn dr brbagai fraksi, tokoh nasional, politisi, ikhwah, msyrkt dsb #BundaYoyoh
71. Hal itu trlht jg dr ratusan karangan bunga dan jmlh pentakziyah yg membludak. #BundaYoyoh
71b. Termasuk ucpn belasungkawa dr slrh dunia, berbagai negara dunia #BundaYoyoh
71c. Ismail Haniya jg mengabarkan duka cita warga Palestina krn Ummi adlh WN Kehormatan Palestina #BundaYoyoh
72. Komplek DPR disesaki ribuan org pelayat. Sholat jenazah diadakan 2 shift, itupun 70% pelayat tdk kebagian #BundaYoyoh
73. Ketika jenazah Ummi diangkut ke ambulans, dan konvoi menuju Tangerang, #BundaYoyoh
74. Menurut Patwal yg mengawal, konvoi utama menuju pmkmn diikuti ratusan mobil dgn panjang iring2an lbh dari 3 km #BundaYoyoh
75. Begitu jg ktk di area pemakaman, belasan ribu org memadati lokasi, 80% diantarany tdk tertampung dan tdk bs masuk ke lokasi #BundaYoyoh
76. Alhmdllh itu menandakan Ummi adlh sosok yg begitu berarti bagi byk orang :') #BundaYoyoh
77. Saya pribadi smpt ikut di proses memandikan, mengafani, dan menyolatkan Almarhumah. Jnzh terasa sgt ringan #BundaYoyoh
78. Dan kami menyaksikan dgn sangat jelas bahwa Ummi meninggal dlm keadaan tersenyum :')http://lockerz.com/s/103761305 :) #BundaYoyoh
79. Alhamdulillah. Semoga itu merupakan pertanda yg jelas bhw beliau meninggal dlm keadaan husnul khotimah :) #BundaYoyoh
80. Kami dari keluarga jg alhamdulillah sdh bs mengikhlaskan kepergiannya #BundaYoyoh
81. Krn kami percaya dr berbagai tanda2 yg diberikan, dr bagaimana almarhumah semasa hidupnya beribadah, #BundaYoyoh
82. Mendidik kami dgn penuh kasih & cinta, mnjlnkn amanah yg diberikannya dgn baik, dan bgmn dia memberikan pengaruh & brbakti #BundaYoyoh
83. Yang luar biasa kpd masyarakat, adlh suatu hal yg memberikan byk hikmah #BundaYoyoh
84. Sehingga ketika Allah Yang Maha Kuasa lbh sayang kepadanya dgn memanggilnya terlebih dahulu, #BundaYoyoh
85. Kami hrs ikhlas dan tabah, serta mudah2an dpt mewujudkan harapan2nya kpd kami #BundaYoyoh #BundaYoyoh
86. Sekaligus meneruskan cita2nya yg belum tercapai. Smg kami bs seperti dia, #BundaYoyoh
87. Wanita luar biasa yg dr rahimnya telah mengandung dan melahirkan kami, yg tlh memberikan teladan kpd kami dgn caranya #BundaYoyoh
88. Mendidik kami dgn penuh cinta, keteladanan & keshalihatan yg luar biasa... #BundaYoyoh
89. Selamat jalan Ummi kami, Ummi Yoyoh Yusroh. Sang mujahidah syahidah. Ila liqo' :) #BundaYoyoh

Sunday, May 22, 2011

Mau Pamer

Laptop gue yang berat bin ketinggalan zaman ini sebenernya adalah sebuah laptop keren yang keren banget... (apa coba)

Liat ini. 


Dia bisa bikin sudut 180 derajat...
Keren kaaaan...
*ini lagi ngerayu2 laptop biar ga eror lagi huhuhu..

Cabai Rawit Ungu

Pernah liat cabe warna ungu?
Saya sudah... Barusan... haha.. norak deh eike...




Nemunya di pekarangan rumah warga di gang masjid al wustho kampus IPB Dramaga. Waktu mau ngambil modul Pengembangan Masyarakat di Kostannya Rai (Al Ifah).

Cabe ini sebagian dahannya keluar dari pagar dan berada di jalan, sehingga saya bisa melihatnya dengan jelas. Lucu ya... Bagi pengemar warna ungu, silahkan makan cabe ini, katanya cabe ini pedas... (yaiyalah namanya juga cabe rawit).

Saya Desni Utami, C.SKPm melaporkan dari Dramaga, Bogor

Friday, May 20, 2011

Tiga Malam yang Lalu

Tiga malam yang lalu gue agak sedikit kecapean. Gue tidur jam sembilan lebih sedikit. Hal yang sungguh jarang terjadi. Lalu pukul 00.40 WIB, listrik di Babakan Regency (Ngarep Bara, Bateng, Balio, Balebak menjelma dari perkampungan kumuh jadi komplek perumahan hehe) mati. Sebenernya klo kata Septina, listriknya padam pukul 23.30 atau lebih. Cuma gue baru kebangun dan liat jam di handphone pas jam 00.40 itu.

Gue kebangun karena merasa sesak, enggap, kaget, dan sedikit takut karena ketika mata gue kebuka, yang biasanya ada cahaya sekarang malah gelap sama sekali. Bener-bener gelap. Sesekali kedengeran suara warung pecel lele di depan kostan gue lagi bebenah, siap-siap mau tutup. Tiba-tiba hening. Gue pengen ngelanjutin tidur. Tapi ga bisa. Gue ketakutan. Tolol banget ya. Ngapain juga takut. Jelas-jelas gue aman berada di kamar.

Sayangnya nuansa hening itu cuma sebentar. Karena tiba-tiba ada suara aneh dari luar kamar.

 "hi...hi....hihihihihihi...."

Sumpeh ye... suara apaan tuh, malem-malem begini. Dan suaranya berulang-ulang. Sering banget. Lama banget. Gue pengen nengok ke jendela yang tepat ada di sebelah tempat tidur gue. Tapi ga berani chuy.... Klo tiba-tiba ada makhluk Allah yang lain yang lagi iseng, bisa nangis kejer gue...

Pas nyeritain ini ke Ery dan Ipung pas ketemu di Fakultas Pertanian (Faperta), Ery nanya...
Ery : trus kamu ngapain?
Gue : Muter MP3
Ery : Jangan bilang lagunya afgan? (dia tau gue suka lagunya afgan yang bukan cinta biasa)
Gue : ya bukanlah... aku puterin aja lagunya Maher Zein, baarakallah hahahaha
Ery : -_____-"


Gue gak merinding sih. Gue yakin itu suara burung. Atau minimal ringtone hape. Tapi risih aja denger suara begitu. Akhirnya gue nekat aja. Gue puter MP3 dari hape biar ngalahin suara tu burung. Dan gak salah-salah, gue puterin lagunya Maher Zein yang Barakallah. Setelah itu listriknya nyala. Burungnya masih bunyi. Trus hilang begitu aja.

Selain ke Ery dan Ipung, gue cerita juga ke Adhil. Alhamdulillah Adhil bilang itu suara burung. Akhirnya pagi ini gue denger lagi. Ba'da subuh. Gue cerita ke seseorang, dia bilang mungkin suara beo. Dan gue langsung mikir, tu beo belajar niruin suara siapa? Kunti? Oh noooo..... (lesu)

Pagi ini gue chat sama empat orang, Wirudy (yang awalnya cuma nanyain skripsi), Rizka (yang tiba-tiba nyapa pake emoticon "kiss"), kak wicak (yang dulunya ngekost di al ihsan, tetangga), dan Cindera (anak Fahutan). Wirudy dan Rizka saya tanyain karena mereka udah terlanjur nyapa duluan. Klo kak wicak karena dia dulu pernah tetangga kos (habis kebaca di timeline semalem), jadi saya tanyain aja, kali-kali dulu pas jaman kak wicak (kesannya jaman batu) dia pernah denger suara itu. Lalu nanyain Cindera, tenyata nanya ke Cindera adalah nanya yang sesat. Dia juga ga tau burung apaan yang begitu. Soalnya selain anak jurusan KSHE (Konservasi dan Sumber Daya Hutan Ekowisata) ga ada yang pernah bird-watching.

Wirudy : Des sebaiknya kita selidiki, itu burung atau makhluk lain..

Rizka : itu burung apaan? mungkin itu tokek yang lagi keselek

kak wicak : itu siluman burung putih, pai su cheng

Cindera : itu suara ghaib des..

gue : -______-"

Akhirnya Kiki dan Adhil bilang itu namanya burung Cingcuing (sunda pisan namanya). Burung itu suaranya emang nyeremin. Dan katanya sebagai petanda akan ada kematian (buset dah). Ya baiklah.... Jadi burung itu namanya CINGCUING sodara-sodara....

Nay Nizhom Post-wedding

Liat deh fotonya lucu-lucu... Unyu bangeeeet... (lebay)





Fotografernya dari POSKO STUDIO 86

ah saya juga nanti pengen foto-foto post wedding (ngehehehe..) pengen foto-foto pas hujan, eeemmm... karena saya suka hujan. Begini kira-kira konsepnya...

Huwahahaha...

Saya nanti kayaknya harus meminta sang calon suami baca postingan ini. Siapapun engkau wahai mas-mas di negeri antah berantah, mari kita foto hujan-hujanan....

Thursday, May 19, 2011

Saya Ingin Jadi Juragan Angkot “Kampus Dalam”

Kampus saya, IPB berada jauh di pelosok kota Bogor. Sekitar 60 menit dari terminal Baranangsiang atau dari Pool Bus Damri dan harus naik angkot dua kali. Bayangkan. Dua kali sodara-sodara. Enam puluh menit!!!

Dan sebagai mahasiswa rantau yang baik, saya haruslah bersabar hidup diperantauan tanpa kendaraan (kecuali sepeda mini tanpa gigi berwarna biru kesayangan). Sungguh angkot yang jumlahnya super buanyak adalah satu-satunya pilihan bagi saya yang tidak punya sopir atau tukang ojek pribadi di kota ini (ambigu banget kalimatnya). Dan angkot sering kali membuat saya gundah, galau, labil, cenat-cenut (istilah yang sedang ramai dibicarakan di dunia anak muda tahun 2011an). Ada yang ngetem hampir setengah jam, ada yang supirnya ngibul, ada yang suka muter musik kenceng-kenceng, ada-adaaaaaaaaaaaa ajaaaah... 

Kadang ulah angkot ini membuat saya berpikir bagaimana jika saya JADI JURAGAN ANGKOT saja. 

Saya ingin jadi juragan angkot jurusan kampus dalam. Angkot kampus dalam melewati hampir seluruh wilayah kost-kostan mahasiswa IPB.  Sehingga angkot  ini hampir selalu setia mengangkut mahasiswa IPB keluar dari “goanya”.  Goa terpencil. Ingat sodara-sodara, terpenciiiiiiiil.... Sungguh moda transportasi yang sangat berjasa. 

Saya ingin jadi juragan angkot tapi tidak perlu menambah jumlah angkot yang ada. Saya malah berencana akan mempersedikit jumlah angkot yang ada. Saya akan membeli angkot-angkot yang sudah beredar. Para sopir akan diberi gaji tetap dan gaji tambahan berupa bagi hasil dari penghasilan ngangkotnya (bentuk ngayal yang pake pertimbangan semau gue). 

Saya ingin jadi juragan angkot yang punya manajemen yang keren (ini ngayalnya keterlaluan).  Saya akan menerapkan beberapa peraturan kepada supir angkot. Pelanggaran pada peraturan ini akan menyebabkan skorsing yang berarti pengurangan gaji tambahan.  Berikut adalah peraturan yang akan saya buat :

1.       Dilarang merokok
Jelas ye ini udah jadi hal pokok.

2.       Angkot harus dibersihkan sebanyak minimal 2 kali sehari
Yoi dong ya, klo kata ustadz-ustadz katanya rasulullah bersabda kebersihan itu sebagian dari iman.

3.       Angkot harus berhenti mengangkut penumpang 10 menit sebelum adzan berkumandang. Para supir angkot laki-laki harus sholat di masjid atau musholla terdekat
Biarin deh, rezeki pas lagi sholat mah ga akan kemana. Masa kita ngejalanin perintahNya tapi dipersulit rezekinya. Yang ga sholat aja ada rezekinya, masa yang sholat tepat waktu ga kebagian rezeki. Ya ga chuy?

4.       Dilarang NGETEM
Saya adalah orang yang tidak menganut paham ngetemisme sehingga supir-supir angkot yang berada di bawah naungan saya (tsaaaaaaaah... mantap!) harus bisa mengikuti paham saya. No ngetemisme.
Ngetem adalah kezholiman, kecuali sudah ada kesepakatan dengan para penumpang. Penumpang harus ditanyain satu-satu “Teh, Kang boleh ga ngetem?”. Ngetem juga ada batas waktunya dan juga harus disepakati dengan para penumpang, sehingga nanyanya jadi begini “Teh, Kang boleh ga ngetem selama lima menit? klo ga boleh saya ga akan ngetem deh...”

Menurut pandangan saya (yang tanpa bukti dan belum ilmiah ini) mungkin angkot yang ngetem dan yang tetap jalan jika kita bandingkan antara bensin yang dihabiskan dan pendapatannya, maka hasilnya akan sama saja. Malah bisa jadi yang ga ngetem dapat rezeki lebih banyak.  Dan bisa jadi yang ga ngetem akan lebih bahagia karena tidak dikutuk sama penumpangnya. Lagi pula ngetem hanya membuat polusi bertumpuk pada satu titik contohnya di daerah lampu merah bubulak. Saya rasa nyamuk normal ga akan mau terbang di daerah sana.

5.       Dilarang menyalakan musik kencang-kencang
Jika ingin menyelakan musik, maka akan kita putarkan musik orkestra (???), musik klasik, lagu-lagu pop yang slow bukan dangdut dan bukan underground.

6.       Dilarang melakukan praktek penipuan dalam bentuk apapun
Jadi angkot-angkot kampus dalam, ciampea, ciherang, cibeureum, jasinga, dkk biasanya melakukan praktek-praktek penipuan yang menzholimi penumpang, misalnya nih...

-          Penumpang palsu
Penumpang palsu ini biasanya penampilannya ga beda-beda banget sama sang supir. Kulit gelap, baju ala alay, dan ga bawa apa-apa. Penumpang angkot sejati biasanya ada aja yang dibawa entah tas atau kresek. Penumpang juga terlihat akrab dengan supir.
Apa fungsi penumpang palsu? Penumpang palsu ini untuk mengelabuhi penumpang asli agar penumpang asli mau naik angkot dengan asumsi angkot sudah terisi  sehingga angkot tidak terlalu lama ngetemnya.

-          Dua lagi... dua lagi...
Biasanya ini menjadi slogan untuk menarik penumpang. Sayangnya ini hanya “manis di bibir” (saya pinjem istilah seseorang). Misalnya jumlah penduduk di angkot sudah tiga orang, lalu sang supir bilang “dua lagi... dua lagi...”.
“Dua lagi.... dua lagi...” (before)

Naiklah seorang mahasiwa. Jumah penduduk angkot jadi empat. Tapi sang supir tetap berteriak “dua lagi... dua lagi...”.

“Dua lagi... dua lagi...” ( -_______-??? )

Hadeeeh.. Ini kan pembodohan. Harusnya sang supir merubah teriakan cemprengnya menjadi “satu lagi... satu lagi...”

-          Nyodok
Saya sebenernya ga suka istilah ini. Istilah ini membuat saya membayangkan bebek atau angsa. NYODOK. Angsa banget kan? (abaikan)
Ini istilah yang digunakan para supir untuk menjelaskan bahwa angkot ini ga akan ngetem. Tapi buuu... teteup aja ngetemnya lama. Dasar pembohong! (emosi jiwa)

-          Maju mundurin angkot
Ada calon penumpang, keliatan udah deket, sang supir langsung sedikit memajukan angkotnya, biar kelihatan seperti mau “jalan”. Lalu sang calon penumpang panik, mulai lari-lari kecil naik ke angkot. Penumpang udah di dalem angkot. Eeeeh... angkotnya mundur lagi. Begitu seterusnya. Sampe penumpang yang naik paling awal rasanya mual-mual karena digundang-guncang di dalem angkot.

Jangan nipu lah ya... Namanya mau cari rezeki yang baik, ya harus diambil dari cara yang baik. Jangan sampai ada pihak yang merasa dibohongi, dizholimi, disakiti. Mungkin kebahagian mendapatkan banyak penumpang gara-gara “nipu” hanyalah kebahagian semu. Bisa jadi hidupnya tidak jadi bahagia karena banyak yang tidak suka, banyak yang mengutuk dalam hatinya. Sungguh, kebahagiaan yang diraih dengan mengorbankan orang lain tidak akan jadi kebahagiaan sejati. Bisa jadi kenapa supir angkot yang ngangkot dengan cara ngibul ini ga kaya-kaya karen caranya ga berkah. Wallahu’alam.

Sebenarnya saya juga ga sungguh-sungguh amat nulis ini. Ini hanya sejenis ngayal atau curhat masalah perangkotan di Bogor. Karena saya sayang kota ini. Seperti saya mencintai Palembang dan Yogyakarta.
Semoga tulisan ini ada manfaatnya. Jika ada perbedaan pendapat, semoga tidak terjadi peperangan, perang senjata maupun perang dingin apalagi perang bantal (-_____-). Saya Desni Utami, C.SKPm, melaporkan dari Dramaga, Bogor.

*endingnya ga jelas

Ada tambahan lagi, dilarang kebut-kebutan, harus punya sim, dan dilarang berhenti sembarangan (tapi bukan angkot ya klo ga berhenti sembarangan hadeeeeh...)

Saturday, May 14, 2011

Hand Phone

Ini adalah kenampakan salah satu hape gue, hape kesayangan gue, Nokia C3 biru...

Hape ini adalah hape kesayangan gue (iye.. gue tau gue udah bilang 2x). Gue sayang soalnya hape ini pemberian laki-laki yang sangat cinta sama gue. Laki-laki tersebut selalu berusaha bikin gue seneng, biasanya kalo mau ngasih hadiah, guenya diajak, tapi buat hape ini gue gak diajak dan hape ini adalah pilihannya sendiri. Love you, Yah...

Sebenernya hape ini rada bermasalah, karena awalnya gue berantem sama ayah gara-gara pilihannya ini. Tapi toh pilihan ayah emang jadi sesuatu yang terbaik buat gue.

Hape ini tahan banting, bener deh... Gue cas sampe penuh dihari senin, dan gue perlu ngecas hape ini lagi di hari kamis. Pas dinikahan Adhil dan Kiki (yang sampe detik ini belum gue ceritain di blog ini), hape ini terpelanting, jatuh bebas dengan indahnya.

Saat itu gue lagi berdiri di dekat meja prasmanan akhwat bareng Wahyu (yang tentu aja akhwat) dan Rizka. Wahyu dan Rizka lagi maen tonjok-tonjokan. Penting banget kan maen tonjok-tonjokan pas temen baik lo nikah dan lo lagi jadi panitianya... ( "- -) Jadi pas mereka main tonjok-tonjokan, gue ada di tengah. Dan apesnya gue lagi smsan. Memberikan info pada dunia betapa mupengnya gue liat dua sahabat gue nikah. Wahyu lagi heboh menghantam Rizka dengan tangan kanannya, sayangnya bogemnya meleset dan tepat mengenai hape gue. Hape gue terelpas dari tangan gue dan BRAAAAAAAAAK... Jatuh indah terseret-seret di selokan kering di depan rumah Adhil. Sekitar 2 meter dari posisi gue.

Gue panik (ga juga sih), gue ambil, gue pegang2, gue pencet tombolnya, gue coba nelpon, gue tes kameranya, dan alhamdulillah dia baik-baik aja. Cuma sedikit luka baret di bagian casing atasnya.

bisa liat luka baretnya?

Hmmmm....
I love you C3ku...
Mungkin karena gue ceroboh jadi ayah pilihkan hape tahan banting ini buat gue. Bagaimanapun hape ini selalu keren di mata gue, even when i see the iPhone 4's advertisement hehehe...

Malem Minggu

Ada temen yang bilang....
"udahlah.. ga perlu sok-sok sedih ga malem mingguan, ga usah sedih karena cuma mantengin laptop atau buku lo yang seabrek-abrek itu. Toh yang malem ini malem mingguan belum tentu masuk surga, jangan sedih lah lo..."

weeeew....

Trus ada temen yang iseng bikin status dan temen gue yg lainnya dengan semena-menanya komen...
A : Gue ingiiiiiiiiiiin...
B : kenape lo? ingin? pake jaketlaaaah...

Sekedar info, angkatan gue (angkatan 43 IPB/2006) klo soal nikahan kami dibilang angkatan POP CORN. Kenapa pop corn? karena saat di masak dan tutup panci belum dibuka udah berisik banget ngeluarin bunyi "pop..pop...pop...". Seolah-olah akan meledak. Pas tutup pancinya dibuka, semua isinya rebutan pengen keluar.

Jadi saat belum ada yang nikah, berisiknya minta ampun ngomongin nikah. Isu yang diangkat pasti nikah. Setelah ada satu yang nikah (Kiki dan Asto) langsung deh yang lain balapan pengen segera keluar dari "panci". Susul menyusul menikah pun terjadi, ada Mei, Kalia, Azka & Muthi, Rizka AGB, Kiki & Adhil, terakhir Asih & Sobari. Weeew... siapa lagi niiiih....

By the way, laptop "jelek" saya yang jadul bin lemot bin berat bin ga keren ini ternyata telah berjasa menikahkan empat pasang anak IPB. Mulai dari mba Aqil dan suami, Mei dan Kak Janu, Kiki dan Adhil, dan terakhir Asih dan Sobari. Weeeew.... laptop gue mendadak keren di mata gue hehehehe....

Ini postingan random banget.. baiklah... (angkat bahu, monyongin bibir)

Fakta Ubur-Ubur

Hewan laut yang ini sering menjadi masalah dan ancaman bahaya bagi nelayan atau perenang. Kalau sudah digigit, maka kalau tidak cepat, bisa menyebabkan kematian atau bisa jadi ada bagian tubuhmu yang harus diamputasi. Kasus-kasus akibat digigit hewan ini sudah banyak sekali, kurangnya pengetahuan sangat memungkinkan seseorang bisa kehilangan anggota badan karena gigitan / sengatannya. Berikut ini untuk menambahkan pengetahuan mengenai ubur-ubur dan inilah ada fakta-fakta dasarnya: 


Fakta pertama :
Jellyfish pertama kali muncul sekitar 650 juta tahun yang lalu dan ditemukan di setiap permukaan laut. Beberapa juga ditemukan banyak di air tawar.


Fakta kedua :
Medusa (Plural Medusae) adalah istilah lain untuk ubur-ubur.
Medusa adalah istilah lain ubur-ubur yang hidupa di yunani, finlandia, portugis, rumania, ibrani, serbia, kroasia, spanyol, perancis, italia, hungaria, polandia, ceko, slowakia, rusia dan bulgaria.


Fakta ketiga :
Karena ubur-ubur bukanlah merupakan spesien dari ikan, kadang banyak terdapat anggapan yang keliru tentang ubur-ubur, oleh karenya American Public Aquariumsk telah mempopulerkan penggunaan istilah jeli laut (sea jellies) sebagai gantinya.


Fakta keempat :
Pada umumnya sekelompok atau sekawanan ubur-ubur ini disebut dengan istrilah bloom atau swarm.



Fakta kelima :
Ubur-ubur tidak memiliki sistem pernafasan karena kulit mereka cukup tipis dan bahwa tubuh mereka telah berisi oksigen oksigen melalui difusi.

Fakta keenam :
Ubur-ubur tidak mempunyai otak atau sistem saraf pusat,
tetapi ubur-ubur memiliki jaringan saraf yang longgar, yang terletak di epidermis, yang juga disebut sebagai “jaring saraf.”

 
Fakta ketujuh :
Ubur-ubur terdiri dari lebih dari 90% air. Sebagian besar massa bagian payung mereka adalah bahan agar-agar (jeli) yang disebut mesoglea, yang dikelilingi oleh dua lapisan sel yang membentuk payung (permukaan atas).
Sedangkan bagian permukaan bawah tubuhnya dikenal dengan sebutan bel.


Fakta kedelapan :
Ubur-ubur memiliki sistem reproduksi yang unik, yaitu baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun dan perempuan akan melepaskan sperma dan telur ke dalam air sekitarnya, di mana telur yang telah dibuahi dan tumbuh menjadi organisme baru.


Fakta kesembilan :
Ubur-ubur memiliki racun yang paling mematikan dan telah menyebabkan setidaknya 5.568 kematian sejak 1954. Setiap tentakel memiliki sekitar 500.000 harpun sindasites yang berbentuk jarum yang menyuntikkan bisa ke korban.


Fakta kesepuluh :
Spesies ubur-ubur terbesar adalah ubur-ubur bersurai singa (the lion’s mane jellyfish). Ubur-ubur ini adalah salah satu hewan yang dikenal terpanjang dan terbesar yang memiliki bel (tubuh) dengan diameter 2,3 m (7 kaki 6 inci) dan tentakel mencapai 36,5 m (120 kaki). Ubur-ubur ini ditemukan pernah terdampar di pantai teluk massachusetts pada tahun 1870.

Sumber http://www.speedytown.com/goodday/index.php/pengetahuan-mengenai-ubur-ubur/


Sebenernya gue cuma mau kasih titik penting di poin keenam. Ubur-ubur itu cantik. Coba deh googling. Cakep-cakep. Sayangnya ubur-ubur ga punya otak. Jadi klo cewek-cewek ngadepin kasus yang kayak gue ceritain ini. Gue punya saran buat lo.
 
Misalnya lo (cewek) jalan ke Seaworld sama cowok, doi keren, beken, (kayak nama majalah). Nah kalian ngeliat ada ubu-ubur... Trus terjadilah percakapan.

Elo (E) : Eh, ubur-uburnya cantik banget yaaaaaaa...
Cowok (C) : (berpaling dari ubur-ubur dan menatap mata lo trus tersenyum)
E : tu kan cantik bangeeeeeeet...
C : (tersenyum) iya, ubur-uburnya cantik, kayak kamu....
E : .....................

Nah gue punya saran, apa yang harus lo lakuin klo dia bilang begitu. Terlepas dari niatannya apa, mau muji kek, mau ngegombal kek, terserah... Yang harus lo lakuin adalah kumpulin semua tenaga sebesar mungkin di tangan kanan lo. Lalu... TAMPOOOOL


Disamain kayak ubur-ubur, berarti dia mau bilang "iya kamu cantik kayak ubur-ubur, ga punya otak... mau-maunya kamu jalan sama aku..." hahahah..
Hajar aja neng, tampoool... 

*kidding

Wednesday, May 11, 2011

Firefly Lane

Judul postingan ini adalah judul novel yang benar-benar sedang saya usahakan untuk saya selesaikan. Novel ini "berat". Pertama karena novel ini adalah novel terjemahan dari Amerika yang sungguh berbeda latar dengan kehidupan saya yang sungguh sangat timur ini. Berkali-kali saya berkerut untuk menangkap arti kalimat-kalimatnya. Kedua, novel ini berlatarkan tahun 1970an dan waw... saya belum lahir saat itu. Membayangkan budaya Amerika saja sudah sulit apalagi harus kembali ke era 70an. Ketiga novel ini berkisah tentang dunia jurnalistik, dunia yang saya pelajari. Kalimat-kalimatnya membuat saya mengingat beberapa judul perkuliahan. Dan itu berat hehehe...


Saya membeli novel ini karena dua alasan. Pertama karena ini novel yang berpredikatkan "New York Times Bestseller". Saya selalu menyukai novel-novel berpredikat ini. Novel dengan predikat yang sama yang sebelumnya saya beli adalah Therapy, dan bagi saya novel itu membuat saya berazzam, jika ada novel New York Times Bestseller lagi saya akan membacanya. Kedua karena novel ini berkisahkan tentang persahabatan.

Aiiiih... saya sampai lupa sudah berapa lama tidak menulis blog ini, hingga belum mengupdate berita bahwa sahabat saya Adkhilni Utami sudah menikah dengan sahabat saya yang lainnya, Kiki Ahmad Zakiyudin. Nantilah saya ceritakan... Banyak cerita seru di nikahannya si Enong...

Mereka adalah Tully dan Kate. Tully adalah gadis pintar, cantik, modis, selalu bersemangat dan berada di kalangan atas kelas sosial di sekolahnya. Kate adalah gadis pemalu, Katolik yang taat, kutu buku, cerdas, berkacamata aneh, dan berada di kelas sosial terendah di sekolahnya. Mereka bertetangga. Tully dibesarkan oleh kakek dan neneknya, ia ditelantarkan oleh ibunya yang tidak tahu siapa ayahnya. Ibu Tully adalah seorang pecundang, tukang main laki-laki, pemabuk dan pecandu narkoba. Sedangkan Kate terlahir dari keluarga sempurna, penuh kasih sayang. Karena sesuatu hal akhirnya mereka bersahabat dan karena sesuatu hal pula mereka tinggal satu rumah (baca aja dah.. ni novel tebel bener).

Saya sungguh mengidolakan tokoh Kate. Dengan latar keluarga baik-baik, ia pun menjadi tokoh yang sungguh baik. Ia menjaga perasaan orang-orang di sekitarnya. Ia memperhatikan orang-orang di sekelilingnya. Ia bahkan menghapus cita-citanya dan menggalah demi sahabat terbaiknya. Mengikuti keinginan Tully untuk menjadi seorang reporter.

Kate bukan petualang cinta seperti Tully. Ia jatuh cinta pada seseorang, John Ryan (Johnny). Sayangnya Johnny menyukai Tully seseorang yang dia anggap memiliki passion. Kate merasa Johnny tidak pernah menyadari keberadaannya, bahkan Johnny tidak pernah menatapnya. Cinta Kate tidak berbalas, begitu juga cinta Johnny. Tully hanya bersenang-senang dengan Johnny dan itu menghancurkan perasaan Johnny.

Sesuatu terjadi, Kate hamil oleh Johnny, Johnny menikahinya. Kate ragu. Meski Johnny menyakinkan Kate bahwa dia mencintai Kate. Namun Kate merasa dirinya hanyalah pelampiasan. Dia hanyalah cadangan karena tidak berhasil mendapatkan Tully. Pernikahan itu hanyalah bentuk tanggung jawab seorang Johnny. Dan di hari pernikahan yang "berbahagia" itu, Kate menangkap mata Johnny yang seperti biasa, sedang menatap Tully (kasian bangeeeeeeeeet.....). Kate tidak pernah menyerah, tidak pernah menunjukkan kesedihan.

Baca aja dah....  Ini aja masih belum selesai. Soalnya mau nyelesain kuliah dulu hahaha...
Oke deh... Setelah nulis ini saya jadi merasa "kok gue bacaannya begini banget ya.." Yaudah deh, lain kali saya tulis tentang buku "Tegar di Jalan Dakwah" heuheu....

Eh btw, jangan sering-sering baca novel roman deh... Soalnya kita ga bisa naif, hidup itu ga kayak novel roman. Terlalu banyak noise yang bikin cerita hidup kita pasti beda sama cerita-cerita di novel roman. Tapi sebaiknya tetap percaya tentang SETIAP CERITA PASTI BISA BERAKHIR BAHAGIA. Jengjeeeeeeng......