MPKMB - Ospeknya IPB

Saya sempat googling tentang calon mahasiswa baru IPB angkatan 2011 (angkatan 48), beberapa yang sudah diterima dan sudah mulai galau tentang kampus. Galau tentang gimana ospeknya, galau gimana kuliahnya. Saya ingin membantu rasanya untuk sedikit mengurangi jumlah makhluk galau di muka bumi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Kampus kami, Institut Pertanian Bogor (IPB) punya nama spesial untuk ospek. Namanya Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) agak ribet ya bacanya "empekaembe". Tapi rasanya penamaan MPKMB menjadikan ospek di IPB berbeda dari ospek kebanyakan. Karena kata ospek identik dengan plonco-ploncoan. Hal-hal yang berkaitan dengan ngerjain adek kelas dengan cara yang tidak logis, marah-marah tidak jelas, tebar-tebar pesona kakak kelas tidak akan kalian temui di MPKMB IPB.

Panitia MPKMB berjuang keras merumuskan ospek se-logis, se-terpelajar, se-manusiawi, se-cerdas, dan se-menarik mungkin untuk para mahasiswa baru. Selama liburan dua bulan, panitia MPKMB (yang notabenenya anak-anak rantau) rela tidak pulang ke rumah. Tahun 2007 saya dipercaya menjadi staff divisi acara MPKMB bersama Pandu, Bayu, Daniel, Adhil, Azka, Erika, Irnita, Siska (siapa lagi ya? lupa gue...). Anak-anak divisi acara ini rapat sehari bisa sampai tiga kali. Gila booo... ni acara udah kayak kuliah 6 SKS aje... (eh malah curcol)

Selain divisi acara ada banyak divisi, tapi nanti yang akan paling mahasiswa baru kenang hanya dua divisi. PJK dan KOMDIS.


PJK atau Penanggung Jawab Keluarga
Entah deh sekarang namanya apa. Kakak-kakak PJK (bacanya pejeka) ibaratnya malaikat. Setiap kelompok yang isinya rata-rata 80an orang (banyak banget kaaaan...) akan "ditemani" sekitar 6 PJK. Mereka baik-baik. Bener deh. Mereka ngebantuin mahasiswa baru menyelesaikan penugasan ospek (ntar kita bahas tentang penugasan ini). Mereka akan senang hati menyemangati mahasiswa yang sudah lelah dan seinget saya mereka dilarang marah dan rasanya mereka juga golongan orang-orang yang ga bisa marah hehehe....

gambarnya dicomot dari sini

Klo di gambar di atas PJK yang sedang berdiri, lihat deh muka ramah bin bahagia mereka. Tenang yaa...

KOMDIS atau Komisi Disiplin
Jangan takut kalo ada panitia yang "sedikit lebih tegas". Merekat ga gigit kok. Patuhi aja semua aturan, ikuti MPKMB dengan benar, jangan manja, insyaAllah kalian akan selamat dari terkaman panitia galak ini. Mereka emang dilarang senyum. Bener deh. Mereka harus tegas. Terkesan galak dan berwibawa. Tapi tenang aja, mereka ga akan ngebentak-bentak atau marah-marah tanpa alasan. Dan di akhir acara MPKMB biasanya mereka akan dengan senang hati membagi senyum terbaiknya pada mahasiswa baru yang kemungkinan besar sedang dibuat "menangis" sama anak-anak divisi acara (hahaha..). Momen ini akan jadi momen yang akan sulit kalian lupakan.

dari fbnya fazlur
Foto di atas foto anak divisi acara (Bayu), ketua PJK (Ade) dan ketua komdis (Fazlur). Mukanya Ade emang muka polos bin ramah dan tentu saja mukanya Fazlur emang nyeremin hehehe... *punteeeen

Nah sekarang kita bahas tentang apa aja sih yang biasanya harus disiapin buat MPKMB?
Saya ga tau ya sekarang masih sama seperti saat saya yang jadi peserta (2006) atau ketika saya jadi panitia satu tahun berikutnya. Biasanya sih selalu ada ini

1. Setelan kemeja putih dan celana hitam (untuk pria)/ rok panjang hitam (untuk wanita)
2. Celana training (apa sih namanya, pokoknya celana olahraga yang panjang) untuk dipakai di dalam rok bagi wanita dan ketika olahraga.
3. Name tag (tanda pengenal) segede gambreng


gambarnya dari sini
ini namanya name tag syar'i bisa buat nutupin dada buat yang kerudungnya ga gede hehehehe... (puas banget gue ketawanya)
Ada percakapan seputar name tag ini. Suatu hari saat semua mahasiswa istirahat di bawah pohon setelah sedikit lari-lari di MPKMB. Ada mahasiswa yang memakai name tag buat berkipas-kipas.

Komdis : Heh! siapa yang nyuruh kamu kipasan pake name tag? (nada tinggi)
Mahasiswa baru : maa...maa..maaf kak... (takut)
Komdis : Kalian tau, itu bisa merusak name tagnya. Dan masih ada satu hari lagi untuk memakai name tag itu... Ngerti?!! (galak)
Maba : ngerti kak.. (mau pingsan)
Komdis : Biar ga rusak, kalian pegang name tagnya, biarkan kepala kalian yang gerak geleng-geleng. Begini caranya... (mulai tripingan)
Maba : hahaha....
Komdis : siapa yang suruh ketawa!!! (ngebentak)
Maba : ............ (nyaris mati)

4. Original Soundtrack (OST)
Setiap angkatan pasti punya OST MPKMB dan disesuaikan dengan nama MPKMB per angkatan. Misalnya angkatan 43 namanya Angkasa, 44 namanya Agraris, 45 namanya patriot. Dan setiap soundtrack ini harus dihafalkan beserta gerakannya (hahaha... sm*sh wanna be ceritanya). Nah bagian serunya, yang ngajarin lagu dan gerakan ini adalah PJK. Dan biasanya PJK laki-laki lebih atraktif (haha...).

5. Biasanya diminta bikin tulisan tentang kewirausahaan dan/atau tentang pertanian
Yang ini emang rada lelah. Kamu bebas buat nulis apa aja. Bisa dari ngayal-ngayal atau dari literatur.


Nah iya saran saya mahasiswa baru sebaiknya menyimak seminar yang dibuat oleh panitia. Isinya pasti bikin kamu mikir dua kali buat ga cinta sama salah satu kampus terbaik negeri ini. Ada mahasiswa berprestasi, alumni sukses yang jadi pengusaha, alumni sukses yang jadi pemimping bangsa ini (bisa jadi sang Presiden ya, soalnya pak Beye alumni IPB heuheu...). MPKMB teopebegete deh, top banget...

Ah kayaknya ga muat klo semua tentang MPKMB ditulis disini.
Peringatan dari saya, kamu akan jatuh cinta pada kampus ini jika kamu tau lebih banyak tentangnya. Mungkin kamu rada "terpaksa" masuk kampus ini, tapi saya yakin suatu saat akan jatuh cinta. Seperti kata dewa 19 di lagu risalah hati

"sudikah dirimu untuk kenali aku dulu, sebelum kau ludahi aku, sebelum kau robek hatiku....
aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku mesti kau tak cinta kepadaku...
beri sedikit waktu..."

Uhuuy....

Comments

  1. jadi ga bener dong kalo MPKMBnya nyiksa lahir batin ? hehehe
    apa mmungkin bener ? Hemmm

    ReplyDelete
  2. Wah g sabar buat mengenal IPB lbh Dalam...

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum, teh..
    kenapa komdis ga boleh senyum, teh? emang trade mark-nya gitu ya?

    ReplyDelete
  4. wa'alaykumusalam dila...
    uuummm.... standar operasional prosedur bibir komdis emang begitu kyknya hehe... mungkin salah satu penciptaan kesan tegas adalah dengan cara "ga boleh senyum sama sekali"
    santai dek, mereka baik kok, malaikat tp pake kostum evil :P

    ReplyDelete
  5. makasih tulisannya kak :) jd ada bayangan kalo diterima, amin..

    ReplyDelete
  6. makasih tulisannya kak :) jd ada bayangan kalo diterima, amin..

    ReplyDelete
  7. Oh oh...next year angkatan 50 yak (golden) :)

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya mba..
    Doakan MPKMB 50 sukses yaa.. :D

    (Saya pesertanya mba.. ^_^) Hehe..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian