Cuma di Bulan Ramadhan Part 2

Setelah berserius-serius ria di postingan sebelumnya. Saatnya kita (kita? Lo aja kali des..) ngegeje lagi. Horeee... plakplakplak.. (tabok). Ada banyak hal yang cuma ada di bulan Ramadhan dan ga ada di bulan lainnya. Ada banyak hal yang bikin Ramadhan di Indonesia jadi tambah seru dan tambah berkesan. Markicek (mari kita cek -___-")

1. Salah satu indikator datangnya bulan Ramadhan adalah banyak iklan SIRUP
Bayangkan di hari yang panas terik, kita sedang lapar dan kehausan karena puasa, menonton tivi yang isinya iklan siruuup semua. Ngiler deh kita. Iklannya macem-macem pula. Ada yang gambar sirup ditumpahin ke buah, ada yang gambar sirup dituang di atas es buah... Sluuuurppp.... Bahkan ada iklan sirup yang pake episode bersambung-bersambungan segala. Seorang temen bercanda lewat "kicauannya" di twitter, @rinaldyusuf, katanya
Udah liat akhir iklan Marjan? Itu kakek sama cucu akhirnya amnesia dan lanjut ke season 2
2. Cuma di bulan Ramadhan panti asuhan kebanjiran "orderan", undangan, bingkisan dan sedekahan.
Mungkin karena efek bulan Ramadhan yang penuh berkah jadi semua orang berlomba-lomba melakukan kebaikan, bersedekah dan menyantuni anak yatim. So, apa mau dikata panti asuhan di bulan Ramadhan kebanjiran orderan. Mungkin kita akan mengalami kesulitan untuk santunan karena semua panti kosong soalnya sudah full booked selama ramadhan :p

3. Cuma di ramadhan resto, cafe, rumah makan, warteg laku keras buat buka bareng
Ramadhan selain bulan ibadah kadang dijadikan juga bulan reunian. Mendekati lebaran sekolah, kampus, kantor semua libur, sehingga banyak orang yang memanfaatkan waktu libur untuk bertemu dan berkumpul dengan teman-teman yang lama tak tampak (halah..). Dan biasanya acara kumpul-kumpul ini dilakukan di resto, cafe dan tempat-tempat makan lainnya atau minimal dilakukan dengan memesan makanan ke tempat-tempat tersebut. Sehingga bulan ini rumah-rumah makan mengalami orderan yang melimpah.

4. Cuma di bulan ramadhan semua channel tv indonesia ada ceramah singkat sebelum adzan maghrib
Biasanya ada stasiun tivi tertentu yang ga nyiarin adzan maghrib, tapi di bulan ramadhan semua stasiun tivi di Indonesia muter ceramah singkat dulu sebelum adzan maghrib. Dan rata-rata penduduk Indonesia udah siap di meja makan saat ceramah ini diputer. So, jangan heran pas nonton ceramah banyak orang yang ngedengerin sambil ngiler (hahaha... lebay).

5. Karena pas puasa kita disunnahkan untuk sahur, maka jam 3 pagi biasanya kita udah bangun buat persiapan sahur. Dan cuma di bulan ramadhan selama sebulan orang-orang udah rame nonton tv jam 3 pagi.
Stasiun televisi di Indonesia emang ga ada tandingannya deh buat bikin hiburan buat menemani sahur. Tivi jam 3 pagi isinya ngelawaaaaaaaaaak semua, atau yang beda-beda tipis ada sinetron ramadhan. Ga tau ya tapi kok jadi ngerasa negara kita kayaknya cuma butuh hiburan doang... -_____-"

6. Entah kenapa... Tapi rasanya jumlah pengemis dan orang miskin di bulan Ramadhan jadi bertambah banyak
Mungkin karena ini bulan kedermawanan ketika beribadah nilainya berlipat ganda, maka orang-orang ramai berzakat, bersedekah. Dan anehnya ada aja orang-orang juga ramai-ramai pengen dizakati, pengen disedekahi. Jadi banyak deh pengemisnya...

7. Cuma di bulan Ramadhan ada kegiatan yang namanya ngabuburit
Ngabuburit sering diartikan sebagai kegiatan menunggu buka puasa (sumber) Biasanya anak-anak muda kegiatannya nongkrong sambil menunggu buka puasa.

8. Cuma di bulan Ramadhan khususnya di Indonesia ada tradisi yang namanya mudik
Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi yang mendarah daging di Indonesia. Kurang lengkap rasanya jika tidak lebaran di kampung halaman. Maka tradisi mudik sudah tentu menjadi tradisi yang dilakukan di bulan Ramadhan. Iklan obat biar ga mabok di perjalanan, iklan mobil atau motor, berita arus mudik dan arus balik melimpah di televisi.

9.  Cuma di bulan Ramadhan ada tradisi beli baju baru (buat lebaran)
Ada kali ya orang-orang yang mikir lebaran itu harus pake baju baru jadi ada aja orang yang cuma beli baju baru pas mau lebaran. Tradisi mudik, baju baru sama bikin makanan enak buat lebaran sebenernya jadi potensi meningkatkan jumlah kejahatan di Indonesia. Lihat sendiri kan banyak rampok, copet di bulan ramadhan. Tragis...


10. Walau ga cuma di bulan Ramadhan sih, tapi di bulan Ramadhan makin banyak orang yang ngeledakin petasan

11. Ada beberapa makanan khas yang cuma ada di bulan Ramadhan
Kurma sudah tentu makanan yang di Indonesia cuma ada di bulan ramadhan. Ada lagi yang lain kah? Berdasarkan hasil pengamatan saya (eeeiiitdah..) timun suri termasuk buah yang cuma dijual banyak pas bulan ramadhan. Begitu juga dengan kolangkaling, kolangkaling yang biasanya memang banyak dijual dengan es buah, ketika ramadhan jadi bisa dengan mudah ditemui di pasar-pasar. Kolak juga merupakan makanan khas berbuka.

12. Cuma di bulan Ramadhan artis-artis yang biasa nyanyi cinta-cintaan jadi nyanyiin lagu religi
Sebut saja Ungu, biru, abu-abu, Vidi Aldiano, Gigi, gusi, lidah, Afgan, Tompi, yang kalo Ramadhan datang mereka nyanyiin lagu-lagu yang temanya religi. Bahkan nih Indah Dewi Pertiwi yang biasanya pake baju adeknya, pas ramadhan dia bikin video klip yang pake bajunya sendiri (abaikan).

13. Cuma di bulan Ramadhan penjualan baju koko, jilbab, peci, al-quran, tasbih dll jadi meningkat

Masih banyak lagi info unik seputar ramadhan, rasanya kalo saya tulis disini bisa gempor jari-jari tangan. Yowes kita sudahi dulu... Smangat Ramadhan!!!


-------------
Artikel ini ditulis dalam rangka mengikuti kompetisi blog islami "i-fun 1432 H"

Comments

  1. niatnya sih inget2 postingan blog elu. tapi malah baca yg ini :)) =))

    ReplyDelete
  2. gw kan minta koreksi cuuuuuss... kenapa lo malah komen -_____-"

    ReplyDelete
  3. semoga berhasil nak dengan lombanya =D isi postingannya dah lumayan bener dari sebelum2nya *nyengir licik

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian