Puding Mangga

Musim kemarau, selain panas teriknya yang semena-mena menghabiskan keringat kita, ternyata musim yang satu ini membawa banyak hikmah. Salah satunya petani mangga panen buah. Yap, buah mangga adalah buah yang tumbuh di cuaca panas seperti pada musim kemarau ini.
sumber gambar
Karena buah mangga bertebaran dimana-mana dan dengan harga yang termasuk murah (Rp5.000,- Rp9.000,-) di kawasan kampus IPB. Maka saya memberanikan diri mencoba membuat puding mangga. Setelah sang puding jadi, maka saya nekat membawa puding-puding penuh doa ini saat rapat. Adhil, Kiki, Hasan dan Ahmad Dj adalah korban pertamanya. Untuk menambah keyakinan tentang rasa puding ini saya menambah korban satu lagi, harus seorang yang jago masak, maka saya pilih Septina (ngahahahaha...).

Dan komennya sama.. "ENAK!" Alhamdulillaaaaah.... (sujud syukur). Baru kali ini saya bikin makanan ga aneh, baru kali ini saya bikin makanan ga dikata-katain, baru kali ini ya Alloh... (lebay banget, puding doang hahaha...).

Baiklah kita coba bagi resepnya disini, semoga bisa dicoba di dapur masing-masing (dapur tetangga juga boleh kalo diizinin :D)

Bahan :
  • 2 biji buah mangga ukuran sedang (saya ga tau deh berapa gram takarannya, yang jelas dua biji mangga yang sedang, jangan kekecilan jangan kegedean)
  • 500 gr susu putih cair (saya kemaren pake 2 kotak susu ultra yg 250 gr --> yaiyalaaaaah hehe...)
  • 1 bungkus agar-agar (kemaren saya pake merk swallow <-- bukan sendal)
  • 125 gr gula pasir (suka-suka lah ya, kalo suka manis ya banyakin, klo ga suka manis pake garam deh coba hehe...becanda)
  • 2 butir telur ayam, ambil putih telurnya
Cara membuat :
  • Kalo saya sih kemaren mangganya di ambil dagingnya, terus dihancurin sampeeee hancur-sehancur-hancurnya. Sebagai mahasiswi rantau yang baik maka wajar jika saya ga punya blender. Dan dengan penuh semangat saya hancurkan mangganya dengan cara "diuwek-uwek" dengan sendok. Pegel-pegel deh tu tangan.
  • Setelah itu saya melakukan pengocokan (halah) terhadap putih telur. Kocok hingga kaku. Dan sekali lagi, sebagai mahasiswi rantau yang baik maka wajar jika saya ga punya mixer. Dan dengan sisa-sisa tenaga saya kocok telurnya dengan sendok. Sampai rasanya pergelangan tangan ini bisa dipisah sama bahu... -____-"
  • Barulah campurkan agar-agar, susu dan mangga yang sudah hancur tadi (halus kali ya, masa hancur -___-). Didihkan.
  • Setelah mendidih, campurkan adonan mangga dengan putih telur kaku tadi. Aduk hingga rata, rata serata-ratanya..
  • Tuang ke dalam cetakan
  • Tunggu hingga dingin
  • Makan 
  • Kenyang :p
Alhamdulillah yaaaah... 

Comments

  1. ono opo dengan blog anda?
    meninggalkan aksen gelap dan menuju holly life (baca : putih)
    ini ngomongin blog theme.. :)

    ReplyDelete
  2. cuma mau ngomong, theme blognya keren... gw kasih 10 jempol...

    *sempet bikin gw pengen hijrah ke blogspot..

    ReplyDelete
  3. ini blognya padahal ga diapa2in, template gratisan dari blogspot...
    Ya Alloh.. tega banget deh orang2 ga komenin pudingnya T.T
    hahaha...*ga ikhlas gitu

    ReplyDelete
  4. blognya keren..updatenya ditunggu
    bali

    ReplyDelete
  5. iya iya... blognya keren... pudingnya cuekin aja.. :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian