Kue Srikaya

Dulu waktu SMA saya aktif di Rohis, karena saya cerewet saya diamanahi menjadi staf humas Rohis. Humas rohis diketuai oleh Dodo, seorang pria kebangsaan Nigeria (ahahha... becanda Do, jangan pundung). Seingat saya Rohis di SMA Negeri 3 Palembang dulu aktif sekali. Semua divisi punya kegiatan, semua divisi menonjol dan rata-rata anggotanya prestatif. Jadi kalo ada yang bilang Rohis itu sarang teroris, ah itu mah gosiiiiip...

Divisi yang kegiatannya aktif sekali karena hampir tiap hari ada kegiatan adalah divisi Dana dan Usaha (danus). Setiap hari mereka berjualan. Tidak hanya anak divisi danus sih, dari divisi lain juga banyak yang bantu. Dagangannya makanan ada donat dan juga kue srikaya, kue khas Palembang. Yang jualan kue srikaya ini namanya Ayu. Sebenarnya kegiatan jualannya Ayu ga melulu buat rohis, ada kalanya buat pribadinya. Kue srikaya yang dibawa Ayu ini buatan ibunya Ayu sendiri lho. Kuenya enak. Anak SMA Negeri 3 lulusan 2006 kemungkinan besar tau kue ini dan tau betapa enaknya kue srikayanya Ayu.

Nah setahun yang lalu, Agustus 2011, Ayu berbaik hati berbagi resep kue srikaya ala mamanya di facebook. Dan dengan mengikuti petunjuk Ayu, jadilah kue srikaya ala Ny. Desni Wilopo.


Berikut resepnya


Bahan:
Ketan ½ kg
Telor 8 butir
Gula ¼ kg
Santan kental 500 cc
Santan encer 350 cc
Daun pandan sktr 5 lembar
Pasta pandan 1 sdm

Cara buat:
  1. Ketan dimasak dengan santan encer kasih garam 1/2 sdt. (masak ketan tau kan? Haha.. ribet2, masak di magic com jg boleh). Setelah masak langsung cetak ketan dalam loyang, better kalo loyang nya yg agak ceper dan lebar. Dicetaknya mesti padet, ditekan2 sampe bener2 padet, biar nanti hasilnya bagus. kalo mau yang cetakan cup2 kecil juga boleh, sesuai selera :)
  2. Parut daun pandan (diblender juga bisa) trus campurkan ke dalam santan kental lalu saring untuk dapet aroma dan warna hijau nya.
  3. Untuk adonan srikaya nya: campurkan semua telor (kuning+putihnya), gula, santan (yang udah dicampur daun pandan parut) dan pasta pandan, aduk rata hingga gula hancur (pake sendok aja, ga perlu mixer). Saring adonan (pake saringan kelapa boleh) supaya adonan halus.
  4. Panaskan air dalam kukusan (untuk ngukus si srikaya+ketan nanti, jadi tar pas masukin nya kukusan nya udah panas)
  5. Tuang adonan srikaya yang udah disaring tadi ke dalam loyang yang udah berisi ketan yang dicetak (jadi kan ada 2 tingkat –ketan dan adonan srikaya)
  6. Kukus selama 45 menit
  7. Done :)

Comments

  1. Bismillaah
    Sy nyobain bikin kue srikaya sesuai resep ky mba desni ini, tp kok srikayanya kelembekan yah? Apa yg salah y mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. saya kurang tau juga, resep ini dari ibunya ayu yang saya ceritakan di atas. mungkin kurang telur atau kebanyakan santan. mungkin ya... :)

      Delete
  2. Udah coba resepnya....passss enakkkk bangetttt

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular Posts