Brownies Kukus Tanpa Kukusan

Beberapa hari yang lalu suami ditanyai oleh tamu kami dengan pertanyaan yang sama
"setiap hari masak sendiri atau belanja?"
Suami : Masak sendiri
Teman : Setiap hari?
S : Iya..
T :  Yang masa elu, Yo?
S : Desni lah...

Itu yang nanya sebenernya pengen ta' jitak. Udah mana yang nanya temenku lagi bukan temennya suami, ga belain temennya banget sih  -__-" hehe

Awalnya saya agak kesal, tapi setelah saya pikir-pikir, wajar banyak yang mengira saya ga bisa masak. Wanita cantik, gaul dan dari keluarga yang cukup berada biasanya diidentikan dengan sosok wanita manja yang tidak bisa memasak. Jadi Des, kamu merasa cantik gaul dan sebagainya itu??? Ya enggaaaa hahaha...

Yaudah, dari pada banyak omong saya bagi resep sedikit ya, resep yang gampang banget. Brownies kukus. Brownies ini kan sejarahnya adalah kue gagal, jadi dengan resep mudah ini,  kalo temen-temen mau nyobain insyaAllah kuenya ga akan gagal. Ya malu lah ya, masa gagal bikin kue gagal hehe..

cakep ga kuenya? *kedip2*

Bahan :
1. Dua butir telur
2. Enam sendok makan gula pasir
3. Enam sendok makan tepung terigu protein sedang
4. Dua sendok makan coklat bubuk, saya pakai merek van houten (bukan vokalis band, ini merek coklat!)
5. Setengah sendok teh vanila bubuk
6. Satu sendok teh baking powder
7. Setengah sendok makan SP (pengembang kue)

SP tuh begini (ada label halalnyaaah..)

8. 100 gram margarin (1/2 sachet) + sedikit margarin untuk dioleskan ke loyang
9. Coklat batangan 100 gram (saya pake merek colata), potong kecil-kecil
10. Keju parut untuk toping

Cara Memasak :
  1. Masukkan telur dan gula. Kocok sampai mengembang. Ga punya mixer? Tenang, saya juga ga punya hehe.. Saya pake kocokan telur atau ballon whisk. Nah, katanya bagusan pake ballon whisk nih buat bikin brownies soalnya kalo pake mixer suka terlalu ngembang gitu..
  2. Masukkan tepung terigu, baking powder, vanila bubuk, SP ke dalam adonan. Aduk hingga rata.
  3. Lelehkan coklat. Caranya panaskan margarin di api kecil, setelah cair semua matikan apinya, kemudian masukkan potongan coklat batang. Aduk sampai coklat mencair. Jangan coba-coba melelehkan coklat langsung di atas wajan dengan api menyala, bukannya mencair yang ada malah gosong.
  4. Masukkan lelehan coklat ke dalam adonan, aduk rata.
  5. Masukkan adonan ke loyang yang telah diolesi margarin.
  6. Kukus sekitar 30 menit
  7. Angkat
  8. Hiasi dengan keju parut
Eh iya kok bisa ngukus katanya ga punya kukusan?
Iya, saya ngukusnya pake rice cooker dong. Kan rice cooker juga bisa dijadikan kukusan. Jadi saya masak airnya dulu di dalam rice cooker saat membuat adonan kue. Saat adonan jadi, air sudah mendidih, tinggal masukkan loyang ke dalam rice cooker. Loyang saya pas banget ukurannya sama rice cooker.
Loyang saya yang ngepas banget ukurannya sama rice cooker
Satu lagi, resep ini terinspirasi dari mba Octa, resep asli mba Octa bisa dilihat disini (klik)
Tanggapan suami?
Ga banyak omong, doi langsung ngabisin setengah loyang sekali makan. Sekian hehe..

Comments

  1. ide yang ciamik ^_^.. nyobain ah.. kebetulan kk dan adik suka banget apalagi abi jangan ditanya de..salam kenal.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. monggo-monggo.. semangat nyobainnya! :D

      Delete
  3. nyari2 loyang...ga ada yg pas ama riskukernya....huuuaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya beli loyangnya di giant buat bikin pizza, cuma 13ribuan kalo ga salah, mak.. hehe

      Delete
  4. Wah seru ya Mbak, aku juga belum punya oven di rumah, blm punya kukusan juga hehehe
    kalau mixer kebetulan dikirimin ibu dari Surabaya kmrn
    wah bisa dieksekusi nih kapan2
    makasih resepnya :)

    ReplyDelete
  5. pengalaman pertama buat kue, bingung sama kata SP, hihihi,, apaan itu,, eh ternyata pengembang kue..
    maksih bund, bisa nmabah referensi :-)

    ReplyDelete
  6. mak, kalo ga punya pengembang kue gimana? di sini (jepang) nyarinya susyah, ga nemu yg halal, huhu. bisa di-skip enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang bikin brownies pake SP, ada juga yang engga... bisa ditiadakan kok mba, mungkin telornya dikocok lebih ngembang dari yang pake SP :)

      Delete
  7. ide bagus,,,jadi ingin coba bikin..thanks ya mak..kereen dapat ilmu baru nih :)

    ReplyDelete
  8. emaaaaak desni...ntuh cokelat nya kn ad yg van houten trus ad yg batangan,harus pake cokelat yg batangan ya?trus kenapa ngelumerin keduanya gak bersamaan aj maak??
    mw nyobain nih dirumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iss noni dah... van houtennya kan coklat bubuk -___-"
      boleh ga pake coklat batangan tapi takutnya kurang nampol rasa coklatnya gitcu..

      Delete
    2. ohhh gt...makluum jarang buat kuee hehehe

      Delete
    3. ohhh gt...makluum jarang buat kuee hehehe

      Delete
  9. haduuuhh,, bikin laper itu bronisnya...
    jadi pengen nyoba bikin :)

    blognya sudah saya follow mbak :)

    ReplyDelete
  10. klu liat bentuk loyangnya pasti rice cookernya ga bisa nutup rapat ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas jacky. asal naro kuping loyangnya jangan di bagian penutup rice cooker :D

      Delete
  11. Saya seumur2 ga pernah berani bikin kue,tkt ga bs dimakan. paling banter bikin pisang goreng. Tp baca komen2 disini bkin semangat n penasaran. Akan saya coba secepatnya. Mohon doanya (dah kaya maju perang aja) hehe. Terima ksh resepnya. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba ika. ini juga kue pertama saya. InsyaAllah berhasil :D

      Delete
  12. bun maaf ya mau tanya hehe maklum baru mau coba2 belajar baking,,ini ga pake air ya adonannya?apa aq salah baca resep apa gimna hehe thanks ya mau coba buat ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun, ga salah baca kok, memang kalo bikin brownies ga pake air :)

      Delete
  13. loyan na ga ada yang muat tu ma rice cooker -_-"

    ReplyDelete
  14. mba kalo pake loyang cup cake bisa ga? Aku ga ada loyang segitu trus juga pake rice cookernya yg kecil krn aku tinggal di kosan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah bisa mba.. selamat mencoba ya..

      Delete
  15. hai mbak desni, salam kenal, ijin eksekusi resepnya yah :)

    ReplyDelete
  16. Kalau ga pake loyang, langsung masuk ke panci rice cooker bisa ga kira-kira Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pancinya buat nampung air mba, mekanismenya persis kukusan, jadi panci rice cooker buat nampung air, lalu di atasnya ditaro wadah lain untuk adonan browniesnya, nanti browniesnya mateng dari uap air di panci :)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian