Enam Bulan




Tidak terasa saya dan suami resmi menjadi orang tua selama enam bulan. Enam bulan yang sangat cepat rasanya. Tiba-tiba Sachie-ku yang merah kini sudah bisa merangkak. Senang rasanya melihat Sachie tumbuh cepat. Dia sudah bisa terngkurep tiga bulan tiga minggu dan sudah bisa guling-guling bolak balik di usia empat bulan dua minggu. Sachie juga sudah mulai bisa onggong-onggong saat masih berusia lima bulan tiga minggu dan duduk plus merangkak di usia enam bulan tiga minggu. Bagi saya (yang baru pertama punya anak) ini semua menakjubkan.

Sachie 6 Bulan


Enam bulan terlewati artinya Sachie sudah lulus ASI Eksklusif. Alhamdulillah…
Bagi Sachie, ayahnya dan saya enam bulan ini Alhamdulillah tidak sulit walau memang tidak semudah membalik telapak tangan. Semuanya berjalan sesuai rencana kami. Masalah yang dihadapi hanya sesekali perasaan lelah karena mesti bangun di malam hari untuk menyusui, ditambah drama rasa sakit dan nyeri luka jahitan pasca melahirkan dan darah nifas yang membuat lemas. Alhamdulillah semua bisa dilewati dengan mudah sejak saya sudah bisa menyusui sambil berbaring. Sebulan pertama saya menyusui sambil duduk yang artinya saat malam Sachie ingin menyusu, saya harus bangun, duduk, menggendong Sachie sambil menahan kantuk dan nyeri saat menyusui.

Alhamdulillah Sachie tidak mengalami bingung puting. Karena memang putingnya “keluar”. Masalah puting lecet hanya sekali saya hadapi yaitu seminggu pertama menyusui. Hal ini wajar mengingat puting susu mengalami “pemelaran” (apa deh). Puting saya sempat berdarah di minggu pertama tapi setelah itu Alhamdulillah semua selalu terasa menyenangkan. Saya selalu bahagia, sekali lagi selalu bahagia, saat menyusui Sachie. Senang rasanya bisa memeluknya, menatap matanya, membelai rambutnya (yang baru seuprit), dan merasakan ia menghisap sesuatu dari tubuh saya. Semuanya menyenangkan. Agar puting tidak lecet coba olesi ASI sebelum dan sesudah menyusui, perbaiki posisi pelekatan atau posisi bayi saat menyusu.

Alhamdulillah tak henti-hentinya syukur..
Enam bulan terlewati artinya saatnya mulai memberi Sachie MPASI (makanan pendamping ASI). Sachie diberi makan saat berusia 180 hari sesuai perhitungan yang dianjurkan, yaitu tanggal 4 Juni 2013. Sebenarnya pemberian makan Sachie di usia 180 hari ini kecelakaan hehe.. Awalnya saya dan ayahnya berencana memberi Sachie makan saat usianya pas enam bulan yaitu tanggal 6 Juni 2013. Tapi dua hari sebelumnya ternyata sang nenek (ibu saya) memberi makan Sachie duluan. Menurut ibu, Sachie sepertinya sudah lapar jadi sebaiknya segera diberi makan. Awalnya saya sempat sedih dan kecewa tapi ya sudah, untungnya cuma kurang dua hari.

Awalnya saya berencana Sachie akan mengikuti pola MPASI food combining yakni penggunaan tahapan MPASI. Untuk usia 6 bulan ini Sachie makan puree buah, bulan depannya karbo dan sayur, bulan depannya lagi protein hewani pokoknya bertahap. Tapi karena makanan pertama Sachie adalah air tajin pemberian neneknya, dan berat badan Sachie yang cuma naik 6 ons selama 2 bulan akibat aktivitasnya yang luar biasa, maka pola MPASI FC diganti jadi WHO, makan apa aja yang Sachie mau. Alhamdulillah sampai saat ini Sachie fixed doyan kentang, alpukat, dan bubur saring beras merah. Dan Sachie ogah sama pisang dan pepaya (krikrikrik).

Segini aja kabar Sachie dari saya. Sampai jumpa di postingan berikutnya :D 
Salam emak-emak bahagia *kiss kiss*

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian