Bapak Ridwan Kamil

Yang ga kenal Ridwan Kamil mana suaranyaaaaaaaaaaaa???

Ini lho orangnya (diambil dengan semena-mena dari twitter beliau :p)

Ada?
Dulu waktu pilwalkot Bandung saya juga ga kenal lho sama pak RK ini. Saya cuma tau beliau adalah calon walikota yang diusung oleh PKS dan Gerindra. Diantara semua calon, pak RK ini yang paling muda sepertinya. Maklumlah saya yang bukan warga bandung jadi ga begitu memperhatikan siapa saja calon-calon walikotanya. Saya cuma pingin tau, PKS yang partainya menang waktu pilgub Jabar mencalonkan siapa dan bagaimana nasibnya. Mengingat saat itu PKS lagi dilanda isu-isu negatif.

Saya kaget, ga kaget-kaget amat sih, waktu quick count ternyata Ridwan Kamil menang hampir setengah suara (diatas 40%). Padahal ada delapan calon. Luar biasa. Apa yang membuat pak RK ini menang? Saya jadi bertanya-tanya.

Beberapa waktu kemudian, beberapa teman saya yang notabenenya warga Bandung meretweet tweet Ridwan Kamil. Setelah itu ada pula tweet yang mengelu-elukan sang walkot terpilih. Saya jadi penasaran. Akhirnya saya kepo-in akun twitter (at)ridwankamil tersebut. Isinya menarik, akhirnya saya follow.

Setelah follow akun twitternya saya jadi terpesona sama cara kerja beliau. Akhirnya saya cari-cari data tentang beliau. Dan setelah baca semua prestasinya, saya resmi ngefans sama bapak Ridwan Kamil ini.

Kenapa ngefans?
Prestasinya banyak. Beliau pernah mengharumkan nama Bandung lewat karyanya desain masjid Al Irsyad. Konon katanya masjid ini merupakan salah satu dari 25 masjid terindah di dunia (googling aja hehe). Masih banyak lagi prestasinya dalam desain-mendesain bangunan.

masjid al irsyad (ngambil dari web kota baru parahyangan)

Aktif bekerja untuk bangsa khususnya Bandung sejak dulu, bukan kerja pencitraan yang setelah menjadi pejabat baru dikerjakan.
- jauh sebelum jadi walkot beliau ini aktif di komunitas Indonesia Berkebun dan merupakan salah satu penggagasnya. Beliau pula yang menjadikan kampung Blok Tempe menjadi kampung mandiri yang membebaskan diri mereka sendiri dari banjir, mengelolah sampah, air dan asuransi kesehatan mereka sendiri. Maka kalau sekarang beliau sibuk dengan pemanfaatan lahan kosong dan dijadikan lahan produktif itu wajar. Mengingat kerja beliau sejak dulu.
sepeda yang setia menemani kang Emil, sapaan Ridwan Kamil (diambil dari sini)

- beliau pergi ke kantor walikota dengan bersepeda lho. Pencitraan? tentu tidak, dari dulu beliau sudah aktif dalam komunitas bike to work

Sekarang beliau sedang giat-giatnya mengatasi macet dan banjir di Bandung. 1000 lubang biopori sedang diusahakan. Jalanan berlubang sedang ditambal. Sungai dan gorong-gorong sedang dibersihkan. PKL diberikan solusi jangka panjang. Saya kadang menemukan beliau sedang wara-wiri di twitter jam 12 malam. Duh Allah, jikalau beliau ikhlas berikan balasan yang setimpal.

Bandung memang masih banjir, masih macet, tapi kita tau semoga lima tahun lagi Bandung sudah berubah jauh lebih baik. Pak, jika anda baca blog ini, saya sedang berdoa semoga bapak tetap baik, tetap profesional dan suatu saat bapak mau jadi presiden RI hehe... Saya juga berdoa semoga banyak pemimpin daerah lainnya yang seperti bapak. Termasuk di daerah saya Palembang, Sumatera Selatan.


btw ini bukan postingan berbayar, cuma apresiasi

Comments

  1. udah lama ga komen di sini :)

    Walikota gue tuh ntar, insyaallah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada doa lo (yang baik-baik) yang ga gue aminin :D

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular Posts