Mainan Buat Sachie (3) : Sensory Bin, Main Beras

Sensory bin disini maksudnya sebuah wadah (bin) yang diisi dengan berbagai benda. Kegiatan main dengan sensory bin ini disebut sensory play. Ada juga yang menyebut dengan messy play (main kotor-kotoran). Saya baca-baca dari beberapa blog parenting, bahwa sensory play ini banyak manfaatnya. Beberapa manfaat misalnya selain melatih motorik halus dan kasar anak, juga bisa membantu membangun hubungan antar saraf yang mendukung berpikir, belajar, dan kreativitas.

Sensory play ini banyak jenisnya misalnya main beras yang diwarnai seperti yang saya berikan kepada Sachie, main pasir, main tepung, main biji-binian main air, main es dan masih banyak lagi.

Saya baru tau ternyata batita seumuran Sachie tidak mudah melakukan kegiatan menggenggam benda-benda kecil seperti beras. Makanya waktu dikasih beras, Sachie sampe satu jam diam saja meremas-remas beras. Asik sendiri dia. Padahal waktu pertama kali saya kasih beras yang belum diwarnai.

Asik sendiri
Untuk anak usia Sachie, waktu itu 15 bulan, sensory play ini harus sangat diawasi, karena setelah satu jam Sachie mulai mencoba memasukkan sang beras putih ke dalam mulutnya.

Setelah sang beras diwarnai dua minggu kemudian,  karena emaknya banyak alasan Sachie mainnya "makin brutal". Selain diremas-remas, sekarang berasnya dilempar-lempar keluar wadah. Ditabur ke kakinya. Digosok-gosok di lantai tapi alhamdulillah tidak sama sekali dia menunjukkan ketertarikan buat memakannya hohoho...

Gak ada foto Sachie main beras, emaknya sibuk :p


Permainan ini bagi saya bermanfaat sekali untuk bikin Sachie sibuk. Selama dia main beras ini, saya bisa menyelesaikan setrikaan sambil terus mengawasinya. Sesekali Sachie bosan dan malah ikut membantu saya mengambilkan pakaian untuk disetrika. Tapi dia akan segera kembali ke mainannya jika diingatkan soal berasnya.

Oh iya cara bikin beras warna-warni ini gampang. Tinggal beras dicuci, tiriskan, masukkan dalam plastik, beri pasta pewarna makanan, taro di atas kertas, angin-anginkan semalaman. Jadi deh.
ayo buibu dicoba main sama anaknya :D

Comments

  1. ini berasnya bisa dimakan ga kalo udah kelar dimainin sama si anak? hihih..
    wah keren banget deh mba idenya..bikin mainan sendiri untuk anak..Insya Alloh semakin bersemangat jadi Ibu Rumah Tangga.. Doakan sy ya mb agar Allah berkenan mengaruniai anak.. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya kayaknya aman-aman aja ya mba, dicuci dulu mungkin. tapi saya sendiri berasnya gak bisa diapa-apain lagi, lha wong kakinya anak masuk ke sana, trus berasnya pun berhamburan kemana-mana hehe

      Delete
    2. aamiin.. oh iya semangat ya mbaaaa.. Allah bersama hambanya yang sabar :)

      Delete
  2. Makasih Mbak sharingnya, selama ini saya kurang sreg memakai beras buat mainan karena merupakan bahan makanan Tapi ternyata manfaatnya banyak ya, nanti saya coba bersama Aiman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama saya juga gak begitu sreg makanya cuma sesekali aja hehe

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian