Resep Dendeng Balado Keluarga Wilopo

Saya suka sekali dendeng balado. Pokoknya kalo ke rumah makan padang kudu nanyain dendeng dulu. Pas nikah suami jadi ketularan suka. Bingung dia kali ya "kenapa ni orang suka makan daging keras macam dendeng" hahaha...

Setelah doyan dendeng, setiap ke bagian daging-dagingan di supermarket suami pasti nantangin saya buat bikin dendeng. Lama banget proses penolakannya sampe saya akhirnya bilang "YA". Ini kita masih ngomongin dendeng ya, bukan lamaran hahaha!

Ternyata bikin dendeng itu gampang. Gak susah. Gak ribet. Ya pokoknya lebih gampang dari bikin rendang. Tinggal rebus, goreng, sirem bumbu. Inilah resep dendeng balado ala keluarga wilopo.

Bahan rebusan :
1/2 kg daging khas dalam
1 liter air
1 sdm garam
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
2 cm jahe geprek
2 siung bawang putih geprek
1 sdt merica bubuk
1 sdt ketumbar halus
Rebus semua sampai daging 3/4 matang
Dinginkan daging. Iris tipis melawan alur serat daging biar empuk dan gampang digigit. Goreng sampai daging kering.

Bumbu balado :
14 buah cabai merah kriting
3 siung bawang merah
Uleg kasar cabai dan bawang
50 ml santan
7 sdm kaldu rebusan daging tadi
1 sdt garam
2 sdm gula
Tumis cabai dan bawang merah yang sudah diuleg kasar. Masukkan santan, air kaldu dan gula garam. Tumis sampai mendidih. Angkat.
Siram bumbu balado ke atas daging sapi goreng atau bisa juga ongseng daging sapi goreng bersama bumbu balado.

Tipsnya nih, selama merebus daging. Siapkan bawang dan cabai. Diuleg bisa atau kalau mau cepat bisa diblender kasar. Saat daging siap. Bumbu balado pun sudah siap ditumis. Sebenarnya resep aslinya tidak pakaj santan tapi pakai minyak kelapa. Apa boleh buat gak punya minyak kelapa santan pun jadi hehe..
Ohya kaldunya bisa dipake buat bikin sayur nangka ala resto padang. Rasanya lebih nendang (lu kate kungfu pake nendang!) hahaha..

Gampang kan. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian