Posts

Showing posts from April, 2015

Soal Cangkul

Image
Sebagai sarjana lulusan IPB, beberapa orang "awam" melabeli kami dengan orang-orang yang pintar bercocok tanam. Padahal selama kuliah di IPB saya cuma sekali pegang cangkul di jam belajar, yaitu saat turun lapang ke desa, saya membantu seorang responden memindahkan cangkulnya ehehe..
Tidak semua anak IPB belajar bercocok tanam. Coba tanya anak kedokteran hewan nama-nama tumbuhan, mereka pasti sama bingungnya sama anak komunikasi dan pengembangan masyarakat macam saya. Tapi label bisa bercocok tanam ini memacu semangat saya, membuat penasaran saya, menjadikan saya pingin bisa bercocok tanam. Kalo cuma nanem bunga sih gampang. Beberapa bunga sempat sukses saya rawat. Mawar, melati (semuanya indah), asoka, matahari hingga hydrangea. Saya tertantang untuk menanam tanaman konsumsi. Saya mulai dengan menanam cabai, tomat, tomat ceri (kalo kata orang palembang "tomat cung"), daun bawang, dan katuk. Alhamdulillah sudah mulai panen. 
Nah alhamdulillahnya juga ketemu mertu…

Resep Pempek Panggang ala Wilopo

Image
Setelah berhasil bikin cireng, suami request minta bikinin pempek panggang soalnya tekstur cireng dan pempek panggang rada mirip. Iya kan? Iya kan? (maksa hahaha).
Jadi ini resep pempek panggang ala keluarga Wilopo. Pempek panggang kilat, ngebut, dan gak pake ikan heu..
Bahan :
200 gr tepung sagu
50 gr tepung terigu
1 sdm garam
1 sdt merica
200 ml air panas (mesti panas ya)
Isian
Cabe hijau haluskan
Ebi sangrai haluskan
Kecap manis
Cara memasak
Campur bahan kering, aduk rata. Tuanv air panas. Aduk lagi. Bentuk bulat-bulat lalu panggang. Kalo gak punya pemanggang pempek panggang ala ala ini bisa dipanggang di atas teflon dg api kecil. Keciiiiil banget. Panggang hingga permukaannya matang (mengeras) semua. Angkat, belah dua tapi jangan sampai terpisah. Beri isian ebi, cabe, lalu tuang kecap manis. Bisa juga disajikan dengan cuko yang diberi irisan timun. Pas banget gak ada timun jadi beginilah penampakannya.

Bocoran

Image
Dulu pernah cerita pengen usaha. Masih inget gak? (nanya ke siapa lo, Des? Hahaha) Sebenarnya usahanya udah jalan, udah launching di kalangan terbatas, sebatas teman-teman dekat. Dan ini testimoni atas produknya. Semoga cepat launching beneran. Aamiin.
Ps : ini dressnya aku jahit sendiri. Semua produk yg udah laku saat ini aku jahit sendiri, pilih bahan sendiri, payetin sendiri :)