Posts

Showing posts from May, 2015

Mainan buat Syira (1) : batu dan botol

Image
Saya mau berbagi ide bermain untuk anak di bawah 1 tahun. Selain sensory play bareng kakaknya seperti mandi busa lembut, main snake bubble, main beras, main hidrojel, mandi hujan (hehe..) syira saya ajak main yang melatih motoriknya. Salah satunya permainan ini. Memasukkan batu ke dalam botol. Permainan ini bisa juga melibatkan kakaknya. Kami pertama kali bermain ini saat syira berusia 10 bulan.

Jadi awalnya saya minta sachie mencari batu di halaman. Kemudian saya ajak sachie dan syira mencuci batu tadi, setelah itu kami jemur agar kering. Setelah kering baru saya minta syira memasukkan batu ke botol air mineral yang mulut botolnya agak besar. Simple memang tapi bagi syira ini seru banget lho. Setiap dia habis memasukkan satu batu dia akan loncat kegirangan (dalam posisi duduk) sambil bertepuk tangan. Gemasss liatnya hehe..

Mainan buat sachie (borongan)

Image
Tadi di grup whatsapp ada temen yang cerita kalo pas dia googling "mainan anak buatan sendiri" blog ini muncul paling atas. iiih jadi ge-er (apeu..). Jadi ceritanya sekarang saya coba selesaikan tulisan yang berbulan-bulan ada di draft dan tak terselesaikan lantaran males mindahin foto dari kamera ke laptop ehehehe...
Ini ada beberapa mainan buat Sachie mulai saat Sachie berusia 21-23 bulan
1. Memancing ikan kertas di air.
Kok bisa? Bisa dong. Ikannya digambar dikertas dulu. Lalu diwarnai. Libatkan anak saat mewarnai. Lalu laminating. Bisa dengan plastik khusus laminating bisa juga dg plastik pembungkus meja makan. Saya melaminatingnya pakai ilmu waktu jadi panitia kegiatan di kampus dulu, pake setrikaan ehehe.. Jadi caranya tumpuk plastik - gambar - plastik - kain tipis, lalu setrika di atas kain tipis tersebut. tinggal gunting deh. Setelah jadi ikan diberi paper clip.  

Memancingnya gunakan magnet yg telah diikat dg benang yg dihububgkan dg ranting pohon. Bisa lihat di i…

Syira is turning one

Image
Happy Birthday adek Syira Pramudita aka Cia... Jadi pengen cerita sekilas kelahiran Cia. Hari itu jumat 2 Mei 2014. Saya bangun pagi dengan perasaan biasa saja. Sarapan, melayani suami, riweuh sama Sachie, menyiapkan segala keperluan Sachie dan ayahnya lalu kami berdua mengantar suami sampai halaman. Setelah suami berangkat saya langsung bawa sachie ke atas untuk mandi. Setelah sachie mandi saya merasa mulas. Kontraksi. Makin keras hingga saya gak sanggup berdiri. Saya lihat ritmenya. Sepuluh menit sekali. Saya pikir sudah tiba waktunya. Lalu saya telpon suami yang baru setengah jam berada di kantor. Suami sempat bilang mungkin kontraksi palsu lagi. Mengingat seminggu sebelumnya sudah pernah kontraksi palsu dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang. Dengan ritme lebih cepat, lima menit sekali. Suami bilang, sabar saja nanti sore kita cek ke dokter seperti minggu lalu. Tapi saya ngotot minta suami pulang segera karena saya benar-benar mulas dan saya sampai tidak sanggup berdiri. Lalu saya…

Aku Lebih Baik Dari Dia

Ini bukan tulisanku. Ini tulisannya mba Yana yang aku copy dari facebooknya. Bagus menurutku, tulisannya mengingatkan kita yang suka sok tahu atas keputusan Allah. -------------------------------- " Yan.. Lu dengar kabar gak? Si Y lagi bangun rumah baru. Gila! Hari gini, masih juga rejekinya deras kayak air mancur..". Bunyi kabar telpon kawanku, suatu pagi, tentang seseorang.
Si Y.. Perempuan ceriwis, yg beberapa pekan lalu jd buah bibir karena mengusir sebuah keluarga miskin dari tanah miliknya yg memang dibangun secara liar. Tidak salah juga sebenarnya.. Toh itu memang haknya..
Tapi tak pantas rasanya, ada yg kaya-nya banget.. Juga ada yg miskinnya banget.. Berdekatan!
Tiba-tiba ada yg aneh. Banyak suara berisik dikepalaku. Aku merasa marah? Kok bisa? Kok bisa aku marah mendengar ada org lain, yg lebih beruntung daripada aku.
" Yang pengen bangun rumah kan aku..". Suara kecil mendesis dri ulu hati.
Kupegang ulu hatiku.. Sepertinya memang sedang mengeras dan membe…