Kreasi Mainan dari Playdoh

Playdoh atau playdough atau plastisin adalah salah satu permainan sensori untuk anak. Kita bisa membeli playdoh di toko mainan mulai dari ELC sampai toko mainan serba lima ribu atau di toko buku sejenis Gramedia, Books Beyond dan lain-lain.

resep playdoh aman



Playdoh yang kini beredar ada yang aman tapi ada pula yang kandungan bahan kimianya membahayakan bagi anak. Pada masa oral anak atau masa anak suka memasukkan semua benda ke mulutnya, playdoh dengan bahan kimia berbahaya merupakan ancaman bagi kesehatan anak. Jangankan mulut, kulit anak yang notabenenya sensitif terhadap bahan kimia juga bisa terkena dampak bahan kimia berbahaya pada playdoh.


Dulu saya pernah menulis resep membuat edible playdoh di sini. Edible playdoh bukan berarti playdohnya abis diuwek-uwek anak bisa dimakan ya.. Tapi artinya jika masuk ke dalam tubuh anak playdoh ini tidak membahayakan anak karena kandungannya aman. Kenapa gak beli aja sih, kan ada tuh di ELC? Mahal boooooo... hahaha.. dasar emak-emak rajin :p

Kemarin saya bikin playdoh lagi, karena si kakak sekarang lagi heboh-hebohnya pengen ulang tahun di tempat makan alias pengen ngerayain ultahnya di KFC - -'. aya aya wae nya... Awalnya beli satu set playdoh dengan tema birthday cake. Tapi isinya cuma ada tiga warna doh yang beratnya paling banter seons deh hihihi.. Udah mah si kakak mainnya semua doh dicampur jadi satu sampe warnanya berubah jadi coklat, yaweslah bikin baru aja.

Resepnya masih sama kayak dulu cuma kali ini tidak ditambahkan garam. Garam pada adonan edible playdoh berfungsi dua yaitu sebagai pemberi rasa asin sehingga anak tidak akan memakan dohnya dalam jumlah berlebih, kedua sebagai pengawet. Kayak ikan asin aja, kenapa ikan asin rasanya asin, karena diawetkan dengan garam. Pinteeeeeer.... Kenapa doh saya kali ini gak pake garam? Karena sachie sudah melewati masa oralnya, begitupun dengan syira, kedua dan inilah alasan utama yaitu karena lupa! hahahaha.....


Trus selain buat sensory play pengenalan tekstur dan warna, playdoh bisa dibuat apa aja sih?
1. Pengenalan aroma, adonan playdoh dapat ditambahkan aroma, bisa dari aroma esensial oil atau pemberi aroma lainnya. Kita dapat meminta anak membaui dohnya dan meminta anak menyamakan wangi doh dengan 'parfumnya'
mirip cireng yak haha... sumber gambar; https://www.pinterest.com/pin/306455949616258483/


pakai essential oil, sumber gambar ; https://www.pinterest.com/pin/544724517407440654/
2. pengenalan bentuk. kita bisa mengkreasikan doh jadi berbagai bentuk seperti buah, hewan, bangunan dll

anggur, jeruk, cabai, pisang goreng aroma hahaha...

donat, sate, kodok, buaya, dan peteeeee

3. Membuat bangun ruang. siapkan lidi, tusuk gigi, pasta atau sedotan dan minta anak membuat bangun ruang seperti kotak, piramida dll dengan menghubungkan benda tersebut dengan dohnya.

sumber gambar ; https://www.pinterest.com/pin/259590365996908848/

 4. pengenalan angka dan huruf dengan bantuan doh. Buat angka dan huruf yang akan dikenalkan pada anak di kertas, lalu minta anak membuat tiruannya dengan dog seperti pada gambar di bawah ini

sumber gambar :https://www.pinterest.com/pin/27092035235849293/

sumber : https://www.pinterest.com/pin/386957792958611022/

5. Latihan motorik dan konsentrasi anak di bawah dua tahun, dengan membentuk donat-donatan lalu meminta anak memasukkan donat ke dalam lidi

6. Mengembangkan imajinasi anak dengan permainan bertema, misalkan sachie yang sedang kepingin ulang tahun, doh bisa dibentuk seperti kue, balon, hiasan, lilis dll


Masih banyak lagi kegunaan dan kreasi mainan dari playdoh. Semoga tulisan kali ini bermanfaat. Salam semangat buat ibu-ibu di seluruh dunia. :)


Comments

Popular Posts