Repurpose - Baju Jadi Dua Celana Anak

Sebagai pencinta zero waste yang lebih mirip dengan istilah orang hemat tapi gak pelit (:p) saya baru-baru ini mengubah baju kaos saya jaman masih gadis menjadi celana panjang untuk dua orang putri saya.

Celana kakak dari bagian lengan baju bunda hehe..
Ini adalah baju kaos favorit saya, namanya juga baju kaos anak gadis yang gak ngerti soal susu menyusui, baju kaos saya sudah tentu tidak memiliki akses untuk menyusui alias gak ada bukaan depannya. Awalnya baju kaos ini mau saya rombak dengan memasang kancing di depannya atau menambahkan resleting. Tapi karena "kok jadi aneh ya.." akhirnya saya urungkan niat tersebut.

Dan karena udah terlanjur digunting bagian tengahnya maka baju ini akhirnya saya putuskan untuk diubah jadi sesuatu. Lamaaaaaaa banget gak dapet ide buat ngerombak baju ini sampai akhirnya saya ngobrak-ngabrik pinterest dan nemu ide ini, ide buat mengubah baju kaos saya menjadi celana anak.




 
Kok bisa jadi dua celana? Naaaah begini caranya
Cara 1
- ambil celana contoh
- lipat di bagian tengah (belahan celana)
- letakkan di bagian lengan baju yang akan dirombak

- gambar polanya, lebihkan sekitar 2-3 cm dari ukuran celana contoh

- gunting
-
jahit di bagian yang diberi jarum pentul seperti pada gambar
sumber gambar  http://en.paperblog.com/shirt-to-leggings-refashion-304204/
- lalu lipat bagian atasnya untuk dijadikan ban pinggang, sisakan sedikit untuk memasukkan karet, jahit tutup

Eh iya saya ngerjain ini ba'da subuh jadi gak moto-moto buat tutorialnya, jadi foto tutorial yang saya sertakan disini saya dapat dari blog lain yang sudah saya sertakan linknya. :)


Cara 2 :
- ambil lagi celana contoh
- lipat bagian tengah (belahan celana)
- letakkan di bagian badan baju seperti pada gambar

sumber gambar: http://www.make-baby-stuff.com/baby-yoga-pants.html
 - lanjutkan seperti cara 1. Yang membedakannya hanyalah cara 2 kita harus menjahit sisi terbuka di bagian betis celana (?). Selebihnya sama saja.


celana adek dari bagian badan baju bunda

Noted:
Kalau motif kain/bajunya garis-garis perhatikan proses penyambungan bajunya, agar garisnya tetap simetris alias nyambung dan hasilnya bagus. Karena salah satu jahitan kualitas butik adalah garis-garisnya nyambung :)

Sekian tutorial dari saya, semoga ada yang baca dan semoga bermanfaat. Salam zero waste!

Comments

  1. Replies
    1. hihihi... ayo mba nel, diupload hasil jahitnya :D

      Delete
  2. Ide yang menarik... contek ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu upload-an hasil "nyonteknya" ya mom :)

      Delete
  3. Ide yang menarik... contek ah...

    ReplyDelete
  4. Wah bisa jadi ide nih Mak. Makasih ya sharingnya.

    ReplyDelete
  5. Wuuuhhhh keren yaaaaa
    Ini nih enaknya bisa jahit
    Mau bikin apa aja bisa
    (╥_╥) pengan jg bisa jahit

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. yuk mak belajar jahit juga. saya baru belajar juga nih :D

      Delete
  6. Wuuuhhhh keren yaaaaa
    Ini nih enaknya bisa jahit
    Mau bikin apa aja bisa
    (╥_╥) pengan jg bisa jahit

    ReplyDelete
  7. Makin suka deh baca- baca artikel di blog nya,.
    kreatif bangettt. banyak yang bisa di contek nih

    salam

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular Posts