Review Mesin Jahit Singer Tradition 2273

Bismillah....

Berawal dari keisengan saya setahun lalu nyoba-nyoba jahit mukenah buat Kakak Sachie dengan metode jahit tangan, Anang Sachie (ayah saya) jadi bersemangat mau memperbaiki mesin jahit butterfly tua miliknya yang sudah lama dialihfungsikan jadi meja yang menghiasi gudang haha... Sepulangnya manasik haji di masjid Agung Palembang, Anang melihat ada toko Singer pas banget di samping masjid, jadi mampirlah beliau sebentar.

mukenah yang dijahit tangan :D


Setelah nanya-nanya (yang saya sendiri gak tau apa yang ditanyakan), pulanglah Anang dengan membawa serta kardus yang ternyata isinya mesin jahit singer tradition 2273 ini bareng Pak Dani dari Singer Palembang. Pak Dani inilah yang menjelaskan A-Z mesin ini kepada saya. Saya cuma bisa bilang "wow, oooo, ulangi Pak.." dan reaksi excited lainnya hihi..

Oh iya Pak Dani juga mengajak saya ikut kursus jahit kilat gratis di tokonya karena setiap pelanggan yang membeli mesin jahit di tokonya dapat hadiah langsung berupa kursus gratis selama 2 bulan. Sebenarnya beli mesin di toko singer ini lumayan lebih mahal dari beli online (soalnya setau saya toko mesin jahit di Palembang terbatas). Sekedar info di toko harganya 4juta, sedang kalo beli online bisa sampai 2,5juta. Tapi saya gak rasa wajar karena ada kursus gratisnya. Kursus ini membantu sekali buat saya yang benar-benar mulai dari nol belajar jahit. Soalnya kalo saya beli online saya juga bingung belajar njahit dan ngoprasikan mesinnya dimana hehe.. Nanti kapan-kapan saya ceritain soal kursus gratis ini. Semoga gak lupa ya..

Jadi ya intinya kalo ditanya kenapa beli mesin jahit ini? Saya cuma bisa jawab dengan "ini hadiah..." hehe...

Banyak yang bilang kalo mesin jahit Janome lebih bagus dari Singer, saya sendiri belum pernah nyoba Janome jadi gak bisa komentar apa-apa. Saya cuma bisa bilang selama setahun ini, saya puas dengan Singer 2273 ini dan dia sudah membantu saya untuk bikin toko online dan menjual beberapa hasil jahit saya :D

Hasil jahitan saya, rok bolak balik, bisa lihat koleksi lainnya di IG @yutaamii #teteup #iklan hihihi

Langsung saja ya ini dia kenampakan mesin jahitnya..



Berikut keterangannya dari tokopedia
 Merk : SINGER (USA)
Tipe : 2273 Tradition Series
Kelas Mesin : Portable Multi fungsi*

*tidak membutuhkan meja dan kaki untuk dapat dioperasikan

Specs :
22 Fungsi Jahitan + 1 fungsi Lobang Kancing
1 Step/Langkah membuat Lobang Kancing
Auto Needle Threader
Free Arm Sewing
Fungsi pengatur Panjang Jahitan (Stitch Length)
Fungsi Pengatur Lebar Jahitan (Stitch Width)
Listrik 85 Watt
Lampu Bohlam
Sistem Spool/Bobbins Bawah

Whats in the box?
1x Unit Mesin SINGER 2273 Tradition
1x Foot Controller/Pedal
1x Booklet Instruction Manual (Indonesia)
1x DVD Instruction Manual
1x Tool Kit Set provided by SINGER (Sepatu Zipper, Sepatu Lobang Kancing, Sepatu Pasang Kancing, Spool, Jarum, dll.)
1x Kartu Garansi Resmi SINGER

pijakan kaki fungsinya mirip rem sama gas mobil

Tempat benang dan pemutar bonbin

pengatur kerapatan dan lebar jahitan

Widht ini gunanya untuk menjahit zigzag. Saat menjahit lurus posisikan widhtnya di angka 0. Semakin besar widhtnya semakin besar pula zigzag yang dihasilkan jika menggunakan fungsi zigzag.

reverse yang gunanya untuk menjahit maju mundur atau pengunci jahit tepi
plus lampu kuning yang jadi favorit saya

Lenght dan pilihan jenis jahitan beserta satu fungsi lobang kancing.
Leght berfungsi untuk mengatur panjang jahitan. Semakin besar angkanya semakin panjang jahitannya. Lenght yang biasa digunakan penjahit profesional (kualitas butik) adalah 2.5. Semakin besar leght yang digunakan semakin rendah kualitas jahitannya. CMIIW

22 jenis jahitan ini sebenarnya gak terlalu saya pakai. Saya cuma sering pakai jahit lurus sama zigzag. Yang lainnya belum pernah. Buat penjahit pemula yang sedang mempertimbangkan membeli mesin jahit jangan mudah tergiur dengan banyaknya jenis jahitan yang ditawarkan, karena belum tentu bakal terpakai.

bisa dibuka, dalemnya bisa buat menyimpan peralatan seperti pendedel, sepatu jahit dll

nah kalo udah dibuka gini jadi enak buat jahit lingkaran yang sempit seperti lengan baju dan lubang kaki celana

di dalamnya ada tempat meletakkan bonbin

kelengkapan mesin jahit singer 2273

Sebenarnya ada satu yang kurang di foto kelengkapan  yaitu pembuat lubang kancing 1 langkah. Lagi dipinjem adek sepupu. Ada 3 bonbin plastik dari Singer. Yang warna item itu saya sendiri gak tau buat apa hehe... Sebelahnya itu sepatu standar, sebelahnya lagi sepatu untuk memasang resleting biasa, Yang ada biru-birunya itu untuk memasang kancing. Sebelahnya lagi untuk finshing menjahit resleting jepang. lempengan itu adalah obeng. Iya itu obeng hahaha... Yang besi di ujung itu saya gak tau apa hahaha.... Yang warna kuning di bawah itu adalah pendedel dan tutupnya yang juga berfungsi untuk membersihkan mesin.

Nah segini dulu review dari saya, semoga bermanfaat ya..

Comments

  1. duh maakk... Aku ngiler! Pingin banget punya mesin jahir sendiri, kan keren tuh bikin baju desain sendiri heheheh... (padahal mah gabisa jahit samsek! :P)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak seru deh bisa jahit bisa eksperimen aneh-aneh sama kain hehe

      Delete
  2. aku jd inget mesin jahit tua mamaku ;p.. itu aja aku prnh coba make dan hasilnya gagal total hahaha... kyknya mesin jahit skr udh lbh canggih ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak lebih canggih, lebih praktis dan banyak tutorialnya di internet jadi enak kalo mau praktek :D

      Delete
  3. Hallo hehehe saya bole d kasi alamat tokonya nggak? Kepengen neh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belinya di agen singer palembang mba, lokasinya di samping masjid agung palembang. deretan sama tempat bikin plat kendaraan dan undangan

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian