Donat Tanpa Nguleni

Beberapa hari yang lalu saya memberanikan diri membuat roti tawar. Setelah berhasil ngerayu suami buat beliin loyang, besoknya saya langsung eksekusi resep roti tawar. Kenapa pingin bikin roti tawar? Karena sang anak pertama ternyata lagi gandrung banget makanin roti tawar, sehari habis sebungkus. *mata belo*


Percobaan berhasil walau agak overcook alias gosong dikit wehehe...



Alhamdulillah Sachie doyan, baru mateng aja udah gak sabar mau makan. Permasalahan selanjutnya adalah saya trauma nguleni adonan rerotian. Capeeeeeeeeek.. Ada kali setengah jam ngulenin adonan roti tawar kemaren. Kebayang gak, ngulenin setengah jam sambil digelayuti dua bocah hahaha... Tapi saya masih kepengen bikin rerotian lagi. Masih pengen bikin roti isi, pao, pizza, donat yang semuanya kudu diuleni heuheu...

Eh secercah harapan itu datang ternyata ada resep rerotian yang namanya "no knead" alias tanpa diuleni. dan saya nyobain resep donat tanpa diuleni dari mba Diah Didi. Pas awal liat adonannya saya agak ragu. Tapi setelah mateng saya jadi seneeeeng banget, berhasil sodara-sodara. Ternyata bikin donat tanpa nguleni itu nyata!!! *lebay
tadaaaaaa... berhasil berhasil horeee alhamdulillah..

berikut resepnya
bahan 1:
- 50 gr mentega (kalo pake margarin lelehin dulu)
- 50 gr gula
- 2 butir telur
aduk rata dg whisker



bahan 2 (masukkan ke bahan 1):
- 150 ml susu cair
- 1/2 bungkus ragi roti fermipan (5,5 gr)
aduk lagi


bahan 3:
- 300 gr terigu protein sedang
- 1/2 sdm garam
masukkan terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan. aduk rata.

tutup rapat dengan kain lembab atau plastik selama 30 menit. sampai adonan mengembang menjadi 2x lipat.
ciri adonan mengembang, ada pori di dalamnya jika ditarik dengan sendok seperti di atas

adonan akan sangat lengket jadi tidak bisa dibentuk dg tangan. siapkan 2 buah sendok untuk mencetaknya menjadi bulat. Saya menggunakan sendok sayur.
siapkan minyak yg cukup untuk menenggelamkan satu buah donat. panaskan. gunakan api kecil. goreng donat. angkat. beri topping.

Selain menggunakan sendok sayur, saya juga mencoba melubangi bagian tengah donat dengan cara menusukkan ujung bawah sendok ke tengah adonan donat yang baru masuk ke dalam minyak panas lalu menggerakkan donat memutar. Tenyata tidak terlalu berhasil tapi cara ini membuat donat saya jadi bulat melebar seperti ini.
kalo donat mba Diah Didi jadinya bulet-bulet kayak bola pingpong
doant saya melebar kayak "donat beneran" hehe

saya menggunakan white chocolate, sprinkle, keju dan coklat bubuk untuk hiasan.

Apakah semua donat saya berhasil dibentuk bulat? Tentu tidak.. ada yang bahkan lebih mirip pempek gandum dari pada donat haha.. Tapi alhadulillahnya walau bentuknya aneh semua ludesdesdes diabisin sama si cantik, Sachie...

kayak pempek gandum

dan komennya Sachie "bunda pinter deh masaknya..." ihihihiiiiwww..... *tumbuh sayap*

Comments

  1. kalo ini cocoknya pake cetakan donat ya mbak...enak nih,nyammm banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba kayak cetakan donat yg dijual mba diah didi itu

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian