Resep Bakso Homemade buat yang Tersayang


Masih episode adek ipar pulang kampung hihihi...


Tiga hari yang lalu adek ipar kepingin banget makan bakso. Dia sampe rela nungguin abang bakso gerobak lewat depan rumah. Jam sudah menunjukkan jam delapan malam, sang abang belum lewat juga. Alhasil dia mengajak saya dan suami jalan ke ruko depan buat memastikan apakah sang abang ada disana. Dan benar saja abangnya beneran ada dan kebetulan baru mau jalan, jadilah kami meminta abangnya mampir ke rumah.



Kami pesan 3 porsi bakso. Buat adek, suami dan saya. Anak-anak tidak dipesankan karena sudah makan. Tapi ternyata tiga porsi bakso itu kurang sodara-sodara. Ternyata anak-anak kepingin dan akhirnya menghabiskan bakso saya sedang saya sebagai ibu impian (pret!) cuma makan satu pentul bakso. Kuahnya pun diseruput sampai habis oleh si bungsu, Syira. Duh...


Besoknya saat kami lagi ke supermarket eh kebetulan sekali ada diskon untuk daging giling, diskon 50%. Usut punya usut sang supermarket sengaja selalu mendiskon daging giling bila malam tiba, demi menjaga kesegaran daging giling produksinya. Keren yak... (norak deh gueeee..)


Tanpa menunggu lama, esok paginya saya coba eksekusi resep bakso yang sudah dicari-cari, dibaca-baca dan diresume semalaman setelah sang daging giling sukses mendarat di freezer kami. Berikut resep bakso a la bu Wilopo #eeaa

bahan bakso
- daging giling 1/4 kg
- air es kira2 5 sendok makan (saya dari 3 ice cube yg mencair)
- tepung tapioka 75-100 gr (saya tadi pakai 50 gr, kurang kayaknya, baksonya jadi kelembutan)
- telur 1 buah (ada resep yang pakai putih telurnya saja, tapi saya pakai kuningnya juga, bingung nyimpen kuningnya doang hehe)
- 1 sdm garam
- 1/4 sdt baking soda/soda kue (jangan banyak-banyak)
- ¹/2 sdm gula
- 1/2 sdm merica
- 2 siung bawang merah iris goreng
- 2 siung bawang putih iris goreng



cara membuat:
campurkan daging dengan air es, masukkan gulgar, merica, bawang2, baking soda, telur lalu terakhir tepung. aduk rata. saya pake tangan ngaduknya. kebanyakan resep yang saya baca, orang-orang mengaduknya menggunakan chooper, saya gak punya, jadi pake tangan aja.
rebus air. sampai hampir mendidih, masukkan bakso yg dibentuk bulat2. kalau sudah mengambang angkat bakso. tiriskan


kuah
- 1 siung bawang merah iris
- 1 siung bawang putih iris
- 1 batang bawang daun iris
- tetelan secukupnya
- air (saya pakai air rebusan bakso tadi)
- garam gula merica secukupnya
- kaldu instan kalo perlu
- minyak untuk menumis
(ada yang pakai jahe, serai dan daun jeruk, saya gak pakai karena mereka-reka rasanya kayaknya bakal aneh hehe)


cara membuat
- tumis bawang
- masukkan tetelan daging sampai berubah warna
- masukkan air
- tambahkan gulgarmer koreksi rasa
- tunggu mendidih
- masukkan bawang daun
- matikan. siap disajikan


lebih sedap dengan taburan bawang goreng, kecap, mie, bihun, perasan jeruk purut dan saos.

oh iya kepingiiiiin banget bisa foto proses membuatnya, apa daya anaknya dua dan saya digelayutin dua-duanya jadi cuma bisa foto hasilnya aja. Nanti kapan-kapan kalo bikin bakso lagi difoto prosesnya lalu di update di blog ini, insyaAllah...

Btw, kata sachie syira "enak bunda...." dan baksonya habis seketika, syira bajunya basah semua karena maksa makan sendiri dan nyeruput kuahnya hihihi

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian