Siomay Dimsum yang Cantik

Cerita dulu ah...

Saya udah mulai jarang banget ngeblog. Ini aja ngeblog karena lagi "liburan", saya lagi di kamar, sementara anak-anak lagi main sama Anang-Ine nya (kakek-nenek bahasa musi banyuasin, Sumsel). Enaknya tinggal se-kota sama orang tua dan mertua hehehe...

Saya gak tiap hari minta libur (ya iyalaaah...), saya minta liburnya pas bahu rasanya udah sakit, muka udah kucel dan pikiran udah semrawut. Liburnya pun cuma setengah hari. Ya sekalian Anang-Inenya seneng-seneng sama cucu-cucunya.

siomay bu Wilopo wehehehe...
Sebelum minta jatah liburan biasanya saya nyogok suami pake masakan baru, hasil uji coba dari resep yang berseliweran di dunia maya. Nah kemarin saya nyogok suami pake siomay ala dimsum. Bikinnya sejam, dia makan gak lebih dari sepuluh menit. Luar biasa, itu makanan kayaknya gak dikunyah lagi hahaha...

Resep siomaynya dari rasamasa.com saya mantengin videonya sampe berkali-kali, biar apal resepnya hihi..



Bahan:
  • 250 gram paha ayam fillet, giling (saya ayamnya diblender hehe)
  • 250 gram udang, kupas dan potong kotak-kotak kecil
  • 1 bengkuang, potong kotak-kotak kecil (gak ada bengkuang saya ganti pake labu siam)
  • 1 wortel lokal, potong kotak-kotak kecil
  • 1 bawang bombay, potong kecil-kecil
  • 3 batang daun bawang, potong kecil-kecil
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Gula cair
  • Kecap asin
  • 1 sendok makan minyak wijen (minyak wijen ini penting banget, ngaruh banget ke aroma dan rasa)
  • Merica
  • 250 gram tepung sagu tani
Adonan Kulit 
  • Kulit pangsit
  • 1 buah wortel lokal ukuran sedang, parut
  • 1 putih telur, kocok
Saus: Aduk Rata
  • 5 sendok makan cabai merah botolan cap Jempol (saya pake del monte)
  • Cuka
  • Garam
  • Gula
  • Air

Caranya:
  1. Campur semua  bahan kecuali tepung sagu tani,  aduk rata. Tambahkan tepung sagu, aduk kembali hingga tercampur rata.
  2. Ambil kulit pangsit, isi dengan campuran sagu tani, bungkus. Taburi parutan wortel di bagian atasnya. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Kukus dalam dandang panas di atas api kecil sampai adonan dan kulit pangsit berubah warna. Kukus sebentar lagi. Angkat.
  4. Sajikan dengan saus.
Saya bikin setengah resep, hasilnya dapet 30 siomay. Bersyukur eksekusi setengah resep, gak kebayang kalo bikin satu resep full bisa-bisa saya eneg makan siomay hihihi...


siomay sebelum dikukus. ngelipetnya meni ngasal haha..
Oh iya, kulit pangsitnya saya bikin sendiri doooong.. (bangga banget), soalnya udah muter-muter supermarket disini kok saya gak nemu-nemu kulit pangsit siap pakai. Pas paginya mau ajak suami ke pasar, dia lagi mager heuheu... akhirnya nekat bikin sendiri. Saya pakai resep dari video ini nih... Liat video ini membesarkan hati banget. Berasa gampang gitu bikinnya hihihi...


Selamat mencoba ya..

Comments

Popular Posts