Resep Ayam Pop

Ibu saya pintar memasak dan rajin sekali memasak untuk kami. Setiap pagi kami sarapan di satu meja, makan siang pun sampai saya SMP rasanya hampir selalu berlima. Makan malam juga selalu berkumpul bersama. Barulah waktu SMA saya makan siang di sekolah. Selera makan keluarga kami sederhana, menu-menu khas Palembang adalah favorit keluarga kami. Oh iya ibu pun setiap hari membuat kudapan untuk menemani sore kami.



Banyak hal yang ibu khawatirkan saat saya merantau, salah satunya selera makan. Sampai saya pergi merantau ke Bogor tahun 2006 dulu, saya akui saya ini kurang referensi soal makanan. Karena keluarga saya bukan tipe keluarga yang suka makan di luar. Ibu saya takut lidah saya sulit menyesuaikan diri dengan makanan sunda. Alhamdulillah kekhawatiran ibu tidak terbukti. Saya tetap jago makan dan sempat mencapai berat 56 kg waktu tingkat satu. Padahal berat saya biasanya paling tinggi hanya 50 kg. 

Alhamdulillah masakan sunda cocok di lidah saya, makanan jepang, korea, arab dll juga cocok. Dan yang paling cocok adalah masakan Padang. Aaaaaaaakk... saya gak bisa deh nolak kalo ditraktir masakan Padang hehe....


Berbeda dengan saya, suami datang dari keluarga yang gemar kulineran. Maka waktu kami makan di salah satu rumah makan padang, suami kaget saat menawari saya menu ayam pop. Kaget karena saya gak tau ayam pop itu apaan hahaha...



Waktu pertama kali menatap ayam ini saya bertanya-tanya, enak atau tidak ya rasanya, kok pucet gitu warnanya. Pas diicip-icip wuih ternyata enak juga. Dan akhirnya baru-baru ini saya coba masak ayam pop sendiri. Kata suami sih enak. Sambelnya apalagi dia sampe nyocolin semua makanan ke sambel ini hehe.. Saya gak nyangka ternyata untuk bikin ayam pop ini butuh air kelapa untuk merebusnya. Berikut ini resepnya.


bahan
1/2 ekor ayam

bumbu halus
5 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 butir kemiri

marinade ayam dg bumbu halus 1 jam lamanya. kalo saya ayam yg sudah dibalur bumbu ini saya simpan di kulkas bawah agar lebih meresap.

bumbu lainnya - 1 ruas jahe geprek
- 1 batang serai ambil putihnya geprek
- 1/2 ruas lengkuas geprek
- 1 lembar daun salam
- 1 lembar daun jeruk
- air kelapa (boleh muda/tua)
 

setelah dimarinade, masukkan ayam berbumbu ke dalam air kelapa. jumlah air kelapa disesuaikan kira2 cukup untuk merendam 3/4 bagian ayam. kalau mau lebih gurih bisa ditambahkan santan. saya tadi menambahkan 1 sdm santan instan. masukkan bumbu lainnya lalu rebus hingga air agak mengering.
ayam pop bisa disajikan. kalau mau digoreng juga bisa.

sajikan dg sambal khas ayam pop.
 


sambal :
1 butir tomat
12 buah cabe merah kriting
2 buah cabe rawit
1 bawang putih
2 bawang merah
rebus.
 

setelah direbus. angkat. 
blender dg sedikit air sisa rebusan ayam. 
tambahkan 1 sdm garam dan 3 sdm gula. 
sajikan


Selamat mencoba :)

Comments

Popular Posts