Keset dari Kain Perca (tutorial)


Mungkin hampir semua orang setuju bahwa semakin buluk baju maka semakin nyaman dipakai. Bahkan katanya celana jeans itu makin lama gak dicuci makin enak makenya, apalagi kalo sampe seminggu gak dicuci (weeeeks... jorok deh). Nah prinsip ini dipegang pak suami kayaknya, kaos singletnya sampe bolong-bolong compang-camping masih dipakeeee aja. Udah diumpetin masih aja berhasil diketemukan dan akhirnya dipake lagi diem-diem. Ajaib bener deh.



Kami memang sepemahaman soal semua hal yang diamanahkan Allah pada kita termasuk pakaian akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat. Makanya kami heran sama orang-orang yang pakaiannya selemari-lemari. gimana itu mempertanggungjawabkannya. Kami pernah ngobrol sama orang yang pakainnya sampe tiga lemari dan masih gak muat itu lemarinya. Beberapa baju yang sudah gak update lagi (baju 20 tahun lalu misalnya) kenapa masih disimpen, dipake juga engga. Jawabannya katanya buat kenang-kenangan. Dooooh.. emang sih bajunya masih bagus tapi kan kalo disumbangkan akan lebih banyak lagi manfaatnya kan ya.. Ya beda-beda pemahaman orang.

Sebenernya gak kepikiran buang kaos singletnya, soalnya saya lagi mikir-mikir itu kaos bisa dijadiin apa ya. Bisa aja langsung dijadiin lap atau keset kamar mandi, tapi kan gak enak ya kalo ada tamu yang liat. Kurang estetis aja. Naon sih estetis segala hahaha..


Eh saya gak sengaja nemu video ini di youtube, video tentang mengubah handuk jadi keset. Lalu saya kepikiran, gak harus handuk buat jadi keset, pakaian gak layak pakai juga bisa dijadiin keset kayaknya. Lalu saya coba dan taadaaaa.. jadi deh keset di atas.

Lumayan ada keset buat bersihin kaki sebelum naik kasur

Nah karena saya bikinnya sore-sore jadi gak bisa motoin proses bikin kesetnya. Jadi ini tutorialnya saya screenshoot dari video di atas aja ya.. Semoga ada gambaran dan yang baca tulisan ini jadi bisa eksekusi kesetnya juga.

Pertama siapkan kainnya. Kalo di video tersebut ada 3 kain (handuk) beda warna


Kedua, gunting kain dengan ukuran seragam


Ketiga, jahit satukan tiga kain berbeda warna



Keempat, kepang kain yang sudah disatukan


Terakhir, jika sudah selesai mengepang, kain disatukan melingkar seperti gambar di bawah. lalu jahit dengan tangan


 Selesai...

Comments

  1. Kliatannya mudah ya mba. Cm perlu kesabaran dan ketekunan aja sepeetinya :). Kebetulan aku punya bnyk hnduk bekas ini.. Jd kepikiran jg dibikin keset

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba, termasuk yang mudah ini. ditunggu foto hasil kesetnya :)

      Delete
  2. Kliatannya mudah ya mba. Cm perlu kesabaran dan ketekunan aja sepeetinya :). Kebetulan aku punya bnyk hnduk bekas ini.. Jd kepikiran jg dibikin keset

    ReplyDelete
  3. wah pas ini. kebetulan punya bnyk kain bekas

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian