Cara Asik Kenalkan Sikat Gigi Pada Anak ala Keluarga Wilopo

kakak dan sikat giginya
Banyak orang terhalang cita-citanya karena permasalahan pada giginya. Ini dikarenakan banyaknya profesi yang menerapkan standar yang sangat tinggi pada kesehatan gigi pelamarnya. Sebut saja profesi pilot, tni dan polri. Saya pernah mendengar cerita seorang teman saya yang gagal menjadi pilot gara-gara giginya berlubang. Sedih ya..

Ternyata sakit gigi bisa berdampak banyak lho buat kesehatan tubuh. Menurut British Dental Health Foudation, kesehatan gigi bisa berdampak pada banyak hal di tubuh.


sumber gambar : dentalhealth.org

Permasalahan pada gigi juga berpengaruh pada prestasi anak lho.. Head of Professional Relationship Oral Care Pt Unilever Indonesia Tbk, drg Ratu Mirah Affifah GCCindent MDSc mengatakan, gigi berlubang tidak hanya membuat anak mengalami rasa sakit, namun juga akan mempengaruhi kehadiran anak disekolah. Ketidakhadiran anak berpengaruh pada prestasi anak.

Permasalahannya adalah beberapa anak tidak menyukai kegiatan menggosok gigi. Akibatnya gigi anak mengalami karies atau gigis. Alhamdulillah sampai saat ini anak-anak kami selalu bersemangat mengosok giginya. Tidak perlu dipaksa dan tidak perlu dirayu. Bahkan kalau anak-anak sedang malas mandi, cara membujuk mereka agar mau mandi adalah dengan sikat gigi "yuk siapa yang mau sikat gigi sama bundaaaa...". Lansung deh pada ngacir ke kamar mandi.


Berikut tips ala keluarga kami mengajarkan sikat gigi pada anak

1. Tidak memaksa anak memasukkan benda asing ke mulutnya
Sebagian dokter anak menyarankan kita mulai mengenalkan sikat gigi sejak anak mulai makan (mpasi). Mulai dengan membersihkan gigi dengan kasa steril, dengan sikat gigi karet yang dimasukkan ke jari lalu disikat ke gigi anak, baru dengan sikat gigi anak. Kami tidak menggunakan kaidah ini. Menurut kami anak tidak suka dipaksa memasukkan sesuatu ke mulutnya, hal ini akan menimbulkan trauma. Anak harus suka rela membersihkan giginya sendiri. Oleh karena itulah kami mengenalkan sikat gigi saat anak kami sudah bisa berjalan. Kebetulan anak pertama kami bisa berjalan di usia 1 tahun. Saat itu giginya berjumlah 6 biji. Saat dia bisa berjalan ke kamar mandi dan bisa berdiri saat menyikat giginya. Pendapat ini hanya base on feeling :p tidak ilmiah hehe..
sumber gambar : gratisography.com

2. Memberi contoh
Setelah kakak bisa berdiri, kami memperlihatkan kepada kakak aktivitas menyikat gigi. Kami menyikat gigi di depan kakak, setelah itu kami menjelaskan aktivitas apa dan untuk apa aktivtas tersebut dilakukan. Kemudian menawarkan pada kakak apakah kakak mau sikat gigi juga seperti ayah bundanya.
sumber gambar : faktariau

3. Memilih sikat gigi sendiri

Setelah kakak menunjukkan minatnya untuk menyikat gigi, kami mengajak kakak memilih sikat giginya sendiri. Walau sebenarnya kakak belum tentu punya pilihan tapi melibatkan kakak untuk memilih sendiri sikat giginya akan menyenangkan untuknya. Pertama kami pilihkan dulu sikat gigi yang sesuai umurnya, sikat gigi berukuran kecil dan berbulu lembut. Lalu kami seleksi lagi berdasarkan bentuk dan gambarnya. Setelah itu, dari pilihan-pilihan yang telah dikerucutkan barulah kakak diminta memilih sikat giginya sendiri. Sedangkan pasta gigi baru kami berikan saat kakak sudah bisa meludah dengan maksud agar sang pasta gigi tidak tertelan. Walaupun pasta giginya aman tapi gak sehat juga kan ya kalo tertelan melulu hehe...

sikat gigi pilihan kakak dan adek

4. Memberikan teladan dengan kegiatan sikat gigi bersama sebelum tidur
Aktivitas bersama keluarga tentu jadi sesuatu yang seru bagi anak, begitu pula menyikat gigi bersama-sama.

5. Memberikan games tentang gigi dan sikat gigi.
Banyak contoh permainan yang berkaitan dengan gigi dan kebersihan gigi, berikut beberapa contoh permainan yang saya ambil dari instagram beberapa ibu inspiratif di Indonesia

Memperkenalkan struktur gigi oleh IG @iburakarayi, sumber gambar klik disini

permainan membersihkan gigi oleh IG @stellasutjiadi
menggunakan gambar mulut dan gigi di kertas, dimasukkan ke dalam plastik transparan,
di atas plastik diberi gambar permen dan makanan lain dengan white-boardmarker
Anak diminta membersihkan kuman dengan bantuan sikat dan pasta gigi

 
15 permainan bertema gigi di blog teachingmama.org

Buat para orang tua yang baru mau mulai mengajarkan sikat gigi pada anaknya selamat mencoba, semoga berhasil ya..
Senyum pepso*ent :D

Comments

  1. Kalau dulu waktu Zidan masih kecil aku mengenalkannya juga dengan sikat gigi yg lucu2 & pasta gigi yang rasa buah. Sambil pelan2 ngasih penjelasan pentingnya gosok gigi.
    Postingannya bermanfaat bgt mbk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo bermanfaat.. bener mba seneng ya liat macem-macem sikat gigi anak, lucu-lucu

      Delete
  2. Kalau dulu waktu Zidan masih kecil aku mengenalkannya juga dengan sikat gigi yg lucu2 & pasta gigi yang rasa buah. Sambil pelan2 ngasih penjelasan pentingnya gosok gigi.
    Postingannya bermanfaat bgt mbk :)

    ReplyDelete
  3. Jadi inget dulu kecilku susah banget disuruh sikat gigi sampe nangis2 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, aku juga hehe... sampe harus ditungguin sama ayah kalo sikat gigi hihihi

      Delete
  4. Jadi inget dulu kecilku susah banget disuruh sikat gigi sampe nangis2 hehehe

    ReplyDelete
  5. Sekarang, anak2 lebih mudah diajak sikat gigi karena sikat gigi anak sekarang macam2 modelnya, pasata giginya juga lucu2 :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah cara ini sama banget sama orang tuaku dulu... hihihi aku jadi suka banget sikat gigi karena pasta giginya manis.. malah aku kepengen terus sikat gigi hehe sampe sekarang sakali2nya sakit gigi pas waktu kelas 6 SD aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini sama banget, dulu pas awal dikenalin sikat gigi kami pake pasta gigi orang dewasa, pedeeeesss.. akhirnya dibeliin pasta gigi anak-anak dee-dee jadi suka sikat gigi hehe

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular Posts