Pengalaman Minum Jus Kurma Susu, Sang Booster ASI

Ibu-ibu yang suka facebookan pasti tau deh resep jus kurma susu. Sebenarnya resep ini sudah dari tahun kemarin berkeliaran di facebook tapi tahun ini jadi viral lagi saat mendekati Ramadhan. Konon katanya jus ini selain mampu memperbanyak produksi ASI juga dapat meningkatkan energi agar tidak lemas saat berpuasa.

Sebenarnya tahun-tahun sebelumnya, saat menyusui anak bahkan sambil hamil saya masih kuat berpuasa. Hanya saja saya tidak terlalu banyak beraktivitas, lemes. Nah tahun ini sejak dua bulan yang lalu saya sudah berniat akan minum jus ini. Hal ini karena saya sudah punya dua anak perempuan yang luar biasa aktifnya dan saya juga sedang menyusui seorang bayi laki-laki yang berumur empat bulan dan masih rentan grow spurt


Islam sebenarnya memberi keringanan kepada saya, ibu menyusui untuk tidak berpuasa. Tapi ibu menyusui tidak dilarang pula untuk berpuasa. Maka saya mencoba ikut berpuasa di bulan ramadhan setelah memastikan kecukupan asupan yang masuk ke tubuh saya dan bayi saya. Salah satunya dengan ikhtiar minum jus kurma susu ini sebagai booster ASI.

Berikut resepnya (sumber : tabloid-nikita)

Bahan :
- 7 butir kurma buang bijinya
- air mineral secukupnya
- susu UHT/pasteurisasi secukupnya (bisa juga susu kambing)
tidak dianjurkan memakai susu bubuk atau susu kental manis

Cara membuat :
- Rendam kurma yang sudah dibuang bijinya di dalam air mineral hingga menutupi permukaan kurma yang paling atas selama 1 malam (dari waktu Isya sampe waktu Sahur). Saya rendamnya di dalam kulkas biar dingin. Kalau mau disajikan hangat juga tak masalah.
- Ketika waktu sahur, tuang kurma yang sudah di rendam beserta air rendamannya. Tambahkan susu UHT secukupnya.
- Blender semuanya hingga halus.
- Minum setelah makan sahur.

Ceritanya saya sudah mempersiapkan kurma dan susu UHTnya sejak kemarin. Qodarullah saya yang baru selesai bantu-bantu ibu mertua arisan siangnya, ketiduran dan lupa merendam sang kurma. Pupuslah harapan saya buat minum sang jus kurma. Tapi saat makan sahur, suami saya yang sudah bangun lebih dulu menyodorkan segelas susu untuk saya

"Tami, ini kurma susunya..."

Saya speechless, terharu, kehilangan kata-kata.  

Saat saya lihat ternyata itu benar-benar kurma susu. Kurma utuh plus tangkai-tangkainya diceburin ke dalam susu bwahahaha....

"kok gini, Yah?" tanya saya
"Emang kenapa?" jawabnya
"diblender Yah.. Jus kurma susu, kurmanya diblender hahaha..."

Ternyata cerita suami ngerebus kentang yang sudah dikupas setengahnya itu nyata adanya hahaha...

Alhamdulillah walau belum jadi membuktikan keampuhan jus kurma susu ini tapi saya sudah "merasakan" kalau jus kurma susu ini mampu jadi booster ASI. Soalnya saya jadi ketawa sendiri mengingat sahur tadi pagi haha.. Alhamdulillah... Makasih ya Ayahnya Sachie.

Ada yang punya pengalaman yang sama?

Comments

  1. pernah eksperimen bikin ini tp pas hamil anak pertama. Emang enak bgt bikin ketagihan 😄

    ReplyDelete
  2. enak pastinya ya mbk, apalagi dibikinin si aa', tambah mantab surantab, hehe
    sukses ngasinya ya mbk, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... iya aamiin terima kasih mba

      Delete
  3. Wah suaminya perhatian sekali Maaaak. Yang penting niatnya yaaaaa. Hihihihiii. Kurma susu untuk yang bukan busui tetep boleh minum kan ya? Soalnya sepertinya enaaaak. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener yg penting perhatiannya >_<
      buat yg gak hamil juga boleh mba, gak ada campuran aneh-anehnya hehe
      suami saya juga ikutan minum

      Delete
  4. Aduh, saya kurang bisa masuk klo jus mak, sukanya konsumsi langsung hehe...
    Apalagi saya maniak banget sama kurma

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya minum susu trus makan kurma biasa tanpa diblender juga udah bagus kandungan gizinya kan ya mak..

      Delete
  5. Hahhaa kurma utuh setangkai2nya namanya mah kurma celup susu Mbaak.. Etapi enak ya? Manisnya asli dr kurma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, bukan teh celup ya mbak, tapi kurma celup :p
      iya enak mba, manisnya pas gak bikin eneg

      Delete
  6. Hmmm.. kayaknya kok eneg ya mba, tapi pengen coba, insyaallah bulan ini lahiran semoga bis aikhtiar pake jus kurma susu ini juga.. makasih sharingnya ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya aku juga ngira ini bakal eneg banget.. ternyata engga lho mba, susu UHT putih kan biasanya plain ya rasanya,nah manisnya ini dari kurmanya. kalo mau ngurangin manisnya bisa kurangin jumlahnya. aku semalem bikin lagi nih pake 5 butir kurma aja :D

      Delete
  7. Ini kalau nggak ngASI gimana efeknya ya? Heheheee sepertinya pengin :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata suamiku leih seger aja mak, berasa lebih berenergi dan gek lemes jadinya

      Delete
  8. Baru mau nyobain iniii, aku bookmark aah :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian