Perawatan Bibir Saat Berpuasa


Assalamu'alaikum..
Haihai.. Gimana puasanya? Masih seger kan ya...

Puasa gini enak kali ya ngebahas perawatan bibir. Secara pas puasa gini kita gak minum lebih dari 12 jam. Alhasil tubuh kita kekurangan cairan dan otomatis kelembabannya pun berkurang. Gak heran kalo bulan puasa gini sering sekali kita temui orang-orang yang bibirnya kering, ngeletek, hingga berdarah. Gak asik kan.. Apalagi sekarang lagi trend lipstick matte alias lipstick bebas kilau, kalo bibirnya kering hmmm.. ketara banget dan jadi gak bagus hasilnya.

Emang ngerawat bibir gimana sih? Biar apa?
Ngerawat bibir itu penting biar bibirnya sehat. Bibir yang sehat itu yang gak kering, gak ngeletek apalagi sampai berdarah. Bibir kering itu gak enak lho. Sakit.

Saya punya tips murah meriah perawatan bibir ala saya.


Sebenarnya merawat bibir yang paling mudah adalah dengan memperbanyak minum air putih. Namun di bulan puasa ini, kita kan jarang minum sehingga perlu nih beberapa tips perawatan bibir

1. Masker bibir
Saya biasanya menggunakan madu sebagai masker bibir. Caranya gampang, cuma perlu mengoleskan madu di bibir lalu biarkan sang madu meresap atau kering. Masker bibir ini cukup dilakukan satu atau dua kali seminggu.



2. Scrubbing
Scrubbing atau pengelupasan kulit bibir secara alami terjadi jauh lebih cepat dari pada kulit wajah atau tubuh kita lho. Seperti juga kulit tubuh, kulit bibir juga bisa dibantu proses pengelupasannya. Ada banyak jenis produk lip scrub yang dijual di pasaran tapi kita bisa juga bikin sendiri. Selain lebih hemat, produk homemade lebih aman. Karena kita tau bahan apa saja yang kita pakai untuk membuatnya.

Kalo saya resep homemade lip scrubnya gampang banget cuma campurkan gula dan sedikit olive oil. Oleskan dibibir, diamkan sebentar, lalu gosok lembut dengan gerakan memutar menggunakan jari.


Kalo gak mau repot bisa juga scrubbing dengan memanfaatkan sikat gigi. Caranya setelah kita menggosok gigi dan berkumur-kumur, gunakan sikat gigi yang kita pakai tadi untuk menggosok bibir. Gosok memutar, perlahan di bibir hingga keluar kotoran semacam daki.


Srubbing cukup kita lakukan seminggu sekali.


3. Gunakan Pelembab Bibir
Pelembab bibir ini penting sekali, apalagi jika hendak menggunakan lipstick atau sehabis scrubbing. Jangan sekali-kali membasahi bibir dengan air liur, bukannya lembab yang ada malah semakin kering. Gunakan pelembab khusus. Saya punya dua rekomendasi pelebab bibir yang murah meriah, dan ampuh untuk mengatasi bibir kering.

- Vaselin Petroleum Jelly
Punya saya oleh-oleh dari orang tua saat pergi haji tahun lalu. Sudah banyak testimoni soal vaselin petroleum jelly yang sangat ampuh untuk melembabkan bibir, bahkan dapat dipakai untuk bagian tubuh lainnya seperti siku, lutut, tumit dan telapak kaki.




- Wardah Lip Balm


Jangan salah lho wardah lip balm ini walau kemasannya ecek-ecek banget plus harganya murah, daya melembabkannya oke punya lho di saya.


Nah kalo saya sendiri, vaselin petroleum jelly lebih sering dipakai di malam hari atau di waktu senggang tapi kalau harus keluar rumah saya pilih pakai wardah. Tekstur vaselin yang lebih padat dan berminyak agak gak enak kalau dipakai keluar rumah hehe...

4. Gunakan Lipstick yang ber-SPF
Lipstick ber-SPF ini penting untuk mencegah bibir terbakar dan menjadi hitam.

Nah segini aja tipsnya. Mudah-mudahan bermanfaat ya..
Ada yang punya tips berbeda?

Comments

  1. Saya juga suka pake madu kalau lagi alergi di bibir kumat, dan madu emang is the best lah katanya obat segala obat.
    Thanks tips scrubbing lips nya mba, nanti saya coba ah.
    Iyakkk itu vaselin emang recommended banget buat cuaca ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin).
    Aku baru nemu yang sreg banget nih mba bagus banget lip balm dari L'Occitane, bibirku yang kering pacah-pecah sampe ada darahnya hilang pas pagi ya setelah pake ini sebelum tidur hehehhe .

    ReplyDelete
  2. mengoleskan madu masih cara yang paling manjur yang biasa saya gunakan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, selain murah, mengoleskan madu juga mudah dan enak hihi

      Delete
  3. wah,aku belum pernah scrubbing pakai sikat gigi..^^
    saya fans berate lip balm wardah,dipakai kapanpun hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain mba, seru lho scrubbing pake sikat gigi hahaha
      tooos dulu kita mba

      Delete
  4. Nggak pernah kepikiran deh buat masker bibir dan scrubbing. Hihi. Tapi boleh juga dicobaaaa. Makasi infonya ya Maaaaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. kesannya lebay banget ya maskerin bibir :D

      Delete
  5. aku jg ngelakui sama kyk di atas kok mbak.. pake sikat gigi, trs lipbalm ga prnh lupa.. :). krn udh kebiasaan pake lipbalm, begitu lupa make terasa bgt beda di bibir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo lupa gak pake lip balm keluar rumah jadi kurang pede. Takut bibirnya ngeletek hahaha

      Delete
  6. bibir saya kering bangettt.. harus banyak asupan yang sehat yah.., ada juga vaeline dirumah lumayan membantu.thx sharingnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian