#CantikAlaBunda : DIY Fermented Oat Mask

Akhirnya nemu hastag yang lumayan setelah bingung mau pake hastag apa untuk tulisan yang beauty-beautyan hahaha..

Assalamu'alaikum cantik...

Sebagai ibu rumah tangga dengan tiga balita dan tanpa asisten, saya jarang sekali bisa meluangkan waktu buat perawatan di salon. Setelah punya anak, saya yang dulunya dua minggu sekali ke salon kini ke salon cuma setahun sekali. Itu pun cuma buat potong rambut sambil ditungguin bayi-bayi di luar hahaha.. Walau jaraaaaang banget nyalon, jangan kira saya di rumah buluk, kusam, bau, jerawatan, gak perawatan, kulitnya kasar, rambutnya kusut. Hmmmm... Buang jauh-jauh pikiran itu sodara :D 

Walau lebih banyak waktu di rumah dan ngurusin keluarga saja, saya tetap berusaha menjaga penampilan di depan suami. Saya berhias untuknya karena begitulah harusnya seorang istri bertingkah dalam Islam (sepemahaman saya aja ini mah hehe..). Walau gak dandan keluar rumah, saya tetap harus rajin perawatan. Karena tampilan baik itu adalah ciri seorang muslim yang baik.
saya mah masih belum bercadar hehe... ini gambarnya ngeliat di ignya mba @indadari
 Trus gimana caranya perawatan?


Nah sekarang saya punya masker homemade andalan. Masker ini saya dapat dari blognya Mba Lintang. Saya tau blognya Mba Lintang ini karena dulu di timeline saya sempat heboh soal DIY Pitera karya Mba Lintang. Karena penasaran saya jadi ngubek-ngubek blognya dan penasaran pengen nyobain masker ini. Kenapa penasaran nyobain resep maskernya? Karena saya doyan banget maskeran. Seminggu 2x maskeran. Walau ribet banget ngurusin anak-anak saya pasti menyempatkan diri maskeran. Maskeran di saya dapat membantu menurunkan kadar stress ngahahaha..

So ini dia masker andalan saya "DIY Fermented Oat Mask" alias masker oat yang difermentasi.

Alat dan bahan

Masker ini berfungsi untuk mengangkat minyak dan komedo. Dan ini bener-bener ngefek di komedo-komedo di wajah saya yang muncul akibat males nyuci muka hahaha...

Alat :
- Mangkuk beling
- plastik
- karet
- sendok
Setelah beberapa kali bikin masker ini, ternyata bisa lho pake wadah kedap udara, biar plastik juga. Lebih ringkes.

Bahan :
- 3 sdm oat, saya pakai quacker oat instan kemasan merah
- 1.5 sdt ragi, saya pakai fermipan
- 5 sdm air (relatif)

Cara membuat :
1. Masukkan 3 sdm oat ke dalam mangkuk


2. Tambahkan air sampai semua oat basah. Cukup sampai oatnya basah, jangan sampai berkuah sekali. Ini hasil pengamatan saya, semakin berkuah nanti bau maskernya akan semakin menyengat. Kalo airnya pas, aromanya hanya mirip adonan roti. Kalo kebanyakan air jadi kayak cerita saya ini nih. Pernah suatu hari saya bikin masker ini tapi kebanyakan air. Saya maskeran waktu suami sedang di masjid. Saat pulang suami bertanya "bund, ini adek eek ya? bau banget..." wkwkwk belom tau dia itu bau masker bininya hahaha


3. Masukkan ragi, aduk rata


4. Tutup dengan plastik dan karet, diamkan sekitar 2 jam


5. Setelah dua jam buka plastik. Oat yang berhasil terfermentasi akan muncul lubang-lubang seperti gambar di bawah ini. Itu artinya masker siap dipakai. Tekstur masker ini lengket sekali seperti lem. Saya gak punya foto waktu mengaplikasikan maskernya di wajah, rentan sekali menampakkan aurat seperti anak rambut di dahi. Anak rambut walau pun anak-anak tetap aurat ya buibu cantiiik.. (hahaha.. apasih)

Kelihatan gak nih bedanya? Mungkin gak jelas ya.. Kalo pegang langsung mungkin terasa ya. Sebelum maskeran hidung tuh kasar banget penuh komedo, setelah maskeran muka jadi kenyal, halus dan hidung juga langsung berasa bersih. Hilang komedonya.

Eh iya sebelum nyobain masker ini saya biasanya pakai masker instan dari garnier, masker peel offnya. Habis maskeran masih perlu upaya banget buat ngeluarin komedo. Kalo pakai masker oat ini gak perlu lagi. Trus masker oat ini juga lebih hemat. Jauuuuuh lebih hemat hihi..

Udah deh segitu dulu pengalaman saya maskeran dengan fermented oat ini. Semoga tulisannya bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian