#dapurbunda : Tips Menghilangkan Bau Amis pada Cumi


Mencoba kekinian.

Jadi sekarang kalo nulis per temanya mau dikasih hastag ah... Biar kayak blogger-blogger kekinian hihi..

Keluarga kami suka sekali makan seafood. Udang, cumi, kerang, kepiting, apa aja. Bahkan sehabis nonton Bolang, Sachie (3,5 tahun) komentar kepingin makan bulu babi. Eeeeww... Permasalahannya, seafood ini terutama cumi kalau gak pinter ngolahnya bisa jadi gak enak. Biasanya masalah cumi adalah bau amis.

Menghilangkan bau amis pada cumi ini susah-susah gampang?

Ada beberapa langkah agar cumi tidak bau amis
  1. Pilih cumi yang masih segar
    caranya adalah dengan melihat ciri fisik cumi yaitu matanya masih bersih, kulit ari tidak rusak, daging kenyal dan berwarna putih bersih, serta tidak bau busuk.
  2. Bersihkan cumi dengan benar
    Cara membersihkan cumi dengan benar : pisahkan kepala dari badan, buang tulang cumi yang seperti plastik di bagian badan.Di bagian kepala buang kantung tinta cumi dengan bantuan pisau, buang pula mulut cumi yang berada di tengah tentakel  dengan cara memencet kepala cumi.
    Mba Endang JTT pernah menulis tentang tips membersihkan cumi di blognya
  3. Lumuri dengan timun yang sudah diblender.
    Ini adalah cara andalan keluarga kami. Kami telah mencoba berbagai cara seperti melumuri dengan perasan jeruk nipis, asam jawa, parutan jahe dll. Tapi dengan timun blender ini bau amisnya benar-benar hilang dan cuminya jadi lebih segar dibanding cara lainnya. Oleh karena itu setiap membeli cumi saya tidak lupa membeli timun juga.

    Caranya simple pertama cuci timun hingga bersih, tidak perlu dikupas, lalu potong-potong agar mudah diblendernya, kemudian blender tanpa perlu ditambah air karena timun sudah banyak mengandung air. Baru hasil blenderan tadi dibalurkan pada cumi. Diamkan sekitar 10-15 menit, cuci cumi sampai bersih. Cumi siap diolah.

Tips tambahan nih, agar cumi tidak alot masak cumi hanya boleh sebentar saja. Saya biasa memasukkan cumi paling akhir dan biasanya tidak lebih dari lima menit sebelum api dimatikan. Semakin lama cumi dimasak semakin alot daging cuminya.
 
Menu cumi favorit keluarga kami adalah cumi goreng krispi saus asam manis. Mudah dan enak. Kapan-kapan saya akan tulis resepnya di blog ini.

Jadi ibu-ibu apa cara andalan keluarga untuk menghilangkan bau amis pada cumi? Share ya tips triknya di kolom komentar :)

Comments

  1. Makasih infonya mbak Desni, Anyway Selamat Hari Raya Idul Fitri ya mbak, Mohon maaf lahir dan batin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba wuriii... wah maaf aku telat balesnya. maaf lahir batin juga ya mbaaa

      Delete
  2. Terima kasih infonya, jadi pengen masak cumi nih ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian