Monday, February 20, 2017

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Dari dulu banget sebelum punya mesin jahit kayak sekarang ini, saya udah seneng banget menjahit. Dari dulu juga di rumah ada mesin jahit singer item jadul yang ada mejanya itu lho. Tapi di rumah gak ada yang bisa pake mesin itu. Jadi mesin jahit antik itu akhirnya cuma jadi pajangan, berdebu, berkarat, lama-lama gak bisa dipake beneran.



Dulu saya kalo jahit apa-apa cuma jahit manual, pake jarum tangan. Bikin tas, baju, jilbab, bahkan karpet pun jahit tangan. Lamaaaaaa banget deh njahit tangan gitu. Kalo pake mesin mungkin bisa selesai dalam waktu 30 menit, ini karena jahit manual jadi dua hari wahahaha... Lama dan pegel, belum lagi hasilnya yang gak bisa serapih kalo pake mesin jahit.



Alhamdulillah pertengahan tahun 2014 saya udah punya mesin jahit portable. Walau gitu saya kan masih pemula ya, plus gak ikut kursus yang expert pula. Jadi suka cari tutorial jahit yang mudah aja kalo bisa yang jahitnya lurus aja gak pake belok dan polanya yang gratisan, tinggal print trus copy ke kain aja hahaha...

Baca juga : Review Mesin Jahit Singer Tradition 2273

Akhirnya saya nemu tutorial jahit yang mudah banget. Bener deh, mudah banget. Bahkan kalo pake jarum tangan alias manual pun cepet, gak pake lama. Jahit apa? Jahit pashmina instan alias double loops instant shawl. 


Jadi tutorial ini saya dapat dari akun facebook Sis Nurina Amira dari Malaysia. Pas pertama kali liat tutorialnya lansung jatuh cinta. Mudah banget dan jelas banget tutorialnya plus pashmina instan ini cocok buat saya yang masih suka pake pashmina tapi gak mau ribet sama peniti dan pentul karena takut ngelukain anak. Saya tulis ulang tutorialnya di blog ini agar lebih muda mencarinya. Kalau di facebook takutnya kita lupa siapa ya nama yang bikin tutorial, nyarinya lebih ribet lagi. Kalau ditulis di blog seperti ini teman-teman jadi lebih mudah mencarinya di google lalu seleksi gambarnya.

Yuk langsung aja disimak, cuuus..

 Alat dan bahan yang diperlukan
- kain 
Biasanya kain atau yang sering digunakan untuk membuat pashmina di tahun 2017 ini adalah kain ceruty, bubble, wolvis, diamond italiano dan sebangsanya. Kalau mau pashmina dengan kesan mewah bisa pakai kain satin, pashmina yang berkesan formal bisa pakai katun ima, dan kalau mau pashmina dengan kesan sporty bisa pakai bahan kaos.

Untuk membuat pashmina ini kita butuh kain dengan panjang 200 cm dan lebar 75-90 cm. 75 cm untuk ukuran S, 80 cm untuk ukuran M, 85 cm untuk ukuran L dan 90 cm untuk ukuran XL.
contoh size pashmina instan, sumber gambar : jilbabafra.com

Ukuran kain yang biasa ada di toko kain, lebar standarnya adalah 150 cm. Jadi untuk awalan kita bisa beli kain dengan ukuran 150 cm x 200 cm. Jika membuat pashmina dengan ukuran S, maka kita akan punya 2 pashmina dari kain ini. Yeeeeay!

- gunting 

- meteran

- pensil kain untuk menandai


- jarum pentul

- jarum jahit dan benang


Cara Membuat Pashmina Instan Double Loops

1. Potong dua kain 200 cm x 150 cm menjadi ukuran 200 cm x 75 cm seperti ini.




 Jika punya mesin obras kamu bisa potong kain seperti sis Nurina ini, tapi kalau gak punya kamu bisa potong polos, persegi panjang seperti pashmina standar. Jahit kelim disemua sisinya. Kalau kata Bro Andris, ownernya Diindrihijab.com finishing kelim pada pashmina adalah ciri khas pashmina dengan kualitas butik. Untuk kamu yang punya mesin jahit, cara mudah untuk jahit kelim adalah dengan menggunakan sepatu jahit kelim. Kamu bisa beli di toko perlengkapan jahit.

Ada yang lebih mudah lagi nih, kalau mau praktis, kamu bisa beli pashmina standar lalu modif sendiri jadi pashmina instan. Jadi kamu gak perlu jahit kelim lagi deh..


2. Lipat salah satu sisinya (kita sebut saja ujung kiri kain) sepanjang 13 inchi atau 33 cm seperti gambar di bawah ini. Saya sendiri lebih nyaman di ukuran 40 cm, biar gak nerawang leher gitu..



3. Dari ujung lipatan tadi, ukur sepanjang 11 inchi atau 28 cm. Ukuran ini menyesuaikan lebar muka ya.. Kalau yang mukanya kecil bisa ambil ukuran 26 cm. Tandai, lalu jahit sisanya sampai ujung kain lipatan seperti gambar di bawah ini.



4. Hasil jahitannya akan tampak seperti ini



5. Lipat ujung kanan kain sepanjang 23 inchi atau 58.5 cm seperti gambar di bawah ini. Ukuran ini juga menyesuaikan selera ya..


6. Ukur dari ujung lipatan sepanjang 12 inchi atau 30.5 cm. Jahit sedikiiiiit saja seperti tanda merah pada gambar di bawah.



7. Hasil jahitannya akan seperti ini




8. Tadaaaaaa... selesai. Pashmina instan double loops siap dipakai

Sis Nurina Amira dan Pashmina Instannya. Cantik ya!
 Sis Nurina juga bikin tutorial bunganya lho di facebooknya.

Oh iya cara pakai pashminanya mudah, pertama pakai pashmina di lubang pertama yg kita jahit tadi (lubang kiri). Baru kemudian pakai di lubang kedua yg dijahit tadi (lubang kanan). Selesai.


Gimana mudah bukan? Cuma dua kali jahit lurus bok... Ada rasa bangga tersendiri lho bisa pakai hasil jahitan sendiri. Yuk dicoba! 

41 comments:

  1. Langsung aku bookmark. Lagi pengen banget nih buat hijab instant untuk dipake sendiri ajaaa. Heheheee. Makasi tutorialnya ya maaaak <3

    ReplyDelete
  2. Aku punya mesin jahit model lama, ga ke pake. Padahal pen banget bisa hasilin karya lwt nge-jahit loh Mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba dipake mesinnya, sayang lho kalo cuma jadi pajangan hihi..aku pun kepengen ih punya mesin jadul lagi. tahan banting banget plus masih bisa dipake kalo mati lampu hihi

      Delete
  3. Makasi tutorialnya mbaaa.. Aku banyak phasmina ga kepake.. mungkin mau dijahit begini.. hehee
    Makasi mba desni..

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  4. wiih ada tekniknya ya.. aku pikir pashmina instan asal jahit aja, ternyata ada lengkungannya juga. Keren ih mbak Desni, sekalian aku ijin follow blognya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba kalo malaysian, pasminanya melengkung, kalo di indonesia biasa aja jarang ada pashmina yg melengkung hihi

      Delete
  5. Aku uda lama pengen lagi kursus jahit mba dulu pas SMP uda bisa bikin baju sekrang bikin keset aja ga bisa hahaha..
    keren mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini lebih keren lagi masih smp udah bikin baju mba.. aku smp masih sibuk latihan baris berbaris haha.. ayo mba jahit jahit lagiiii

      Delete
  6. Ah iya gampang banget. Tapi sayang nggak bisa obras aku 😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijahit kelim aja mba, biar mudah bisa pakai sepatu kelim. semangat ya..

      Delete
  7. Akan di coba,,, semoga berhasil
    terimakasih tutorialnya mbak😊

    ReplyDelete
  8. Kalau mau ditambah pet, bisa gak ya mbak??

    ReplyDelete
  9. Terima kasih mb tutorial. Segera dieksekusi :)

    ReplyDelete
  10. Thanks buat tutorialnya mba. Saya udah coba buat dan hasilnya....pashmina2 yg sebelumnya terlantar di lemari jd bisa dipakai lg deh..jd gak ribet pakai ke ktr tinggal slup :D. Hmmm...jd kepikiran buat dijadiin usaha nih :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. ayo mba masih banyak peluangnya lho..

      Delete
  11. Nama bahan untuk membuat pasmhina yang bagus dan tidak terawang apa ya nama bahannya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai bubble pop. wollycrepe, diamond italiano yang sejenis2 ceruti

      Delete
  12. yeyyyy... alhamdulillah. pasminaku brhasil sy sulap jadi pastan. jd tinggal pake dan no ribet. alhamdulillah. trimakasih mb atas ilmunya.

    ReplyDelete
  13. Membantu sekali tutorialnya,,,untuk saya sebagai ibu rumah tangga,,,terimakasih

    ReplyDelete
  14. Yang dicontoh ini namanya
    kain apa mbak??

    ReplyDelete
  15. Yang dicontoh itu bahan kainnya namanya apa mbak?misal ukuran 75x150 bs gakk dibuat pasmina 2 loop?

    ReplyDelete
  16. Yang dicontoh itu bahan kainnya namanya apa mbak?misal ukuran 75x150 bs gakk dibuat pasmina 2 loop?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini