Wednesday, March 1, 2017

#dapurbunda : Resep Nasi Ayam Hainan Praktis

Biasanya kalo kita punya "nasi kemarin" nasib-nasibnya nih paling jadi nasi goreng kan ya.. Nah ini saya baru nemu cara mengolah nasi kemarin jadi selain nasi goreng. Nasi kemarinnya berubah menjadi nasi ayam hainan horeeeee...


Kok bisa? bukannya resep nasi ayam hainan itu nasinya dari beras yang ditanak bukan pake air biasa tapi  pake kaldu dulu? Bisa doooong..



Ini resepnya pakai resep nasi ayam hainan dari JTT (seperti biasa) dengan sedikit modifikasi. Biasanya ayam terlebih dahulu direbus dengan bumbu, kali ini saya MENGUKUS ayam yang sudah dibumbui. 

Bahan untuk mengukus ayam:
- 4 potong ayam
- 1/4 buah bawang bombay ukuran sedang iris-iris
- 2 siung bawang putih, memarkan
- 1 batang daun bawang potong-potong
- 1 cm jahe, iris tipis
- 2 sendok teh garam - 2 sendok teh kaldu bubuk instan (jika suka)
- 1 sendok makan minyak wijen
 
Bahan untuk mebuat nasi:
- nasi kemarin, kami punya 3 porsi nasi
- 1 sendok makan margarine
- 3 siung bawang putih cincang halus
- 2 cm jahe diparut atau cincang halus
- 1 sendok makan minyak wijen

Bahan olesan ayam hainan panggang:
- 1 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan soy sauce (saya pakai kecap asin)
 
Bahan kuah
- 5 sendok makan kaldu
- 5 sendok makan air 
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan soy sauce (bisa kecap asin)
- daun bawang iris secukupnya


Cara membuat
1. Kukus Ayam
- campurkan semua bahan untuk mengukus ayam di satu wadah
- kukus kira-kira 30 menit. matikan api. 
- hasilnya akan seperti ini
 
 
- di dalam wadah akan terdapat kaldu. pisahkan dengan ayamnya, lalu saring. Jangan gunakan bumbu untuk mengukus karena bumbunya telah menyerap bau amis dari ayam. 
- kaldu inilah yang akan kita campur dengan "nasi kemarin"
 
 
2. Memanggang Ayam
- campurkan bumbu oles jadi satu
- oleskan pada ayam
- panggang dengan api sedang dengan teflon
 
 
3. Membuat Nasi
- tumis dengan margarin bawang putih dan jahe parutnya
- masukkan nasi
 
- tambahkan minyak wijen
- masukkan kaldu, tapi jangan seluruhnya, sisakan sedikit untuk kuahnya (saya kemarin gak disisain lah.. lupa huhu.. jadinya gak ada kuah tapi tetep enak)
 
 
- aduk rata
- kecilkan api, masak hingga kaldu terserap sempurna pada nasi kira-kira 10 menit.

4. Membuat kuah
- campur semua bahan kuah
- sajikan (hahaha..)


Sesungguhnya saran penyajian nasi ayam hainan ini tidak seperti gambar di atas. Harusnya nasinya dalam satu piring, ayam dalam piring tersendiri, juga kuah dalam mangkuk sendiri. Karena keterbatasan properti, kerempongan emak tiga anak tanpa asisten, alhasil fotonya begini aja. Maaf yaaa... kan yang penting idenya hahaha..


Semoga menginspirasi ya buibu.. 
Biasanya ibu-ibu nasi kemarinnya diapain? Share dong :D

2 comments:

  1. des, itu nasinya jadi benyek ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mba.. Soalnya kalo pake nasi kemaren kan udah mulai keras nasinya. Setelah ditambah kaldu jadi balik lg ke tekstur nasi biasa mba..

      Delete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini