Tutorial Mengubah Kaos Oblong Menjadi Sabrina/Off Shoulders yang Kece!

Assalamu'alaykum...


Sejak saya berubah status dari wanita biasa menjadi ibu menyusui, banyak sekali hal yang berubah tentang saya. Apa sih spesialnya ibu menyusui? Selain ibu menyusui kurang tidur dan laper mulu, ibu menyusui itu spesial karena gak bisa pakai sembarang baju. Ibu menyusui harus pakai baju yang busui (ibu menyusui) friendly. Baju bukaan depan yang memudahkan akses menyusui. Baju busui friendly ini biasanya identik dengan kancing depan, resleting depan, atau celah tersembunyi di bagian depan baju. 

Kalau dulu sebelum jadi busui saya memilih baju berdasarkan warna, harga dan modelnya. Sekarang saya memilih baju berdasarkan dimana letak kancingnya heu.. Kaos oblong udah lama dilupakan. Suami pun kalau mau beli baju buat istrinya pasti mikir "bisa dipake buat nyusuin bayi kami gak nih" hahaha... 

Nah beberapa waktu yang lalu suami dapet oleh2 kaos oblong dari temennya, sayangnya kaosnya kekecilan. Saya jadi kepikiran, kayaknya kaos oblong gini cocok juga dirombak jadi model sabrina. Oleh karena itu kemarin saya coba eksekusi. 

model sabrina, bisa dipake nyusuin kaaaaan..
(sumber gambar : prelo.co.id)

Berikut tutorial mengubah kaos oblong biasa menjadi sabrina (off shoulders) yang busui friendly. Check it out!

1. kita lipat dua bajunya seperti ini


2. Lalu potong seperti garis ini kira2 bagian lehernya akan jadi selebar 120 cm. Lebar banget ya... 


3. obras bagian yang dipotong tadi. Tujuan mengobras kain adalah agar kain tidak "mbrudul" atau benangnya terlepas. 


Nah kalau kamu belum punya mesin obras, kamu bisa pakai teknik "lipat dua kali" sebelum dijahit. Jadi, bagian ujung bekas guntingan tadi tersembunyi dalam jahitan. 

4. setelah diobras, balik baju, lalu lipat bagian yang telah diobras td ke dalam, jahit lurus sampai selesai


5. Ambil karet elastis sepanjang lebih kurang 55 cm. Jahit zigzag di bawah bagian yang telah di jahit tadi seperti gambar di bawah. Jahit sambil karetnya ditarik agar karet yang sepanjang 55 cm ini bisa melingkupi lebar bukaan leher yang 120 cm tadi.
Jahit sampai ujung karet bertemu. Hasilnya akan jadi seperti ini. 


6. Kalau kamu belum punya mesin jahit, project ini bisa kamu kerjakan dengan menjahit manual menggunakan tangan. Jika kamu menjahit manual, di langkah ke empat (4) jangan jahit sampai selesai. Sisakan sekitar 2  cm lubang untuk memasukkan karet. Sehingga karet tidak perlu dijahit zigzag. Keluarkan karet, satukan ujung karet. Lalu tutup lubang 2 cm tadi. Selesai. 


Kalau kamu gak nyaman dengan bahu terbuka, baju ini bisa juga dipakai di atas bahu jadi peasant top yang lucu.

Peasant top , lucuuuuu!!
(sumber gambar : etsy.com)


Biar lebih jelas, berikut sudah saya siapkan video tutorialnya. Dilihat yuk..


Btw saya lagi mikir bisa gak ya, saya bikin video tutorial jahit seminggu sekali trus di upload di channel youtube saya. Ada yang mau lihat gak ya? Hihihi..

Comments

  1. Kalau video tutorial biasanya ada yang nonton, Mbak. Malah banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba... saya juga suka nonton video tutorial

      Delete
  2. Aku banyak banget kaos GA kepake, jadi punya ide buat beginian heheheh

    ReplyDelete
  3. Waaah makasih inspirasinyaaa, kebetulan punya baju yang kebar juga bagian kerahnya 😍

    ReplyDelete
  4. Kereeeenn Mbak.. Jadi pengen juga rombaknya, tp klo yg berhijab kudu pake hijab yg syar'i yah biar tetap ketutup 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. aku pakenya buat baju rumahan aja biar aman

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular Posts