#InspirasiBisnis : Bisnis Kurma, Si Kecil dengan Untung Besar



Haihai… Assalamu’alaykum..

Mulai hari ini, blog www.desniutami.com akan punya tema tulisan #InspirasiBisnis yang insyaAllah akan tayang sebulan sekali. Berawal dari ketertarikan di dunia bisnis yang membawa saya lolos program wirausaha di kampus, saya jadi punya banyak kenalan pebisnis muda. Ditambah lagi sekarang ikut grup whatsapp yang isinya ibu-ibu pebisnis. Rasanya sayang sekali kalau semangat berbisnis ini tidak diiringi dengan semangat menebar manfaat. Oleh karena itulah saya coba-coba menuliskan #InspirasiBisnis agar semakin banyak yang bersemangat berbisnis dan semakin banyak penduduk Indonesia yang berdaya.

Panjang ya pembukaannya heuheu..

Nah kali ini saya telah mewawancarai seorang kakak kelas, sekaligus mentor  saya,  Mba Paramitha Messayu. Ibu muda yang biasa dipanggil Mitha ini punya beberapa unit bisnis. Tapi yang mau saya bahas sekarang adalah bisnisnya Mba Mitha yang lagi hits banget, bisnis kurma Premium Dates. Hits banget kaaaan… Sebulan lagi Ramadhan soalnya. Simak yuk…

Mba Mitha dan kembarannya keluarga kecilnya

Perkenalan sedikit ya..
Nama : Paramitha Messayu (Mitha, Ummu Adzkia)
Tanggal Lahir : 24 Mei 1987
Unit Bisnis :
- Perlengkapan ibu dan anak www.lovemomnkid.com
- Kerudung dan mukenah anak www.funkids.com
Pendidikan :
- S1 Kimia IPB 2005 (Angkatan 42)
- S2 Bioanalytical Chemistry at National Chiayi University, Taiwan
Status : Menikah 

Hai Mba Mitha, dari mana sih dapet ide jualan kurma?

Awal berbisnis kurma karena ada tetangga dekat yang bertanya saat Ramadhan 2012, “mba Mitha jualan kurma gak?”
 
Nah coba jualan, nyetok cuma paling 50kg berbagai jenis kurma. Eh permintaannya bagus banget ternyata... Sekarang persiapan stok mencapai 5 ton kurma.

Dari taun 2012 itu jual kurma biasa-biasa aja. Trus tahun 2014 akhirnya bikin brand sendiri, Premium Dates. Premium dates ini sudah beberapa kali tranformasi kemasan sampai jadi kayak sekarang.

Kemasan Premium Dates Ajwa

Kemasan Premium Dates Tunisia

Itu kece lho Mba kemasannya.. Eh iya, kenapa namanya Premium Dates mba?

Jadi gini Des.. Kurma biasanya dijual curah. Gak ada standar penyimpanan, pengemasan dan juga kualitas. Aku mau ningkatin nilai jual kurma dengan bikin standar penyimpanan, pengemasan sampai pemilihan ukuran kurma yang dijual. Jadi kurma yang kami jual ini kurma kualitas premium. Agar tercermin kualitas dan merknya, maka kami pilih PREMIUM DATES sebagai merk dagang.

Trus melihat berbagai macam manfaat Kurma, kami ingin meningkatkan "value" dari kurma ini. Kan biasanya kurma hanya sekedar pangan rutin sebagai sunnah saat Ramadhan. Nah kami ingin mengedukasi juga bahwa kurma ini superfood yang bisa menjadi camilan fungsional penuh manfaat sepanjang tahun.

Salut ih sama alasan dibalik Premium Dates. Eh iya Mba, bisnis kurma tuh seru gak sih?

Bisnis kurma itu asyik banget... Kenapa? Karena berdasarkan pengalaman berbisnis kurma sejak 2012 ternyata minat warga Indonesia terhadap kurma tuh sepanjang tahun. Padahal pengadaan kurma dari Saudi ataupun negara timur tengah itu terbatas di waktu tertentu (di luar bulan Haji). Sehingga supply yg terbatas namun memiliki demand yang tinggi menjadi barang "menarik" untuk dijual. Sehingga ilmu Bisnis dan strategi bisnis bisa dikembangkan dan dipelajari dengan Jualan Kurma

Wah menarik nih, trus apa risiko jualan kurma?

Pusing sama permintaan yg banyak, hehe... Seperti yang aku sampaikan tadi, Des… Kurma ini pengadaannya terbatas. Padahal permintaannya banyak. Apalagi menjelang Ramadhan. Kalau di luar Ramadhan, permintaan banyak namun barangnya sulit karena dari negara asal terbatas.

 

Ckckck.. sampe gitu ya.. Mba Mitha jualnya kurma jenis apa aja?

Ada kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW, kurma Ajwa. Ada kurma palestina yang besar, kurma Medjool. Ada juga kurma yang udah familiar banget di Indonesia seperti kurma tunisia tangkai, tunisia madu, kurma mesir, kurma medinah, lulu dan khalas. Kami menjual dengan berbagai ukuran kemasan. Mulai dari 250 gram sampai 5 kilogram. Harga kurmanya juga beragam mulai dari Rp.30.000 sampai Rp.2.000.000.-

 
Premium Dates Tunisia Tangkai (kredit to Diki dan Linda)

Kalau boleh tau, berapa Mba omset jualan kurma?

Omset jualan kurma saat ini per tahunnya sekitar 300-400 juta rupiah dan trend nya terus meningkat setiap tahunnya.

Sekalinya ngirim kurma "Woooowww..."

MasyaAllah… Baarokallah Premium Dates. Trus kalau sudah begitu Mba Mitha pasti ada strategi pemasaran dong ya… Apa nih strateginya?

~ Membangun Tim Bisnis (internal) yang solid
~ Merekrut Tim Penjualan (eksternal) yang semangat selalu
~ Penetrasi ke semua Marketplace ternama, Lazada, Mataharimall, Blanja, Elevenia, dll agar pasar seluruh Indonesia bisa menjangkaunya
~ Pengembangan tim pemasaran usaha lainnya

Dengan strategi marketing ini berarti target pasarnya Premium Dates unik ya Mba?

Nah iya, jadi target pasar kami ada 2 nih Des
~ Tim Penjualan yang ingin menambah penghasilan dengan penjualan kurma
~ End User via Marketplace ternama dan Website yang tertarik dan merasakan manfaat kurma untuk kesehatan kita
Jadi kalau mau beli kurma bisa via marketplace seperti Tokopedia dan website kami di www.premiumdates.id  atau via agen kami. Daftar agennya bisa diklik disini.



Gimana tuh, seru kan jualan kurma. Dengan peek season selama 3 bulan dengan ramadhan sebagai centralnya , omsetnya bisa 300-400jeti book…  Kalau jadi kepengen jualan kurma juga kayak Mba Mitha, dari pada repot bangun usahanya, yuk cobain dulu gabung jadi agen Premium Dates. Syaratnya mudah plus dapet promosi gratis dari premiumdates pusat.

Mau kenal lebih dekat dengan Mba Mitha, bisa add facebooknya https://www.facebook.com/pmessayu 

Comments

  1. wow mba masyaAlloh dari jualan kurma omsetnya sampe segitu, saya jadi tergiur :) ah akan saya nantikan postingan bisnisnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah udah sebulan lebih belum ada lagi postingan inspirasi bisnis disini huhu

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini

Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Pashmina Instan ala Nurina Amira

Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian