Tuesday, October 10, 2017

Santan untuk Perawatan Wajah ala Korea

Seperti yang pernah aku ceritakan di postingan sebelumnya soal skin care, aku lagi rajin banget nontonin youtube soal skin care. Apalagi video 10 step korean skin care routine. Salah satu youtubers yang lagi rajin-rajinnya ngebahas skin care saat ini adalah SUHAYLAH SALIM alias Suhay Salim. Yang mana Suhay adalah seorang beauty vlogger paling hits di Indonesia. Segala produk yang dia review langsung jadi trend dan habis dipasaran. Contohnya aja kemarenan masker Freeman konon katanya habis di Malaysia karena diborong orang Indonesia. 



Sebagai wanita sejati yang mudah dibujuk rayu, aku pun terpengaruh sama reviewnya Suhay Salim hahaha.. Bukan buat nyobain semua produk yang dia pakai sih ya, gak kuat aku nego modalnya ke Pak Suami. Aku tertarik buat nyobain ngerawat kulit, menutrisi kulit sedetail Suhay merawat kulitnya. Aku jadi tertarik sama 10 step korean skin care routine. 

10 Korean skin care routine setau aku urutannya gini, kita bahas dikit ya
  1. first cleanser
    jadi fungsinya buat bersihin muka dari kosmetik, kotoran atau minimal skincare yang dipakai sebelumnya. Ada beberapa jenis first cleanser yaitu cleansing oil, cleansing wipes dan cleansing cream. Pilih salah satu aja mana yang cocok diwajah.
  2. face wash
    Sabun cuci muka. Udah pada tau lah yaaa..
  3. wash off mask
    Maksudnya masker yang dicuci, sejenis clay mask atau mud mask.
  4. exfoliator
    Biar makin bersih orang korea biasanya pakai exfoliator buat mengangkat daki  kulit mati di wajah. Tpi exfoliator jangan tiap hari ya, biasanya orang korea minimal exfoliasi 2x seminggu.
  5. essense
    Ada juga yang setelah step exfoliasi pakai step toner. Ya sama ajalah ya, sama-sama banyaknya haha.. Essense ini contohnya FTE nya SK II, lotionnya Hada Labo, STE nya Secret Key, FTE nya Wardah, PHTE nya Avoskin dll. 
  6. serum
    Serum ini disesuaikan sama kebutuhan kulit ya, tapi kayaknya yang paling diminati orang Indonesia adalah serum vitamin C karena fungsinya untuk mencerahkan kulit.
  7. moisturizer
    untuk melembabkan wajah. Wajah sehat itu salah satu cirinya adalah lembab, terhidrasi, kenyal.
  8. eye cream
    Karena lingkar mata yang hitam itu ngaruh banget di kesegaran wajah ya. Tapi rasanya eye cream mah gak ngaruh-ngaruh pisan. yang ngaruh itu adalah tidur yang cukup hihihi..
  9. sleeping pack (night)/ Sunblock (day)
    kalo siang pakai sunblock atau tabir surya, kalau malam pakai sleeping mask.
  10. sheet mask
    Masker lembaran yang tinggal templok di muka, diemin beberapa menit, lepas, tidur deh. Kalo siang ya kayaknya cuma sampe sunblock ya..

Huft banyak ya hahaha.. Berlapis-lapis. Tapi kalo yang ngikutin Suhay dari lama, pasti bisa liat bedanya Suhay sebelum rajin skincare-an sama sekarang. Beda banget kulitnya kelihatan glowing-glowing sehat. Kan jadi menginspirasi ya (:p)

Nah balik lagi ke judul. Jadi apa hubungannya dengan santan? 



Beberapa waktu yang lalu salah satu blogger yang blognya aku follow menceritakan pengalamannya menemukan skin care yang cocok buat dirinya, yang bebas paraben dan bahan kimia sintetik lainnya. Sebenernya ya aku gak masalah sih sama paraben, tapi baca blognya jadi penasaran pengen nyoba juga. Beliau menceritakan pengalamannya menggunakan SANTAN KEMASAN untuk merawat kulitnya dan hasilnya glowing cantik.


Kenapa santan kemasan? Pertama karena gak ribet. Kedua karena mudah di dapat. Gak harus ke pasar, di minimarket depan rumah juga ada. Ketiga karena murah. Cuy, sebungkusnya cuma TIGA RIBU RUPIAH bisa buat beberapa hari tuh. Bisa dimasak pula hihihi.. Keempat teksturnya creamy, gak kayak santan yang beli di pasar yang cenderung terlalu cair.


Bahaya gak sih? Ya enggaklah ya insyaAllah, masuk perut, masuk badan aja bisa apalagi cuma dioles-oles di kulit gitu.
kandungan pada santan kemasan dan label halal MUI

Santan kelapa kaya akan kandungan lauril acid yang secara alami mempunyai sifat anti-bakteri dan  anti-virus, serta anti-jamur tapi sekaligus juga bisa melawan resistansi terhadap antibiotik. Selain itu, secara alami minyak dan santan kelapa juga mengandung anti-oksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Gak cuma itu, minyak dan santan kelapa juga mengandung vitamin (C, E, B1, B3, B5, B6), zat besi, zat tembaga,  seng, selenium, kalsium, potasium, magnesium, dan fosfor. (sumber : plovea.com)


Jadi menurut mbaknya santan bisa digunakan sebagai first cleanser, bisa juga buat face wash, wash off mask, exfoliator, dan sleeping mask. Kece kan? 

Santan First Cleanser

Cara pakainya dengan mengoleskan santan rata di wajah, lalu pijat memutar, lalu lap dengan kapas wajah. Oh iya untuk pijat memutar ini aku menggunakan metode pijat wajah ala jepang. 

sumber gambar www.diindrihijab.com

Berasa banget sih bersihnya pakai santan sebagai first cleanser. Bahkan rasanya lebih bersih dari pakai susu pembersih biasa.

Kalo blogger yang aku jadikan referensi ini tidak mencuci wajah dengan face wash lagi karena suka sensasi minyak dan lembabnya, aku tetap pakai face wash. Karena aku merasa ini agak berminyak. Jadi aku masih tetap pake face washku yang biasa (Hada Labo Gojujyun). Setelah dicuci aku masih merasakan sensasi lembab dan lembutnya kulitku.


Baca Juga : Review Skin Care Hada Labo

Santan Exfoliator

Caranya dengan mengaplikasikan santan agak tebal di wajah lalu biarkan mengering. Kemudian pijat memutar. Mirip seperti water based peeling dari V10 Plus yang aku coba kemarin. Exfoliasi dengan santan ini juga berasa banget ngankat sel kulit matinya. Apalagi pas lagi kotor-kotornya. Dakinya sampai hitam hihihiy.. Dan serunya pas lagi ada jerawat, ada sensasi cekat-cekitnya yang konon "katanya" itu karena rekasi santan melawan bakteri pada jerawat (semoga bener cmiiw hahaha..). Yang paling aku suka  sejak rajin skin care-an ini, aku hampir gak pernah punya masalah komedo lagi. Yihaaaaa!

Hasil exfoliasi dengan santan

Baca Juga : Review Skin Care V 10 Plus Indonesia


Santan Wash Off Mask

Mirip dengan exfoliator tadi, cukup oleskan santan agak tebal, diamkan mengering, lalu cuci bersih. Bisa jua ditambah madu dan oat. Makin seru deh maskerannya. 

Santan Sleeping Mask

Kalau ini aku masih belum nyobasi. Masih khawatir sama wanginya, takut ganggu Pak Suami heuheu.. Aku juga kurang nyaman kalo kelamaan nyium wanginya nempel di wajah. Takut halusinasi makan nagasari hahaha..

Konon khasiat santan untuk wajah sama dengan minyak kelapa alias Virgin Coconut Oil (VCO), sama-sama kaya lauril acid. Tapi ya santan lebih murah dan lebih mudah didapat. Jadi kenapa milih yang ribet ya.

Sejauh ini aku suka sama khasiat santan untuk perawatan wajah ini. Berasa cerahnya, bersihnya, lembab dan juga lembutnya. Cobain yuk, semoga cocok ya di kulit kamu juga. 

Salam

4 comments:

  1. Pas nih. Saya juga ada santan instan di rumah. Kalau masak, saya gak pernah pakai santan instan. Waktu itu beli buat singkong thailand. Tapi karena gak jadi bikin, kaaknya santannya buat perawatan wajah aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba myra, saya jadi bikin singkong thailand gara-gara komen mba hihihi

      Delete
  2. Hah ciyus nih pake santen. Tapi dipikir2 bener sih kan santen juga produk kelapa yang bisa bikin muka wangi kolak. Hehe. Tak coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha.. jadi mau coba biar mukanya alus atau mukanya bau kolak?

      Delete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini