Tuesday, November 28, 2017

Berencana Ke Pekanbaru? Kamu Harus Cari 5 Makanan Ini

Indonesia merupakan negara besar dengan banyak budaya. Budaya ini berbeda-beda di setiap provinsi, kota bahkan desa. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat (wikipedia). Kuliner juga merupakan bagian dari budaya masyarakat. Maka belum lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khasnya.


Provinsi Riau, khususnya Pekanbaru punya beberapa kuliner khas yang harus kamu coba kalau datang kesini. Ini kuliner khas beneran ya, bukan oleh-oleh artis kekinian hihihi.. Apa aja sih? Ini dia..


1. Pisang Kipas


sumber gambar : IG @pisangkipasbananas

Pisang kipas adalah pisang goreng tepung yang berbentuk seperti kipas. Sebenarnya mungkin pisang goreng jenis ini banyak di kota lain. Tapi kalau kamu ke Pekanbaru, kamu harus cobain pisang kipas dari Banana House, Jalan Kaharudin Nasution ini. Lokasinya dekat dengan bandara, jadi kalau kamu mau pulang ke kotamu, tidak ada salahnya mampir sebentar dan beli oleh-oleh disini. 

Harga pisang bervariasi mulai dari Rp.2.000,- hingga Rp.4.000,- Kita juga bisa memilih ingin pisang yang sudah digoreng atau pisang cepat saji yang belum digoreng.
Banana House ini buka dari pukul 08.00-22.00 WIB. 
Telepon  0852-6565-0909 bisa juga pesan via go-jek.


2. Lepat Bugi 

Lepat Bugi adalah jajanan tradisional khas kampar yang terbuat dari ketan dan santan dengan isian kelapa di dalamnya. Mungkin di daerah lain ada juga makanan sejenis dengen penyebutan yang berbeda, namun kamu harus coba lepat bugi ketan hitam dari Lepat Bugi Asli Bu Elis Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad. Bikin nagih.

Lepat Bugi ini dijual dalam plastik mika, isi 10 harga Rp.12.000,- di Lepat Bugi Asli Bu Elis ini ada juga jajanan tradisional lainnya seperti talam, puding jagung dll. 
Telepon : 082285493775


3.  Bolu Kembojo

Di Palembang bolu ini disebut Bolu Kojo. Terbuat dari telur, santan, gula dan ekstrak pandan. Apa yang jadi pembeda bolu kembojo Pekanbaru dan Palembang. Di Pekanbaru ada bolu kembojo mini. Lebih garing dan lebih berasa komposisinya. Bolu kembojo mini bisa dibeli di tokoh oleh-oleh Bolu Kembojo Mimie Jalan Pepaya Pekanbaru. Bisa juga dipesan via Go-Jek. Harganya murah, 1 kotak bolu kembojo mini isi 10 harganya Rp.18.000,- ada juga ukuran besarnya sebesar mangkuk bakso, harganya Rp.15.000,- per kotak. 
Telepon : 0812 7573 9161

dokumentasi pribadi

4. Lemang

Lemang adalah makanan khas orang melayu. Baik Melayu Sumut, Melayu Sumbar, Riau, Melayu Jambi, Sumsel, Bengkulu, sampai Lampung. Melayu kalimantan hingga Melayu Malaysia pun suka lemang. Lemang terbuat dari beras ketan putih dan santan, dimasak dalam bambu dan dibakar. Kalau di Pekanaru lemang bisa ditemui setiap siang-sore hari di pinggir Jalan Jendral Sudirman, di antara dua fly over. Kalau saya merekomendasikan untuk menikmati lemang ini dengan gulai cincang, rendang atau sambal jeroan. Wuenaaaaaak..

Lemang juga bisa dijadikan oleh-oleh lho. Bisa dibawa beserta bambunya atau minta dipotong ke ibu penjualnya. Harganya Rp.30.000,- hingga Rp.35.000,- 


5. Asam Pedas Baung

Sumber gambar : FB Sultan Resto PKU

Aduh salah bener nulis beginian malem-malem, laper guys hahaha...
Ada banyak resto yang menyajikan asam pedas baung, tapi kamu harus coba makan di Resto Sultan, Jl. Ronggowarsito. Kenapa di Sultan. Karena dekorasinya yang klasik, menawan, harganya normal dan reasonable. Plus kalau ke resto ini kamu bisa sekalian belajar tentang sejarah kerajaan Siak Sri Indrapura, dan bikin kamu penasaran abis pengen ke Istana Siak Sri Indrapura. 
Telpon : 0761 8402248


Sultan Resto sumber FB Sultan Resto


Dari kelimanya, mana yang paling bikin kamu penasaran?

4 comments:

  1. Orang Pekanbaru mbk? Wah sama. Btw, salam kenal ya mbk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mba.. saya orang palembang yang sekarang tinggal di pekanbaru hihi

      Delete
  2. Saya dulu waktu kerja pernah tinggal di Pekanbaru... tapi belum pernah coba yang di atas(yang dari Pekanbarunya, kalau dari kampung saya udah pernah, kecuali kue kembojo..)
    Lemang jadi bikin kangen pulang euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba zahraflo kampungnya dimana? lemang emang juara ya mba, anak-anak saya juga doyan banget! :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini