Saturday, December 23, 2017

#LifeHack : Cara Mudah Mencuci AC sendiri


Hal yang pertama kali kami beli setelah dapet rumah kontrakan di Pekanbaru adalah AC alias air conditioner aka penyejuk ruangan. Panas banget gaes... Setelah cari-cari akhirnya dapet juga AC promo, samsung. Tiap kurang lebih tiga bulan, ac ini pasti minta dicuci. Dia menunjukkan gejala-gejala seperti dinginnya beda, berasa udaranya kotor (btw keluarga kami alergi debu, jadi kalo acnya kotor, serumah bersin-bersin mulu), dan kipasnya berisik kayak kepayahan gitu. Gimana coba bunyi kipas ac kepayahan hahaha..



Sejak beli ac ini, sampe sekarang kami gak pernah pake jasa service ac buat bersihin ac, alhamdulillah. Kami selalu nyuci sendiri. Awalnya karena pas pertama mau nyuci ac trus manggil jasa service ac, abangnya gak dateng-dateng. Ditungguin dari pagi, ditelpon tiap tiga jam, tapi gak dateng-dateng. Bilangnya mau dateng siang, siang bilangnya sore, sore bilangnya malem. Serius nih? Alhasil dibatalin aja. Jengkel banget itu, gak bisa keluar rumah karena nungguin dia, eh dianya gak dateng.

Besoknya suami langsung googling cara nyuci ac sendiri. Beliau nonton tuh video-video di youtube, baca artikel-artikel yang berujung pada belanja plastik khusus buat cuci ac. SERIUS NIH BANG?!

kami belinya di bukalapak, bukan promo dan gak dibayar, cuma buat kasih gambaran ajyaaaah

Ini nih plastik buat cuci acnya. Harganya sekitar tiga puluh ribuan. Udah dapet plastik plus selang buat ngalirin air bekas nyuci ac ke pembuangan. Ini bisa buat berkali-kali pake ya.

Apa aja sih alat buat bersihin ac? Ini dia
- selang air biasa
- kanebo/lap dipakai untuk mengelap ac dan atau untuk menutupi mesin ac saat pencucian agar tidak terciprat air
- obeng untuk membuka ac
- ember besar untuk menampung air bekas cucian ac
- lap pel untuk membersihkan lantai jika air bekas cucian mbleber (?)
- plastik cuci ac
- tangga buat manjat-manjat

Nah ini ada video saat kami mencuci ac sendiri di rumah


1. Matikan stop kontak ac

2. Siram bagian luar ac (outdoor) dengan bantuan selang air.
Usahakan air yang keluar dari selang bertenaga besar (kencang). Agar memudahkan debu-debu rontok dari ac. Siram dari segala arah, depan, belakang, kanan dan kiri. menyiram bagian outdoor ac ini aman kok, kena hujan deras aja dia boleh hehe..

3. Masuk ke bagian indoor ac. Buka cover ac + saringan. Gunakan obeng untuk membuka baut-bautnya.

4. pasang plastik khusus untuk cuci ac. Di plastik ini ada dua buah tali di bagian kanan dan kiri plastik. Tali ini akan disambung di atas ac agar pastiknya tidak jatuh. Pastikan plastiknya dipasang dengan benar, agar air cucian ac tidak mbleber kemana-mana

5. Letakkan ember di bawah selang air sambungan dari plastik cuci ac. Ember ini untuk menampung air sisa cuci ac.

6. Siram ac, pastikan debu-debunya rontok semua.

7. Jika dirasa kurang bersih, bongkar bagian lain yang kotor dan bisa dicuci dari ac ini seperti tabung kipasnya. Sikatlah bagian kotor ini, kalau perlu bisa menggunakan sabun cari pencuci piring agar kotoran cepat rontok.

8. Lap dengan lap kering bagian ac yang sudah dicuci.

9. Setelah kering pasang lagi. Pertama kali kami membongkar ac ini, bautnya lebih satu hahaha..

10. AC siap dinyalakan.


Setelah pencucian langsung berasa deh bedanya, berasa banget dinginnya kayak baru lagi. Padahal tidak pernah ditambahkan atau diisi ulang freon lagi. Ternyata pemambahan freon ac saat kita mencuci ac dengan batuan tukang service ac adalah teknik marketing agar bisa dapat lebih banyak keuntungan.

gas Freon bisa saja menguap karena terkena panas, namun rate penguapan Freon AC juga sudah dipikirkan oleh pabrik pembuat AC agar Freon tidak perlu diisi ulang dalam kondisi pemakaian normal sampai seumur AC-nya. (nationalelektronik)
Kemungkinannya sangat kecil pipa ac bocor sehingga freonnya bisa habis atau berkurang.

Nyuci ac sendiri ini seru sih bagi kami, kami jadi dapet banyak pengetahuan baru dan serunya jadi bisa quality time bareng keluarga dengan cara yang beda.

Semoga artikel ini bermanfaat ya..
xoxo

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini