Friday, March 9, 2018

Pilihan Frame Kacamata di Optik Tunggal || Tips Memilih Kacamata Untuk Wanita Berhijab


lensa kacamata berkualitas
Kacamata dari Optik Tunggal

Pilihan Frame Kacamata Berkualitas di Optik Tunggal -  Saya memutuskan berhijab di tahun 2007, saat itu akhir kelas 10 SMA. Artinya saat saya mulai berhijab, saya masih abege centil yang kebanyakan gaya. Jadi walau berhijab saya masih ingin terlihat modis. Sayangnya karena malas dan gak pede-an plus tuntutan sekolah, ya gaya hijab saya sangat sederhana - menjulur menutup dada, itu-itu saja. Keinginan tampil modis itu jauh, Jendral! haha.. Apalagi di tahun 2007 masih lumayan jarang anak SMA berhijab. Hijab masih identik dengan kesan tua. Biasanya wanita yang memakai hijab cuma dua golongan, anak kuliahan atau ibu-ibu. Tua banget kaaaaan.. Akibatnya agar tetap mencerminkan pribadi saya yang muda dan enerjik, saya rajin melengkapi gaya hijab saya dengan aksesoris warna-warni.

Tahun 2009 keinginan tampil modis itu diuji lagi. Karena sering menonton televisi keseringan membaca, mata saya menderita miopia alias rabun jauh. Selain wajah yang sudah boros dari sananya dan hijab yang membuat saya tampak tua, saya juga harus menggunakan kacamata. Huwaaaa.. makin tua deh.

Saya yang dilingkari merah, bajunya beda sendiri karena habis ikut lomba nyanyi πŸ˜†

Sebenarnya saya sudah harus menggunakan kacamata sejak kelas 10 SMA, tapi saya menolak karena saya tidak cukup percaya diri menggunakan kacamata. Selain kesan tua, memakai kacamata saat itu mengingatkan saya pada sosok Betty La fea. Kan saya jadi parno haha.. Setelah dua tahun mengabaikan miopia, akhirnya rabun saya makin parah. Saya kehilangan kemampuan saya melihat jauh tanpa kacamata. Gila ya, bisa-bisanya saya membuat pertarungan sendiri kesehatan mata vs fashion hanya karena Betty La Fea πŸ™ˆ.

foto dari imdb.com

Saya akhirnya berkonsultasi pada dokter, hasilnya ya saya harus menyerah dan mulai memakai kacamata. Saya kena omel panjang lebar soal malas menggunakan kacamata. Menurut dokter, malas menggunakan kacamata justru membuat minus mata bertambah. Mata terus dipaksa untuk bekerja keras mencari pandangan yang paling jelas, mata menjadi mudah lelah. Mata lelah inilah yang mengakibatkan minus mata bertambah. Selain itu kacamata minus juga bisa melindungi lensa mata dari paparan sinar ultraviolet. Mata yang terpapar sinar ultraviolet dengan lebih sering dan bisa memicu kekakuan pada lensa mata. Hal ini juga bisa berimbas buruk pada bertambahnya minus pada mata. Serem yak..

Sayangi matamu #LoveYourEyes. Oleh karena itu jangan pernah membenturkan kesehatan mata vs fashion ya. Bisa lho tetap fashionable walau berkacamata. Tinggal pintar-pintar memilih kacamata yang sesuai. Apalagi sekarang sudah banyak sekali bentuk-bentuk kacamata yang pasti dapat mewakili identitas pemakainya.

Persoalan tidak sampai disini saja, ternyata memilih kacamata untuk wanita berhijab tidak mudah. Jika orang biasa memilih kacamata dengan menyesuaikan bentuk wajah, kami wanita berhijab punya lebih banyak pertimbangan dalam memilih kacamata. Berikut tips membeli kacamata untuk wanita berhijab ala saya

Pilih kacamata sesuai bentuk wajah
Ini adalah prinsip paling dasar dalam memilih kacamata, mau pakai hijab atau tidak. Mau rambut panjang atau botak, memilih kacamata sesuai bentuk wajah adalah dasar pemilihan kacamata.
frame kacamata kualitas dunia
Berbagai bentuk wajah, gambar dari Optik Tunggal

  1. Wajah Triangle/Segitiga
    • Jika kamu berwajah segitiga pilihlah bingkai kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya, jenis bingkai nylor atau half frame bisa menjadi pilihan. Frame jenis ini dapat meminimalkan lebar dagu dan menyeimbangkan sisi atas dengan bagian bawah wajah Anda. Hindari pemilihan bingkai dengan gagang yang lebar.
  2. Wajah Oval
    • Bentuk bingkai kacamata apapun cocok bagi kamu yang memiliki wajah oval dan dapat mengikuti trend fashion kacamata. Hal yang perlu dihindari adalah bingkai bentuk ekstrim dan lebarnya melebihi bagian terluas wajah.
  3. Wajah Oblong/Panjang
    • Untuk kamu yang memiliki wajah oblong atau panjang, pilihlah bingkai kacamata bentuk kotak dengan gagang kacamata yang lebih rendah. Hal ini akan membuat wajah tampak lebih lebar dan pendek. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai kacamata yang lebih lebar dari wajah.
  4. Wajah hati/Heart
    • Kamu yang berrwajah hati pilihlah bingkai kacamata yang meminimalkan bentuk bingkai bagian depan maka bingkai kacamata frameless/frame tanpa bingkai dapat menjadi pilihan. Hal ini membuat dahi dan rahang seimbang dan meminimalkan  lebar dahi dan menarik mata ke bagian bawah wajah kamu. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai dengan posisi gagang kacamata yang tinggi.
  5. Wajah Bulat
    • Pilihlah bingkai kacamata bentuk persegi atau kotak dengan posisi gagang kacamata tinggi. Bentuk kotak atau persegi ini akan membuat wajahmu kelihatan lebih panjang. Hal yang perlu dihindarai adalah bingkai bundar dan gagang kacamata tebal dan warna gelap.
  6. Wajah Kotak
    • Kamu bisa memilih bingkai kacamata bentuk oval atau bundar, karena kacamata bulat ini untuk menyamarkan garis wajah atau memberi garis lengkung wajah dan membuat wajah lebih panjang. Hal yang perlu dihindari adalah memilih bingkai kotak.
  7. Wajah Wajik/Diamond
    • Untuk yang memiliki bentuk wajah wajik pilihlah bingkai kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya seperti bingkai kacamata half frame/Nylor. Hal ini untuk mengurangi bentuk wajah yang bersudut. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai bersudut. (sumber : Optik Tunggal)

Jadi wajah kamu bentuknya apa?
Nah kalau kamu ragu tentang bentuk wajahmu, kamu bisa tanya langsung ke karyawan optiknya “mba/mas wajah saya ini bentuknya apa ya? Cocoknya pakai kacamata yang seperti apa?”


Pilih kacamata sesuai dengan hijab favorit
lensa kacamata berkualitas
Beberapa hijabers yang tetap cantik dengan kacamatanya : Gita Savitri, Zahratul Jannah, Ria Miranda
Kita pasti punya hijab favorit kan? Nah.. saat ingin membeli kacamata, pakailah hijab yang paling disuka dan paling sering dipakai. Entah itu karena modelnya, warnanya, bahannya, petnya, dll. Pakailah hijab yang menurutmu membuat kamu terlihat paling cantik saat hendak membeli kacamata. Sehingga kamu lebih mudah dan lebih nyaman mencocokkan model kacamatanya dengan gaya keseharianmu. 


Hindari kacamata dengan gagang besi
Menurut pengalaman saya setelah 11 tahun berkacamata dan berhijab, kacamata dengan gagang besi dapat menjepit rambut yang ada di sekitar lipatan gagang kacamata. Sehingga saat kita hendak melepas kacamata, rambut akan ikut tertarik keluar dari jilbab. Rambut yang keluar hijab ini sangat mengganggu sekali bagi hijabers. Selain rambut jadi keluar hijab dan aurat jadi kelihatan, hijabnya juga jadi berantakan. Padahal kita tentu sering sekali melepas kacamata untuk berbagai alasan seperti membersihkan kacamata, untuk wudhu, saat sholat, saat menangis nonton drama korea dll.

Pilihlah kacamata dengan gagang plastik. Selain tidak menjepit rambut, kacamata dengan gagang plastik juga anti karat. Gagang kacamata kita tersembunyi di balik hijab dan ciput, sangat rentan berkeringat. Dan keringat yang terkena gagang besi akan menimbulkan karat. Agar tidak berkarat, gagang plastik tentu sangat direkomendasikan.


Jika membeli kacamata minus, pilihlah model yang longlasting
Sekarang sedang hits model kacamata bergagang plastik bening dengan frame besar. Kamu bisa saja memilih model hits ini. Tapi sebagai orang yang akan setiap hari memakai kacamata, sebaiknya memilih kacamata yang lebih netral. Baik dari segi model ataupun warna frame. Agar lebih mudah menyesuaikan dengan setiap gayamu dan sesuai dengan warna hijabmu. Kamu tidak mau repot ganti-ganti frame kacamata setiap hari kan? Selain repot juga butuh biaya besar alias mahal hehe..


Jangan memilih kacamata dengan frame yang sangat tebal dan lebar
Frame tipe ini akan melahap habis wajahmu. Frame jenis ini tidak bagus untuk penampilanmu. Karena rambut wanita berhijab tertutup, yang tampak hanya wajahnya. Jika memakai kacamata dengan frame tebal, bagian wajahnya makin sedikit yang terlihat. Pilihlah frame (bingkai) kacamata yang seimbang dengan ukuran wajah. Selain itu frame kacamata yang terlalu lebar dapat mengubah bentuk hijabmu. Bagian kanan dan kiri hijab akan mengembung dan menyebabkan hijab jadi berbentuk persegi lima dan membuat kamu tidak nyaman. Huhuhu.. saya pernah nih beli kacamata yang bingkainya super lebar 😫


Jika sudah menikah, mintalah suami/istri untuk menemani memilih kacamata
Meminta pendapat pasangan ini baik lho untuk hubungan kamu. Pasangan akan merasa dihargai dan didengar. Jangan ragu-ragu meminta pasanganmu menemani memilih kacamata dan memintanya memberikan pendapat. Hal ini dilakukan agar kacamata yang kamu pilih sesuai juga dengan selera pasangan. Mungkin prosesnya akan lebih lama dibandingkan dengan memilih sendiri kacamatamu. Namun kesenangan karena bisa mengenal selera pasangan satu sama lain juga worth it kan πŸ˜‰


Jika memiliki anak balita, pilihlah kacamata dengan frame dan lensa berkualitas
Ini sudah rahasia umum para orang tua, kacamata orang tua paling sering rusak karena anaknya πŸ˜…Entah itu anaknya penasaran dan sengaja kacamata orang tuanya dipatahkan, diduduki, dilempar, diinjak dll. Jadi sebisa mungkin carilah kacamata yang tahan banting, yang kokoh, yang tidak mudah patah. Biasanya kacamata yang kokoh memiliki harga lebih tinggi dari kacamata biasa. Namun kacamata murah tapi sering patah juga gak asyik kan? Lebih baik beli kacamata yang lebih mahal tapi awet bertahun-tahun.

Selain mencari frame dan lensa yang kokoh, cari pula frame dan lensa kacamata bergaransi. Lebih baik lagi jika bergaransi all risk. Jadi kita tidak perlu khawatir kacamata lecet, pecah, patah. Dompet pun tetap aman.


Belilah kacamata di optik yang terpercaya
Januari kemarin adalah jadwal saya dan suami untuk mengganti kacamata. Kami mengganti kacamata rutin setiap dua tahun sekali dan melakukan pemeriksaan mata rutin minimal satu tahun sekali. Hal ini ditujukan demi menjaga kesehatan mata kami. Untuk kami yang bekerja menghadap laptop setiap hari, kesehatan mata merupakan aset penting bagi kami. Kami mempercayakan kacamata di #optikpilihan kami, Optik Tunggal. Kenapa di Optik Tunggal? Ada banyak faktor kenapa kami membeli kacamata di Optik Tunggal, yuk disimak.

#optikpilihan
alasan kami memilih optik tunggal

Terpercaya dan Berpengalaman
Kami memilih Optik Tunggal karena sudah terpercaya sejak tahun 1929. Wow banget ya.. Indonesia saja belum merdeka lho saat Optik Tunggal Berdiri. Dan setelah 89 tahun berdiri, Optik Tunggal masih eksis hingga saat ini. Ini berarti Optik Tunggal bukan sembarang optik. Karena tidak mudah suatu usaha bertahan hingga waktu 89 tahun. Apalagi dengan kondisi ekonomi Indonesia yang tidak stabil jika bukan karena optik ini optik yang berkualitas terpercaya.


Memiliki Banyak Cabang di Seluruh Indonesia
Optik Tunggal menjadi #optikpilihan kami karena merupakan optik besar yang telah memiliki 100 cabang dan tersebar di seluruh Indonesia. Cabang-cabang ini memudahkan customer untuk melakukan servis dan klaim. Jadi gak ada lagi cerita kalau kamu pindah tempat tinggal atau lagi keluar kota tiba-tiba kacamatamu rusak, lalu kamu kesusahan mau servis atau klaim kacamata.


Pelayanan Profesional dan Ramah
Ini bukan alasan yang mengada-ada ya, serius deh karyawan di Optik Tunggal itu ramah-ramah. Saat membeli kacamata kemarin, kami mendatangi beberapa optik di Mal SKA Pekanbaru. Sekedar mencari-cari frame yang cocok. Sebagian karyawan optik yang kami datangi sungguh sangat tidak ramah. Wajar sih ya, mungkin mereka bosan mengeluarkan-memasukkan kacamata yang hendak dicoba calon pelanggan. Dibanding yang akhirnya jadi membeli tentu lebih banyak yang batal.

Tapi karyawan di Optik Tunggal sangat ramah. Kami bolak-balik ke Optik Tunggal selama dua hari, mencoba-coba puluhan kacamata, karyawannya sama sekali tidak jutek. Dengan ramah menawarkan frame terbaik yang hendak kami coba. Setelah membeli pun kami masih rajin bolak-balik ke Optik Tunggal sekedar untuk membersihkan kacamata atau menyetel ulang kacamata kami. Dan servisnya sama sekali tidak berubah, super ramah.


Pilihan Frame Kacamata di Optik Tunggal Berkualitas dan Bervariasi
Ada banyak sekali pilihan frame kacamata di Optik Tunggal. Optik Tunggal menyediakan kacamata dengan berbagai bentuk, jenis dan warna. Optik Tunggal juga menyediakan kacamata dengan kualitas terbaik dari brand kenamaan dunia seperti Jaguar, Vogue, Levi’s, Davidoff, Burberry, Rebel dan lain-lain. 

Beberapa Pilihan Frame Kacamata di Optik Tunggal


Satu-satunya Pemegang Lisensi Resmi Zeiss Indonesia
Ada yang tau lensa Zeiss? Lensa Zeiss ini sangat terkenal lho di dunia optik. Lensa Zeiss ini kualitasnya terkenal sangat baik. Tidak heran kamera sejenis dipercaya oleh nama-nama besar seperti Canon, Nikon, Sony, Nokia, Rollei, dan Hasselblad. Perusahaan-perusahaan ini merupakan perusahaan yang menggunakan teknologi Zeiss untuk kebutuhan optiknya.

Setelah lebih dari 160 tahun malang melintang di dunia optik, Zeiss sudah memiliki cabang di lebih dari 40 negara, salah satunya di Indonesia melalui Optik Tunggal selaku satu-satunya pemegang lisensi merk Zeiss di Indonesia. Tunggal Optical Laboratory (TOL) selaku rekan utama Optik Tunggal memiliki laboratorium berstandard internasional dan telah mendapatkan izin resmi dari ZEISS Vision International untuk memproduksi lensa ZEISS di Indonesia. Hal-hal inilah yang menjadikan harga lensa ZEISS sebagai yang terbaik di Asia. Dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapore, Malaysia, Hongkong bahkan Eropa dan Amerika, harga lensa ZEISS di Indonesia adalah harga terbaik


Garansi All Risk selama 1 tahun
Untuk memberikan pelayanan ekstra dan layanan eksklusif, Optik Tunggal merupakan satu-satunya  untuk semua lensa kacamata yang dibeli di Optik Tunggal. Apa artinya? Garansi ALL RISK dari Optik Tunggal berlaku untuk semua jenis kerusakan yang mungkin terjadi pada lensa mulai dari baret, retak hingga pecah. 

Masa garansi ALL RISK Optik Tunggal pun berlaku selama satu tahun penuh untuk penggantian lensa baru. Jadi tidak perlu khawatir dengan investasi untuk kesehatan mata kamu! Proses klaim garansi ALL RISK Optik Tunggal sangat mudah. Cukup datang ke toko kacamata Optik Tunggal terdekat dengan membawa fisik kacamata dan lensa kacamata yang rusak sebagai referensi untuk pergantian lensa baru (Sumber : Optik Tunggal)
Cocok ya sama poin di atas soal memilih lensa kacamata bergaransi 😍


Banyak diskon
Saat kami berbelanja di Optik Tunggal beberapa bulan lalu, kebetulan ada promo Shop More, Save More. Jadi promonya ada tiga pilihan
- 1 set frame & lensa Diskon 20% untuk frame tersebut
- 2 set frame & lensa Diskon 25% untul total harga 2 frame
- 3 set frame & lensa Diskon 30% untuk total harga 3 frame
#loveyoureyes

Lumayan lho diskonnya. Bisa buat beliin mainan anak hihihi.. Promo ini hanya sampai akhir bulan April 2018 ini.


Ganti lensa dibayar!
Ini nih alasan yang paling asyik. Optik Tunggal punya program keren namanya TRADE IN. Jadi biasanya, kita akan membeli kacamata baru, lengkap dengan lensa baru. Bagaimana dengan lensa lamanya? Lalu framenya? Mungkin tidak dipakai lagi, dibuang dan akhirnya tidak ada harganya lagi. Sayang kan?
Nah di Optik Tunggal ada program Trade In yang memungkinkan kita mengganti lensa lama kita dengan lensa kacamata kualitas terbaik dari ZEISS. Optik Tunggal akan menghargai lensa tersebut untuk kemudian dapat ditukarkan dengan lensa baru dari ZEISS. Harganya gak main-main lho. Lensa lama kita bisa dihargai Rp.200.000,- hingga Rp.400.000,-

#loveyoureyes



Di Optik Tunggal Bisa Belanja Online
Sekarang belanja kacamata di Optik Tunggal bisa dilakukan online via web www.optiktunggal.com lho. Jadi makin asik!


Video 9 alasan membeli kacamata di Optik Tunggal

Kesimpulan
Kesehatan mata adalah aset penting untuk hidup kita oleh karena itu #LoveYourEyes. Jangan pernah malas berkacamata hanya karena takut tidak bisa tampil fashionable. Malas berkacamata hanya akan membuat rabun semakin parah. Jangan membenturkan kesehatan mata vs fashion. Bahkan hijabers pun bisa tampil modis jika menggunakan kacamata yang tepat. Pilihlah kacamata yang paling membuat kamu merasa percaya diri. Belilah kacamata di #OptikPilihan seperti Optik Tunggal. Kenapa Optik Tunggal? Karena banyak pilihan frame kacamata di Optik Tunggal. Framenya bervariasi dan berkualitas. Optik Tunggal juga memiliki lensa kacamata berkualitas dunia. Lensa Zeiss di Optik Tunggal adalah lensa kacamata bergaransi penuh All Risk selama 1 tahun.


Jadi kamu punya pengalaman serupa membeli kacamata di Optik Tunggal? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya..



Related Posts :
- 5 Trend Kacamata Wanita 2018 di Indonesia
- Hanya Orang Berkacama yang Tahu 10 Masalah Ini
- Pengalaman membeli kacamata di Optik Tunggal

48 comments:

  1. setuju dengan poin jangan pilih kacamata dengan bingkai terlalu besar. aku kemarin beli kacamata model begini eh malah susah banget makai jilbab jadinya. kalau suami sih lebih suka lihat aku makai kacamata yang nggak ada framenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kacamata yang frameless itu emang kalo cocok bikin tambah berkharisma gitu

      Delete
  2. pas banget nih info nya mba, aku paling gak bisa pilih kaca mata, kadang kalo lg coba berasa cocok, tpi pas udah di rumah kok berasa aneh ya di muka xixi... thx mba sharing nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener ya mba, itulah kenapa enaknya bawa temen biar bisa kasih alternatif pendapat

      Delete
  3. Wah, eny tipe wajah bulat loh.. Baru tau.. Btw, optik tunggal ada dimana aja jadi gampang kalo mau beli mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba ada banyak cabangnya jadi mudah kalau mau beli kacamata, service atau klaim garansi kacamatanya

      Delete
  4. Mantaaapp.. Mestinya gue bawa elu nong ke optik.. Kalo ayahnya apis ditanya pasti jawabnya "bagus.. Bagus.." kayak pak tinosidin πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak elu kalo nyicip makanan sih "enak.. enak.." πŸ˜†

      Delete
  5. Wow...Ilmunya bermanfaat sekali Desni...Info tentang Optik Tunggalnya juga menarik banget...Makasih yaa...

    ReplyDelete
  6. panjang dan lengkap banget tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😍 kapan mau ganti kacamata lagi pak?

      Delete
  7. Aku pake kacamata sejak SMA mba cuman dulu ga PD emang bayang2 betty lafea tuh kerasa banget wkwkwk..terus akhirnya memutuskan menggunakan softlense setelah menikah punya anak ternyata berat ga ada waktu lagi pake softlense fix sampe sekarang pake kacamata.

    btw liat ada diskon beli kacamat suka gatel pengen ganti lagi *minta ke suami ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaaaaa... mba herva aku sama sekali gak bisa pake softlense, kecolok hahaha.. kamu keren sekali mbaaaa 😍😍😍

      Delete
  8. Ini banget ni, istri waktu milih sunglasses bingkainya offside jilbab ... untung mbak mbaknya baik, ngasih tau yang cocok ��

    Untungnya seleranya pas dikantong, nah kalo cocoknya pake frame apa bu des? Secara mukanya ganteng ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((offside jilbab))) πŸ˜†
      muke gileeeee.. ganteng banget bro hahaha... orang ganteng mah pake kacamata apa aja cocok, pake kacamata las aja coba πŸ˜†

      Delete
  9. dsni ada Optik Tunggal.. jadi pengen ke sana deh. Pas banget abis melahirkan kacamata jd pengen ganti soalnya kerasa ud ga nyaman. emang ud berumur juga nih kacamata. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bener banget, habis melahirkan memang minus mata berubah ya mba.. aku juga 2 tahun lalu habis melahirkan langsung cek mata lagi. berasa banget ada perbedaan

      Delete
  10. Waiiniii tipsnya bermanfaat sekaliiii ���� btw promonya kece bgt deh ahh Optik Tunggal, ngiler sm lensa Zeiss nya nih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ganti ke zeiss berasa bedanya lho pake zeiss, lebih jernih

      Delete
  11. Saya pernah pakai kacamata
    Wajahku beneran mirip Betty Lapea, haha

    ReplyDelete
  12. Huooo untung pas jaman Bety la fea itu aku belom pake kaca mata πŸ˜†

    ReplyDelete
  13. kalo aku cocokny pakai kacamata apa ya ndes? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang cantik mah bebas pake kacamata apa aja πŸ˜†

      Delete
  14. Keren bgt des..infonya komplit. suamiku sering ganti kacamata

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu gak niat kompakan sama Kak Doni, Sept? πŸ˜†

      Delete
  15. Nyaahahahaha iya banget, baru ngerasain kalau punya anak tuh enggak boleh banget taruh kacamata sembarangan. Pak suami udah 2 kali ganti kacamata. Pertama, lensanya pecah dibanting sama anak. Kedua, frame terbelah dua karena dikarate sama anak juga hahahaa.
    Btw dirimu cantik sekali di foto itu mbak :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat nih anak-anaknya πŸ˜† ini yang dimaksud cantik yang betty la fea? hahaha

      Delete
  16. Waaah, cakep nih artikelnya des buat panduan. Aku termasuk yg ga tau bentuk wajah sendiri, Alhamdulillah skrg jadi tau gara2 liat gambar di sini. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi bentuk wajahmu apa nay? bentuk wajah rata-rata orang cantik ya 😍

      Delete
  17. Kacamaya betty lafeya emang bkn tampilanya keliatan makin tua hehehhe. Aku kebetulan wajahnya oval jd keknya hampir semua frame cocok. Jarang beli online krn beli frame harus dicoba biar tahu enak atau tidak, cocok atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah enak ya mba, apapun modelnya di wajah oval cocok-cocok aja. aku juga sih belum pernah beli kacamata online. Aku termasuk wanita kolot yang kalo belanja kudu dipegang dulu barangnya baru yakin nyiahahaha

      Delete
  18. Very nice inpoh neng desni, hehe... Mewakili perasaan hati juga

    Tau nggga selama ini kacamataan, belum pernah ke optik tunggal lho. So, next time mau coba ah,hehe sukses deh nih jadi brand ambas nya optik tunggal 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((brand ambas))) ada juga brand ampas wkwkwk

      Delete
  19. Bagus informatif blognya mbak :)

    ReplyDelete
  20. Bacaan yang pas buatku yang galau mau ganti kacamata. Makasih mbak sangat membantu

    ReplyDelete
  21. kalau saya lebih suka frame kacamata yang bahannya ringan, tipis, biar gak merosot terus gara-gara si hidung kurang mancung haha.

    ReplyDelete
  22. Sebelnya BPJS ngasih ganti kacamata 2 tahun sekali ya hahaaa lama banget kalau mau ganti meski dapatnya cuma 300rb. Anakku minus 5, kalau aku pake progressive (plus minus), kami sama2 berhijab. Sama2 mahal karena anakku ngikuti frame yg lagi tren di korea maklum remaja, sedangkan punyaku meski frame milih yg murah maklum ibu2 irit tapi karena lensa progresive jatuhnya juga mahal. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya betul, sama mak.. suamiku juga pake lensa plus minus dan lensanya jadi dua kali lipat harga lensaku. sehat beneran mahal ya mak..

      Delete
  23. Nyatanya byk ya orang yg milih kacamata ga menyesuaikan bentuk wajahnya. Kalau aku sukanya yg simpel & ringan aja hahahaa

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  24. Ulasannya menarik, melibatkan pengalaman pribadi, itu yang bikin alur tulisannya asik...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini