Sunday, April 29, 2018

Tutorial Bubble Snake

Anak-anak kami tidak pernah menolak jika ditawari bermain air, gelembung (bubble), dan permainan kotor-kotoran lainnya (messy play). Hampir setiap pagi atau sore hari sebelum mandi, kami bermain kotor-kotoran atau basah-basahan. Buat apa? Kalo lagi bener saya akan jawab, buat menstimulasi sensory anak-anak. Kalo lagi iseng saya akan jawab, biar anak-anak gak nolak kalo diajak mandi wuehehehe...

Salah satu permainan kotor-kotoran yang disukai anak-anak kami adalah bubble snake (ular busa). Permainan bubble snake ini adalah permainan diy pertama yang saya buat untuk anak-anak. Alhamdulillah saya memilih bikin ini ya waktu pertama kali bikin diy mainan. Soalnya langsung berhasil, anak-anak sukaaaaa banget dan bikinnya pun super mudah. Coba kalo pas pertama bikin saya bikinnya finger paint yang pake acara dimasak dulu. Ooooowwwwhh itu super rempong dan besar kemungkinan gagalnya. Kalo gagal, bisa-bisa saya jadi males bikin mainan untuk anak-anak 
Beberapa hari yang lalu saya lihat kakak kelas saya bikin bubble snake juga. Tapi ia mengganti nama permainan ini menjadi "permainan belalai busa". Menurut saya nama belalai busa jauh lebih cocok dari nama ular busa. Kan soalnya gelembungnya pas ditiup lebih mirip belalai di wajah ya dari pada ular ngegigit mulut 

Jadi apapun namanya mau bubble snake atau belalai busa, ini dia tutorial membuatnya

Alat dan bahan
- botol bekas
- karet gelang
- kaos kaki
- cutter
- mangkuk berisi air putih
- sabun cuci piring cair, bisa juga pakai sabun mandi anak biar sekalian mandi dan busanya gak pedih di mata.

Cara membuat
1. Potong botol menjadi dua bagian atas dan bawah.

2. Buang bagian bawah botol dan juga tutup botolnya. Kita hanya butuh bagian kepala botol.

3. Masukkan kaos kaki ke bagian ujung kepala botol.

4. Pasang karet gelang untuk menjaga kaos kaki tidak bergerak dari botol.
5. Sekarang kita membuat cairan sabunnya. Masukkan sabun cair ke dalam mangkuk berisi air putih. 
Selesai

Cara bermainnya
- Celupkan kaos kaki yang sudah diikat ke botol hingga basah semua kaos kakinya. Pastikan mulut botol tidak terkena air sabun
- angkat botol dan kaos kaki dari mangkuk lalu tiup mulut botol hingga keluar gelembung yang panjang menyerupai belalai



Bagaimana ibu-ibu, mudah bukan membuatnya? (baca pakai nada bu sisca )

Sunday, April 22, 2018

Wanita dan Hormon


Saya dulu pernah berpikir wanita dan hormon itu cuma teori berlebihan. Soalnya kalau lagi mens, saya cuma merasakan sakit perut. Lalu sakit perut aka sumilangeun ini bikin saya jadi cranky, emosi, marah-marah. Jadi bukan karena hormon trus tiba-tiba marah. Saya pikir saya marah ya karena badan saya sakit. Orang sakit tuh sengol bacok. Diganggu dikit dia emosi. Iya kan? 😆 (Padahal sakitnya juga karena hormon ya hahaha... dasar pinter 😌)


Thursday, April 12, 2018

5 Ide Mainan Anak dari Kertas Origami


Kertas origami di tempat kami dijual dengan harga bervariasi, sekitar Rp4.000,- hingga Rp15.000,- per paketnya. Harga origami yang berbeda ini tergantung ukuran dan jenis kertas. Yang jelas kertas origami ini masih sangat terjangkau. Kami menyetok kertas origami di rumah selama dua bulan terakhir ini. Dan dari pengalaman kami selama dua bulan ini berikut ide bermain dengan kertas origami.

Wednesday, April 11, 2018

9 Akun Instagram Inspiratif Versi desniutami.com

Kita bisa belajar dari mana saja. Bisa dari bangku sekolah, dari ikut kelas singkat, dari buku, ikut kajian ilmu, majelis taklim, kejadiaan sehari-hari bahkan bisa dari instagram. Ilmu tidak melulu soal matematika. Ilmu bisa berbentuk nasihat pernikahan dari pakarnya, nasihat mendidik anak dari ibu beranak 5, cara membuat kerajinan penghias rumah, cara membuat sabun cuci ramah lingkungan dll.

Saya sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau DIY, berkebun, recycle, masak, mainan anak dan parenting. Sehingga halaman timeline dan explore akun sosmed saya isinya gak jauh-jauh dari hal di atas. Dan inilah 9 akun instagram yang saya anggap kreatif dan inspiratif tempat saya menemukan banyak ilmu baru dan hikmah.