Thursday, April 12, 2018

5 Ide Mainan Anak dari Kertas Origami


Kertas origami di tempat kami dijual dengan harga bervariasi, sekitar Rp4.000,- hingga Rp15.000,- per paketnya. Harga origami yang berbeda ini tergantung ukuran dan jenis kertas. Yang jelas kertas origami ini masih sangat terjangkau. Kami menyetok kertas origami di rumah selama dua bulan terakhir ini. Dan dari pengalaman kami selama dua bulan ini berikut ide bermain dengan kertas origami.
1. DIY Tetris
Ini sebenernya obsesi emaknya hehe... Kebetulan di rumah kami hanya ada enam puzzle jigsaw. Karena kami punya tiga orang anak, jadi masing-masing anak punya dua papan puzzle. Sudah sekitar empat bulanan deh anak-anak mainin puzzle yang sama. Itu-ituuuu aja. Alhamdulillah mereka dengan senang hati mau pinjem-pinjeman sama saudaranya. 

Kenapa gak beli banyak aja puzzlenya? Pertama agar mengajarkan anak kreatif, kreatif bermain walau mainannya gak banyak. Anak-anak juga kan gak cuma main puzzle, masih banyak pilihan mainan lainnya (walau mereka rajin main puzzle tiap hari 😆). Kedua agar anak belajar berbagi dan gak iri dengan milik orang lain. Ketiga karena banyak puzzle yang kami temui gambarnya gak kami suka, yang kami suka harganya mahal 😂. Keempat mengajarkan anak menjaga mainannya. Kelima biar hemat beib.. 


Sebagai emak yang baik, saya kasihan lihat anak-anak main puzzle itu-itu aja 😆. Akhirnya saya cari-cari ide puzzle yang gak lekang, yang maininnya lebih bebas. Alhamdulillah nemu ide tetris ini di pinterest. Lihat tetris ini saya yang ada langsung kebayang masa SD main gembot (game board 😂). Asyiknya nih di pinterest ada printablenya lho, gratis lagi. Kalau mau kalian bisa klik link di bawah ini.




Sayangnya pas banget printer emak lagi rusak. Tintanya jadi ijo semua. Kan sayang ya kalo tetris buat anak-anak bayi, udah DIY warnanya ijo doang 😅 Akhirnya emak mendadak rajin bikinin tetris dari kardus bekas ditempelin kertas origami. Luar biasa mak.. 👏👏

Kenapa gak main tetris di hape aja? Biar anak gak sering terpapar gadget sih. Dan alhamdulillah anak-anak tau, hape itu buat komunikasi sama sesekali nonton video tentang hal yang kami pengen tahu. 

Setelah tetris ini jadi, isenglah emak liat di market place, nyari ada gak yang jualan tetris dari kayu. Eh ada dong, murce pulaaaaaa heu... 😌💆


2. Mewarnai Gambar dengan Origami
Biasanya main mewarnai ini pakai pensil warna, cat air, crayon, spidol, pewarna makanan, atau paling kreatif pakai kertas krep. Nah ini pakai kertas origami. Gimana caranya?

Caranya kertas origaminya dipotong kecil-kecil. Lalu gambar diberi lem fox atau lem kertas. Lalu tempel deh origami tadi ke gambar. Nama metode mewarnai ini adalah mozaik. 


Metode mozaik ini adalah pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material atau bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan kemudian disusun dengan , ditempelkan pada bidang datar dengan cara dilem. Kepingan benda-benda itu , antara lain : kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, potongan kayu. Untuk membuat garis kontur yang membaasi ruangan atau bidang tidak menggunakan pewarna yang dioleskan, tetapi menggunakan tempelan-tempelan yang berbeda warni. 

Nah bermain ini anak jadi tau ternyata ada lho cara mewarnai, menggambar, melukis yang baru. Ternyata menempel-nempelkan kertas begini bisa juga membuat warna yang menarik.


3. Ikan Lele yang Bisa Bergerak
Ikannya sebenernya bukan ikan lele juga sih ya, tapi bentuknya mirip emang rada mirip lele hehe. Dan ikan ini bukan bergerak lincah seperti ikan sungguhan. Ikannya cuma lentur aja. Bisa meliuk-liuk kalau digerakkan. 


Cara membuatnya cukup mudah. Gak sampai lima menit sudah jadi. Saya gak sempat bikin videonya. Pas bikin saya harus bikin empat sambil ngajarin anak-anak melipat origami sendiri plus sambil digelayutin adeknya. Warbiyasah rempong. Jadi kalau kalian mau bikin juga, bisa lihat tutorialnya di bawah link di bawah ini.


4. Origami Ikan Hiu
Buat anak-anak yang sukaaaaaa banget sama lagu Baby Shark seperti putra kami, ada baiknya nih ibu-ibu belajar bikin origami yang satu ini. Bikinnya gampang kok, gak yang ribet-ribet amat. Dan kayaknya kalo generasi 90an pasti tau cara melipat origami yang satu ini.

sumber gambar Pinkfonk youtube channel

Sama seperti sebelumnya, saya gak bikin video tutorialnya sendiri. Tapi ibu-ibu bisa lihat di link di bawah ini.



5. Gasing Campur Warna 
Sebetulnya saya juga belum eksekusi ide ini karena lem tembak di rumah habis. Cuma idenya ini seru dan dibuatnya pun mudah. Ide ini berasal dari akun instagram @wontyzza 
 

Mba Wontyzza Rezkiyana sudah membuat tutorial komplitnya lho. Kalau tertarik bisa mampir ke link di bawah ini.


Nah gimana nih, jadi ada ide kan buat bikin mainan dari origami sama anak? Main sama anak itu gak harus mahal, gak harus ribet kan.. 😉


Kalau mau lihat ide permainan lain, bisa cuss main ke instagram saya di @desniutami

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini