Saturday, May 12, 2018

Inspirasi Menu Sahur yang Mudah, Praktis, Cepat Saji Namun Bergizi dan Lezat

Assalamu'alaykum..


Gak terasa ya sebentar lagi masuk bulan Ramadhan, lebih kurang empat hari lagi kita akan berhadapan dengan tamu yang dinanti-nanti setiap tahunnya. H-4 ini ibu-ibu sudah mempersiapkan apa saja?


Menjelang Ramadhan persiapan yang paling penting adalah persiapan ilmu. Ilmu tentang keutamaan bulan Ramadhan, ilmu tentang tata cara ibadah dan ilmu agama lainnya. Agar tidak ada waktu kita yang terbuang di bulan Ramadhan ini. Juga agar ibadah kita, amalan kita berdasarkan ilmu bukan asal-asalan apalagi mitos-mitosan. Datangi lagi majelis ilmu, kajian menyambut ramadhan, dengarkan ceramah ustadz di youtube, membaca buku dll.

Selain ilmu kita juga perlu mempersiapkan amal, kita punya waktu latihan di bulan Rajab dan Sya'ban seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Bekal amal ini penting agar kita konsisten ibadahnya di bulan Ramadhan. Mumpung masih lima hari lagi, masih sempat kok insyaAllah latihan beramal. Perbanyak membaca Al Qur'an, sholat di awal waktu, sholat-sholat sunnah dll.

Eh malah jadi ceramah😌. Ndak apa-apa ya, tujuannya juga untuk mengingatkan diri sendiri.πŸ˜‡

Nah selain persiapan ini, sebagai istri dan juga ibu, kita juga perlu mempersiapkan menu Ramadhan. Kenapa? Karena maaaaaak, kita ini selalu pusing tiap mau masak kalo gak ada tujuan. Nanti belanja lauk berlebihan, jadi mubazir. Nanti bingung mau masak apa, alhasil malah telat makan, keburu adzan subuh. Nanti malah boros, ngikutin nafsu berasa semua penting buat dibeli. Padahal puasa ya menahan hawa nafsu dll. Oleh karena itu saya mau berbagi sedikit menu apa saja yang saya siapkan di bulan Ramadhan khususnya di waktu sahur.

Ada apa dengan waktu sahur?
Karena di bulan lainnya, jam sahur adalah jam tidur bukan jam makan apalagi jam masak. Maka membuat menu yang baik membantu memudahkan kita memasak dan juga membantu menjaga selera makan kita tetap bagus. Karena waktunya singkat, kita baru bangun dari malam panjang yang disibukkan dengan ibadah, tilawah dll. Salah strategi bisa bikin kita cuma makan nasi dan minum air putih. Karena itu kita butuh menu yang SIMPLE, PRAKTIS, CEPAT SAJI NAMUN TETAP BERGIZI DAN LEZAT.

Catatan penting:
Seharusnya belanja pada bulan Ramadhan tidak lebih boros dibanding bulan lainnya karena kita mengurangi jumlah makan. Jadi sebaiknya menunya tidak jauh berbeda dengan menu bulan lainnya.

Berikut alternatif menu yang disiapkan 

Perama kita mulai dengan bumbu dasar
- Baceman bawang
Saya selalu menyediakan baceman bawang di rumah. Kalau mau menumis tinggal tumis baceman bawang lalu masukkan bahan lain yang ingin ditumis. Wanginya sedaaaap dan benar-benar memudahkan memasak. Tidak perlu kupas, iris, uleg lagi.

baceman bawang stok dua minggu

- Cabe dan bawang merah yang digiling kasar 
Dua bahan ini saya campur dan saya simpan di toples kaca. Karena saya suka segala sesuatu yang dibalado, jadi bumbu ini harus ada. Kalau ingin bikin udang balado, telur balado, tinggal tumis bumbu ini, beri santan sedikit, gula garam lalu masukkan bahan yang ingin dibalado.

Kedua, kita masuk ke makanan siap makan. Artinya makanan ini tidak perlu diolah bahkan dipanaskan lagi. Tinggal ambil nasi lalu makan. Cocok untuk pelengkap atau makanan utama di saat terdesak. Makanan ini dibuat jauh sebelum waktu sahur sehingga sifatnya adalah tahan lama dan enakan beli dari pada bikin sendiri πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.
- Kering tempe, teri, kacang, tempe
- telur asin
- abon

Ketiga, bahan makanan yang mudah diolah. Bahan makanan ini mudah dimasak dan cepat matang.
- telur
tinggal diceplok, didadar, direbus

-udang kupas. 
tinggal goreng, tinggal cebur kuah tomyam dll

- dada ayam fillet
kalau mau makan ayam krispi, tinggal potong dadu kecil-kecil lalu goreng. Ayam akan lebih cepat matang dibanding masih berupa potongan besar dan bertulang. Atau jika ingin ayam tumis suwir, dada ayam fillet lebih mudah diolah dibanding ayam dengan tulang. Ayam fillet juga bisa diolah jadi ayam teriyaki dll

- ikan fillet
Jika menggoreng ikan utuh butuh waktu 20-30 menit, menggoreng ikan fillet jauh lebih cepat. Ikan fillet bisa dipanggang, dikukus, dimasak bumbu dll

- ikan asin
Saya memasukkan menu ikan asin karena awalnya saya hanya punya menu ayam utnuk sayur. Lalu saya mencari-cari menu ikan yang mudah diolah dan cepat matang. Ikan asin adalah menu yang pertama terpikir oleh saya. Ikan asin bisa digoreng garing dan dibalado.

- tahu tempe 

Keempat, ada makanan utama yang sudah diolah sebelumnya dan tinggal dipanaskan
- ayam ungkep
setelah diungkep bisa digoreng, dipanggang bahkan dimakan langsung juga boleh

- bandeng presto
ini tinggal beli di supermarket trus pas mau makan tinggal digoreng hehe.. πŸ˜†

- Pepes ikan
malam sebelum tidur pepes sudah jadi, sehingga tinggal dipanaskan


Kelima, sayuran. Sediakan sayuran yang mudah disajikan.
- Lalapan
Bisa daun selada, daun kemangi, mentimun, terong bulat (kalau di rumah kami terong bulat dimakan utuh tidak diolah, ada yang sama? hihihi..)

- Acar
Acar wortel, mentimun, bawang, cabe rawit. Simpan di kulkas tahan beberapa hari.

- Sayur hijau 
Kangkung, pakcoy, bayam, katuk, daun singkong harus sudah dipetiki (food preperation). Jadi saat ingin sahur tinggal diolah.

Terakhir ada menu wajib. Di keluarga kami harus ada satu menu wajib ini agar semakin semangat makannya yaitu sambal terasi. Untuk bulan Ramadhan ini kami memilih sambal terasi instan. Biar apa? Biar praktis cyiiiiin..


Nah berikut beberapa alternatif menu sahur. Dari yang sangat sempit alias kepepet hingga yang sangat panjang waktu persiapannya.

- Lalapan, kering tempe, telur asin
- Abon, telur ceplok, lalapan
- Bandeng goreng, lalapan, kering tempe
- Tomyam udang (udang, jamur enoki, tahu, dll)
- Udang kupas goreng, tumis kangkung
- Ayam ungkep goreng, sayur bening katuk/bayam, tempe goreng
- Udang balado, pakcoy siram saus tiram
- Ayam ungkep bakar, sayur asem (pakai bumbu instan), tempe tahu goreng
- Ayam-tahu teriyaki, acar
- Ayam fillet goreng mentega, capcay

Daging sama cuminya mana? Buat buka puasa aja ya buibu.. Rempong kecuali dagingnya beli rendang di rumah makan padang atau nyetok dari awal ramadhan hihihi.. 


Semoga jadi inspirasi ya ibu-ibu... Ayo semangat puasanya!


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini