Sunday, June 24, 2018

Mudahnya #JadiBaik Demi Ibu Tercinta di Bulan Ramadhan Bersama TCASH

Waktu saya mulai beranjak remaja, saya dan ibu punya ikatan yang cukup unik. Benci tapi cinta itulah mungkin jenis ikatannya. Setiap kali ada kesempatan membantah, saya membantahnya. Setiap kali bisa mendebat, saya mendebatnya. Namun saat saya harus merantau demi pendidikan 12 tahun yang lalu ikatan ini berubah menjadi sangaaaaat dekat. Mungkin di saat jauh seperti itulah kami akhirnya sama-sama menyadari bahwa keberadaan yang satu sangat berarti untuk yang lainnya. Bahkan saya yang dulu sempat malu punya ibu yang berprofesi "hanya" sebagai ibu rumah tangga, jadi berbalik ingin meniru sosok ibu. Wanita yang cerdas, cantik, cekatan, penyayang dan memiliki segudang potensi tapi bertekad mengabdikan diri hanya untuk keluarga kecilnya.


Sayangnya kesadaran saya atas pentingnya ibu bagi hidup saya sudah mulai terlambat. Peluang saya  mengabdi dan berbakti sebanyak-banyaknya pada ibu semakin kecil. Sejak usia 17 tahun, saya yang orang asli Palembang, Sumatera Selatan ini telah merantau untuk sekolah di pulau Jawa. Selesai sekolah saya lantas menikah dan suami memboyong saya untuk tinggal di Jakarta. Kini saya diboyongnya lagi untuk tinggal di Pekanbaru. Saya tidak bisa membersamai ibu dalam waktu lama. Sesekali saya mudik tapi mudik tidak pernah lebih dari satu bulan bahkan ada kalanya saya mudik tidak sampai satu minggu dalam waktu setahun. Saya harus kembali lagi bertugas mendampingi suami dan anak-anak di perantauan. 😢


Saya selalu rindu orang tua saya, begitu juga mereka pasti mereka merindukan anak dan cucu-cucunya. Setiap kali saya merasa lelah mengurus anak saya menangis merindukan ibu. Merindukan ibu yang dipenuhi kesabarannya saat mendidik anak-anaknya. Merindukan ibu dengan segala kelembutannya saat membesarkan saya. Kadang sangking rindunya saya terbangun di pagi hari dan menangis karena rindu ibu. Duh jadi sedih gini. 😭


Bulan Ramadhan kemarin saya mencoba memperbanyak bakti saya untuk ibu. Saya mencoba #jadibaik demi ibu saya tercinta. Kenapa di bulan Ramadhan? Karena momennya pas, yaitu saat Allah SWT menjanjikan bahwa amalan kebaikan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya, balasannya. Maka tidak saya sia-siakan kesempatan ini.

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Alhamdulillah saya punya suami yang pengertiaaaaan banget. Sejak menikah, kami sepakat bahwa saya akan di rumah untuk mengurus keluarga seperti ibu. Saya boleh bekerja tapi hanya dari rumah. Sepertinya suami paham bahwa pekerjaan menjadi ibu dengan 3 anak bukanlah pekerjaan mudah, maka ia memberikan saya sejumlah uang di luar uang belanja untuk saya gunakan sesuka saya. Uang ini yang biasanya saya gunakan untuk merawat dan memanjakan diri. Alhamdulillah saya juga punya penghasilan dari bekerja sebagai pengisi konten website. Bulan Ramadhan kemarin uang ini tidak saya pakai untuk diri saya sendiri. Dengan bantuan TCASH uang ini bisa saya gunakan untuk banyak hal, khususnya untuk mengembirakan ibu. Senangnya karena suami meridhoi dan mengizinkan saya berbakti pada orang tua.




Gimana sih caranya #JadiBaik ke orang tua ala TCASH?

1. Mengirim pulsa untuk ibu
Ibu sering banget kehabisan pulsa dan lupa isi ulang. Belum lagi ibu agak gagap teknologi jadi kalau mau isi ulang kudu nelpon agen, ada biaya admin pula, atau nunggu ayah pulang baru bisa isi pulsa. Ribet. Maka dari itu hal pertama yang saya lakukan setelah mengaktifkan aplikasi TCASH adalah mengisikan pulsa ibu.

Caranya gampang banget.
- Pilih menu belu pulsa/kuota
- Pilih ujuan pengisiian pulsa/kuota "BELI UNTUK NOMOR LAIN"
- Masukkan nama atau nomor HP
- Pilih pulsa atau data
- Lalu pilih nominal pulsa atau kuota yang ingin dikirim
- Masukkan pin untuk konfirmasi dan selesai

Kerennya lagi tiap isi ulang pulsa kita akan dapat cashback senilai 30% dari pulsa yang kita isi. Alhamdulillah, ngisiin ibu pulsa Rp.50.000,- bonusnya bisa buat beli data hihihi... Senangnyaaa...


2. Mengirim uang
Kondisi ekonomi ibu dan ayah saat ini alhamdulillah lebih baik dari anak-anaknya yang baru memulai rumah tangga ini. Nah kalau kami mengirimkan uang untuk ibu, yang ada ibu protes harusnya uangnya buat cucunya atau hal lain. Oleh karena itu fitur KIRIM UANG dari TCASH saya gunakan untuk membayar tagihan belanja online membelikan ibu jilbab baru yang sama seperti jilbab saya. Alias jilbab seragaman hihi.. Dijamin ibu gak akan menolak hadiah dari putrinya.

Seragam Lebaran 

Kali ini saya membeli jilbabnya dari sahabat saya sendiri. Tahun ini adalah tahun pertama sahabat saya memproduksi jilbab dengan brandnya sendiri. Sebagai bentuk dukungan dari saya, maka saya membeli produknya. #JadiBaik nya jadi ekstra deh. Beli jilbab produksi sahabat, untuk ibu tercinta. Seru kaaaan..

Transfer uang via TCASH pun gampang apalagi buat saya yang gak punya rekening bank ini. Iya betul, saya gak punya rekening bank hihihi.. Saya bisa transfer dengan mudah hanya lewat handphone saya tanpa bantuan token apalagi harus pergi ke ATM.


Caranya :
- Pilih menu "kirim uang" di aplikasi TCASH Wallet
- Pilih tujuan transfer, bisa nomor HP (TCASH) atau rekening bank
  Kemarin saya memilih transfer ke rekening bank milik sahabat saya.
- Jika memilih rekening bank, lalu pilih nama bank
- Lalu masukkan nomor rekening tujuan, jumlah dan catatan
- Masukkan PIN dan saldo akan langsung terkirim. Cek SMS untuk konfirmasi pengiriman.


Saat saya memberi tahu sahabat saya bahwa saya sudah transfer via TCASH yang tanpa saya punya rekening bank, tanpa token dan apalagi pergi ke ATM sahabat saya kaget. Dia penasaran banget dan jadi pengen coba transfer pakai aplikasi TCASH wallet juga.


3. Berdonasi
Salah satu amal yang tidak akan putus walau kita telah tiada adalah sedekah jariyah. Agar ibu saya punya tabungan di akhirat maka saya coba berdonasi atas nama ibu saya. Ibu dan Ayah mungkin bersedekah lebih besar jumlahnya dari yang bisa saya sedekahkan. Namun saya berharap semoga lewat donasi yang tidak seberapa ini menjadi salah satu penolong ibu di akhirat nanti.

Donasi ini bisa menggunakan fitur kirim uang seperti contoh sebelumnya. Misalnya ada penggalangan dana pembangunan masjid di wilayah tertentu, saya bisa menggunakan fitur kirim uag untuk berdonasi. Namun bisa juga kita menggunakan fitur donasi khusus yang ada di aplikasi TCASH wallet.


- Pertama pilih fitur "Bayar Beli"
- Klik tagihan baru
- Pilih donasi
- Lalu pilih salah satu lembaga zakat yang terlah bekerja sama dengan TCASH
- Ketik jumlah donasi
- Masukkan pin untuk konfirmasi dan selesai, kita telah berdonasi lewat handphone kita.


4. Membelikan makanan
Ini nih fitur yang paling saya suka dari aplikasi TCASH wallet. Banyak banget promo jika kita menggunakan TCASH. Mulai dari promo cashback isi pulsa, cashback token listrik, promo tiket bioskop, dan paling seru potongan harga plus cashback bahkan gratis makanan dan minuman huwaaaaa...

Promo makanan dan minuman inilah yang saya manfaatkan maksimal selama Ramadhan. Bukan cuma buat traktir ibu tapi juga traktir teman-teman berbuka puasa. Karena janji Allah untuk orang yang memberikan makanan atau minuman untuk orang yang berbuka puasa, maka ia akan mendapatkan pahala senilai puasa orang tersebut tanpa mengurangi pahalanya.


Promonya chatime nih salah satu yang bikin seneng banget, beli 1 gratis 1 sodara-sodara.. Asyique kaaaaan...


5. Mudik!
Di tengah harga BBM yang terus menerus naik dan besarnya biaya mudik. Saya dan suami sempat terpikir untuk tidak mudik tahun ini. Dengan pertimbangan dana mudik bisa disimpan atau dialihkan menjadi dana liburan. Mumpung liburnya panjang dan ada rejeki berupa uang THR. Kami sempat ngayal mau liburan ke kota x, provinsi y atau negara z. Tapi segera kami tepis pikiran itu.

Bagaimana pun jika kita masih punya orang tua dan mertua, serta punya keluangan, pulanglah untuk mudik. Karena rezeki bukan hanya soal uang. Rezeki juga bisa berupa kesempatan bertemu dan membahagiakan ornag tua di masa sehatnya. Orang tua pasti menantikan rumahnya riuh dengan suara canda tawa anak cucunya. Orang tua kita pasti merindukan bertemu putra-putri yang dulu mereka besarkan dan kini mereka banggakan. Alhamdulillah akhirnya kami mudik dari Pekanbaru ke Palembang via jalur darat. Sekitar 18 jam perjalanan kami tempuh demi berlebaran bersama keluarga.


Buat teman-teman yang tinggal dan mudik dengan mobil pribadi ke pulau jawa, ada kabar gembira nih alhamdulillahnya lagi TCASH punya promo diskon 10% untuk pembelian pertamax. Lumayan lho... Dari pada antri premium yang panjangnya gak berkesudahan, mending pake pertamax yang lebih bagus untuk mesin kendaraanmu.

Jangan lupa beli bekal perjalanan pakai TCASH ada promo gratis minuman di indomaret dan circle K. Lumayan banget kan...



Kok seru sih? Gimana caranya daftar TCASH?
Seru dong! Daftar TCASH ini mudah banget lho tinggal download aplikasi TCASH WALLET di playstore atau appstore. Aktifkan deh nomor handphonemu sebagai akun TCASH.

Nah agar kamu bisa menggunakan semua fitur di aplikasi TCASH Wallet kamu harus mengubah akunmu menjadi akun full service. Gak ada biayanya kok. Gratis. Kamu cuma perlu mengisi datamu secara online lalu akunmu akan diverifikasi oleh TCASH melalui video call. Lalu sticker TCASHmu akan dikirimkan. Sayangnya sepertinya verifikasi via video call ini masih belum berjalan baik. Jadi lebih baik setelah isi data online kamu datang ke GRAPARI untuk mengaktifkan akun full servicemu.

Isi ulang TCASH
Cara isi ulangnya lebih mudah lagi. Bisa melalui ATM, mobile banking, internet banking, indomaret, alfamart, atau datang lagi ke grapari. Saya biasanya melakukan isi ulang TCASH melalui ATM dan indomaret yang kebetulan ada di depan lorong rumah saya.

Cara bayar merchant 
Ada dua pilihan yaitu TAP sticker TCASH atau SNAP alias memindai QR Code di aplikasi. Mudah deh.. lebih mudah dari mengeluarkan dompet, hitung uang dan menunggu kembalian.



Banyak kan kebaikan yang bisa dilakukan untuk #JadiBaik di bulan baik dengan #PakeTCASH?

Bulan Ramadhan baru saja berlalu, walau begitu semoga kebaikan bulan Ramadhan masih terasa dan tersisa di kehidupan kita sehari-hari. Semoga Ramadhan kita yang baru saja berlalu lebih baik dari Ramadhan sebelumnya. Agar kita tidak menjadi individu yang merugi. Semoga kita masih istiqomah melakukan amal baik walau tidak ada lagi janji dilipatgandakan pahala seperti di bulan Ramadhan.

2 comments:

  1. Punya suami yg sholeh, seorang perempuan tetap leluasa menjadi anaknya Ibu ya, Mba. Bakti untuk ibu ga berkurang, bahkan lebih. Adanya tcash memang memudahkan untuk beli ini itu atau transfer juga, dan ibu pun jadi bisa tarik tunai di minimarket dekat rumah ya. Moga Ibu sehat2 terus ya, Mba :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini