Resep Cuko Pempek Palembang yang Hitam Pekat dan Kental


Yang pernah makan pempek candy, pempek pak raden, pempek beringin, noni, dan pempek terkenal lainnya di Palembang pasti udah pada tau kan kalo cuko pempek Palembang itu warnanya hitam pekat dan kental. Kalo yang agak merah aja langsung diragukan kesedapan cukonya. Padahal cuko yang enak itu ngaruh banget lho.
Katanya kalo pempek enak tapi cukonya gak enak maka pempeknya jadi gak enak. Kalo pempek gak enak (pempek dos doang) tapi cukonya enak, itu pempek langsung jadi enak. Tapi kalo pempek gak enak, cuko gak enak mending gak makan pempek dari pada trauma 😆😂

Baca : Resep Pempek Ikan Tenggiri Asli Palembang

Temen-temen yang udah sering makan pempek pasti pernah nemu cuko pempek yang warnanya kayak warna teh hihi... Gak bisa dibilang coklat, bukan merah dan tapi bukan kuning. Ada yang sangking mirip teh nya cukonya sampe transparan 🍹

Ternyata rahasia cuko yang hitam pekat dan kental ini ada pada gula yang dipakai. Gunakan gula batok. Gula batok ini adalah gula nira aren khas Sumbagsel (meliputi Sumsel, Bengkulu, Jambi, dan Lampung). Dinamakan gula batok karena dicetak menggunakan batok atau tempurung kelapa. Berat satu cetak gula batok (setengah tempurung kelapa) adalah 1 kg. Gula ini rasanya manis namun tidak terlalu manis. Warnanya pun jauh berbeda dengan gula jawa (gula merah) atau gula aren biasa. Gula ini berwarna hitam pekat itulah kenapa dijadikan bahan pembuat cuko. 

Berikut resep cuko ala desniutami.com
Bahan :
750 ml air
500 gr gula batok 
air asam jawa secukupnya
1 sdm garam

Bumbu halus :
25 cabe rawit hijau (bebas sih ini sesuai selera)
3  buah cabe merah keriting 
1.5 siung bawang putih


Cara memasak
- Haluskan bumbu

- Rebus air dan gula batok

- Jika gula telah larut, saring air gula
Air gula perlu disaring karena banyak ampas dari gulanya. Ampasnya tidak enak saat dimakan

- setelah disaring panaskan lagi air gula

- masukkan air asam jawa, aduk

- masukkan bumbu halus, aduk rata

- tambahkan garam

- tunggu hingga mendidih

cuko siap dinikmati

Agar lebih jelas, saya telah siapkan video tutorial membuat cuko pempek palembang yang hitam pekat dan kental di bawah ini



Semoga bermanfaat ya.. Selamat mencoba!

You Might Also Like

8 comments

  1. ..mpek mpek ini jajanan favorit saya.selalu ngiler kalau liat yg share resep tapi ga tau kpn eksekusi krn keterbatasan bahan, seperti si gula batok ini sulit dicari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba, kalo di luar negeri pasti susah eksekusi menu nusantara gini. gula batok bisa diganti gula aren atau gula merah biasa mba. tapi pasti rasanya bakal beda hihi

      Delete
  2. Wah mpek mpek, nisa paling suka yang kapal selam :)) paling enak kalau makan disaat masih panas hehe.

    Wah ada bahan gula batok ? Itu seperti apa kak kayanya di tempat nisa di banjarmasin gak ada deh gula batok nya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. di videonya ada mba penampakan si gula batok hehe... gula aren gitu tapi dicetaknya pake batok kelapa

      Delete
  3. Jadi kangen ne makan pempek. Saat dulu ke Palembang, aku sempat bawa oleh2 pempek ke Aceh. Rasa cukonya emang maknyos dan keluargaku suka semua.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba dieksekusi resepnya biar bisa makan pempek plus cuko sepuasnya di aceh hehe

      Delete
  4. Baru beberapa hari yang lalu makan pempek Candy, rasa cukonya khas banget, sekarang malah nemu resep bikin cuko...asyik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini