Kalau Liburan ke Bogor, Mau Kemana Saja?

Saya sudah tiga tahun merantau di Pekanbaru. Selain kota Palembang yang merupakan tempat saya lahir dan dibesarkan, ada satu kota yang begitu sangat saya rindukan. Kota hujan, Bogor. Kenapa Bogor? Karena saya menghabiskan tujuh tahun masa muda saya di sana. Saya kuliah di sana lalu melahirkan anak pertama juga di sana. Enam tahun yang lalu, di tahun 2013 saya meninggalkan kota Bogor. Kami kembali ke Palembang karena suami harus bekerja di Palembang. Dan selama enam tahun ini, walau sesekali kami berlebaran di Bandung (karena suami orang Bandung), tapi saya belum pernah sekali pun mampir ke Bogor. Saya sungguh-sungguh kangen Bogor.

Libur lebaran 2019 tadi pun saya dan keluarga berlebaran di Bandung namun tetap saja belum sempat ke Bogor huhuhu... Rindu sekali.

Karena sudah enam tahun tidak ke Bogor dan anak-anak kami juga sudah semakin besar, saya makin punya banyak list tempat yang ingin dikunjungi jika suatu hari bisa ke Bogor. Ada delapan destinasi wisata yang ingin saya kunjungi terutama wisata petualangan yang seru untuk anak-anak.

1. Taman Safari Cisarua

Putri pertama kami, Sachie sudah dua kali ke Taman Safari Cisarua. Sayangnya saat ke sana Sachie masih berusia di bawah satu tahun. Pasti Sachie sudah lupa. Makanya sekarang ingin lagi ke Taman Safari Cisarua sambil mengajak Sachie yang sudah mau masuk sekolah ini. Untuk menambah pengalaman Sachie bertemu langsung dengan hewan-hewan yang biasa ia lihat di youtube atau hanya dalam bentuk boneka.

Baby Sachie ke Taman Safari

2. The Ranch Cisarua

Empat tahun lalu saat lebaran di Bandung, kami sempat liburan ke Lembang. Waktu itu The Ranch Lembang sudah masuk list destinasi wisata yang ingin di kunjungi. Namun saat kami tiba di lokasi, parkiran the Ranch penuh. Wah jadi sulit parkir yang akhirnya membuat kami membatalkan niat berwisata ke sana.
foto @ratih.y.permatasari 

Sekarang The Ranch sudah punya cabang di Cisarua. Rasanya ingin saat ke Bogor main ke The Ranch Cisarua. Merasakan jadi coboy sehari pasti menyenangkan bagi Dirga, putra kami yang suka sekali naik kuda.

3. Taman Matahari

Saya terakhir ke sini bersama suami dan anak-anak belum lahir. Anak-anak pasti senang sekali diajak bertualang di Taman Matahari. Karena mereka bisa mencoba main flying fox, atv, mendayung di danaunya dll.



4. Cimory Riverside 


cimory riverside 2013

Terakhir ke sini 2013 lalu. Saat itu Cimory Riverside sudah sangat menyenangkan suasananya. Makanya penasaran katanya sekarang suasananya jauh lebih bagus. Waaah pasti seru karena di sana ada pemandangan sungai bebatuan, kita juga bisa berinteraksi dengan sapi-sapi hitam putih yang menjadi ikonnya Cimory, selain itu ada juga 3D Trick Eye di Museum Lulu-nya.




5. Kebun Raya Bogor

Apa yang ingin dilakukan di kebun raya bogor? Saya ingin mengajak anak-anak piknik di lapangan terbuka hijau, belajar berbagai macam jenis tanaman, melihat tumbuhan yang sudah ratusan tahun lamanya, menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan dll. Anak kita saat ini kebanyakan kekurangan pengalaman bermain di lapangan terbuka hijau yang ditumbuhi pohon-pohon besar. Oleh karena itu pengalaman bermain di Kebun Raya Bogor pasti sangat menyenangkan. Di kebun raya bogor kita juga bisa melihat dari dekat istana bogor yang indah.


6. Museum Zoologi

Museum zoologi berada tepat di sebelah pintu gerbang masuk kebun raya bogor. Jadi kalau main ke kebun raya lebih afdhol jika berkunjung ke museum zoologi juga. Di museum ini kita akan melihat patung dan kerangka hewan-hewan. Mulai dari dinosaurus hingga hewan-hewan yang masih ada sekarang.


7. Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng wisata cinangneng ini menawarkan wisata edukasi mencoba pengalaman seru menjadi "anak kampung" yang menanam padi, memandikan kerbau dll. Sebenarnya wisata sejenis ini banyak di Bogor, namun kampoeng wisata cinangneng ini lokasinya berdekatan dengan kampus IPB Dramaga, kampus saya dulu. Jadi merencanakan liburan ke sini sekaligus nostalgia dengan kampus.



8. Jumper Indoor Trampoline Park



Lokasi wisata yang satu ini pasti sangat disukai oleh anak-anak terutama yang suka lompat-lompatan. Pasti seru ya anak-anak bisa melompat-lompat tanpa dilarang-larang hehe..

Nah rencananya jika berlibur ke daerah puncak, Cisarua, kami ingin bermalam di Royal Safari Garden Resort. Kenapa menginap? Pertama ya karena rumah saudara super jauh dari Puncak. Kedua untuk mencegah macet parah. Cisarua sangat terkenal dengan macetnya lho. Kalau tidak menginap kita harus berangkat pagi-pagi sekali. Berangkat pagi-pagi untuk wisata dengan membawa tiga anak itu super melelahkan, Esmeralda. Niatnya senang-senang malah badmood duluan karena rempong dengan anak hihi...

Kenapa ke Royal Safari Garden? Karena suasananya yang unik, di hotel kita juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan. Seru deh.

Jika di puncak yang memang daerah wisata atau di Bogor kota kita mudah menentukan mau menginap di mana karena sudah banyak rekomendasinya. Namun saat berada di daerah kabupaten Bogor seperti Cinangneng yang memang belum banyak lokasi wisatanya, mau tidak mau kita harus mencari info hotel yang direkomendasikan agar dapat istirahat di hotel yang terpercaya dan nyaman. Kita bisa pakai aplikasi pegipegi untuk mencari hotel di Bogor yang dekat lokasi wisata. 

Kenapa pegipegi? Karena diskon dan promonya banyak.


Tuh promo bulan juni-juli 2019 aja banyak banget kan? Dan promonya ini beneran bisa dipakai lho.. bukan kaleng-kaleng hihi...

Selain itu aplikasinya juga mudah digunakan. Aplikasinya tidak berat dan fiturnya menarik plus lengkap.
Kalau dari video di atas aplikasi pegipegi ini memudahkan banget ya. Ada banyak filternya yang memudahkan kita mencari penginapan yang kita inginkan. Kita bisa pilih penginapan yang luxury sampai yang budget friendly, kita bisa cari penginapan berbentuk hotel, villa, guest house, bungalow, dll. Dan buat saya yang punya anak-anak yang suka sekali berenang, saya juga bisa pilih filter fasilitas penginapan yang punya kolam renang dan tentunya wifi untuk ngeblog dan ngevlog. Seru ya menginap di villa di bogor yang ada kolam renangnya. Atau menginap di hotelmurah di bogor tapi dekat dengan lokasi wisata.

Dan serunya lagi, harga hotel, villa, resort dll bisa diatur mulai dari 0 rupiah hingga jutaan rupiah. Harga yang ditawarkan oleh pegipegi juga oke banget. Pokoknya kalau liburan, ingat pegipegi.


Salam
Desni yang kangen Bogor pake banget

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini